Menjadi program studi yang menghasilkan sarjana terapan berwawasan global dan berdaya saing tinggi di bidang Administrasi Perkantoran Digital secara profesional dan berakhlak mulia.
3. Motto
Profesional, Inovatif dan Religius
4. Tujuan Program Studi
Lulusan Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran Digital diharapkan dapat bekerja sebagai :
6. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)
S1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
S11. Menginternalisasi etika profesi administratif profesional, sehingga dapat menjalankan tugas secara profesional, bertanggung jawab, tidak memanfaatkan profesinya untuk kepentingan di luar dari lingkup pekerjaannya.
S12. Memiliki sikap ilmiah dalam menemukan produk keilmuan melalui proses ilmiah.
2. Pengetahuan
P1. Menguasai konsep teoritis administrasi dan manajemen secara mendalam.
P2. Menguasai teori aplikasi, prinsip, dan teknik manajemen rekaman untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian dokumen (catatan elektronik dan kertas).
P3. Menguasai konsep teoritis korespondensi secara mendalam serta mampu memformulasikan penerapan secara prosedural di dalam organisasi bisnis maupun pemerintahan.
P4. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, dan teknik pelayanan prima dan public speaking.
P5. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, dan teknik komunikasi yang baik dan efektif baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan minimal 1 Bahasa Internasional atau minimal 1 bahasa asing lainnya.
P6. Menguasai pengetahuan kewirausahaan dan aplikasinya dalam bidang MICE dan perkantoran digital.
P7. Menguasai konsep teoritis secara umum dan teknik teknologi informasi dan komunikasi termutakhir untuk menunjang kegiatan administrasi perkantoran.
P8. Menguasai konsep teoritis secara umum dan prinsipprinsip supervisi.
P9. Menguasai konsep teoritis secara umum kepemimpinan, kehumasan, dasar dasar akuntansi, manajemen keuangan, manajemen proyek, perpajakan, dan manajemen sumberdaya manusia.
P10. Menguasai pengetahuan faktual dan teknik aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja dibidang administrasi perkantoran.
P11. Menguasai prinsip dan pengetahuan operasional lengkap standar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perkantoran.
3. Keterampilan Umum
KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
KU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
KU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KK1. Mampu menetapkan rencana, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi sistem administrasi organisasi.
KK2. Mampu menjalankan profesi di bidang perkantoran dan terampil mengerjakan pekerjaan administrasi perkantoran dan otomatisasi perkantoran yang meliputi: keterampilan korespondensi, keterampilan kesekretarisan, terampil dalam human relation, administrasi sarana dan prasarana, dan terampil mengelola kearsipan digital.
KK3. Mampu membina hubungan dengan pemangku kepentingan, memberikan layanan pelanggan berkualitas dengan sikap, perhatian, dan tindakan yang tepat dalam lingkup pekerjaan dan tanggung jawabnya serta memproses keluhan pelanggan sesuai dengan Prosedur Operasional Baku (POB) organisasi.
KK4. Mampu mengevaluasi, menetapkan, dan mengelola berbagai sistem manajemen rekaman untuk memastikan catatan elektronik dan kertas yang rahasia, aman, dapat diakses, dan terorganisir.
KK5. Mampu melaksanakan prinsip-prinsip supervisi.
KK6. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam pekerjaan administrasi perkantoran dengan menggunakan bahasa Indonesia pada peringkat sangat unggul *) dan minimal satu bahasa internasional dengan kemampuan pada tingkat operasional atas (Advanced Working Proficiency)**).
KK7. Mampu mempersiapkan dan menghasilkan berbagai dokumen bisnis dengan menggunakan teknologi yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara ringkas, tepat, lengkap, dan menggunakan bahasa yang santun sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun pemerintahan.
KK8. Mampu melaksanakan Aktifitas Protokoler.
KK9. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam:
1) mengembangkan Data Informasi di Komputer (Database);
2) mengakses informasi melalui homepage;
3) memutakhirkan informasi pada homepage perusahaan;
4) mengoperasikan sistem informasi;
5) mengoperasikan program aplikasi komputer seperti perangkat lunak pemroses kata, pengolah
angka, pengolah data, pengolah bahan presentasi, desktop publishing, dan pengolah arsip digital.
KK10. Mampu mempersiapkan penyusunan cash flow dan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.
KK11. Mampu menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) diperkantoran sesuai dengan Prosedur Operasional Baku (POB).
KK12. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar manajemen proyek dalam mendukung pelaksanaan proyek.
KK13. Mampu mempersiapkan penyusunan laporan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
KK14. Terampil dalam menjalankan tugas-tugas public relation.
KK15. Memiliki kemampuan dasar untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah.
7. Keunggulan Spesifik Program Studi
Unggul dalam:
1. Pengelolaan arsip dan korespodensi digital.
2. Kemampuan analisis data.
3. Fleksibilitas dalam keputusan yang baik.
8. Gelar Lulusan
Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah S.Tr.A.B
9. Akreditasi Program Studi
Program Studi Administrasi Perkantoran (D-III) telah diakreditasi dengan ‘Unggul’ berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2442/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2022, tanggal 20 April 2022. dengan masa berlaku sampai dengan 20 April 2022. Dan kini Sesuai SK Rektor UNJ No. 1714/SP/2017 tanggal 28 November 2017 Program Studi Sekretari (D-III) berubah nama menjadi Administrasi Perkantoran (D-III).
a. Sertifikat BAN-PT D-3 Administrasi Perkantoran
b. SK Akreditasi (D3) Sekretari 2022-2027
c. Pembentukan Program Studi
d. Perubahan Nama Program Studi
e. Permohonan Penyesuaian Akreditasi BAN-PT Prodi D3 Sekretari menjadi D3 Administrasi Perkantoran
f. SK Upgrading Prodi D3 Administrasi Perkantoran menjadi S1 Terapan Administrasi Perkantoran Digital.
g. Sertifikat Akreditasi BAN-PT S.Tr Administrasi Perkantoran Digital
h. SK Akreditasi S.Tr Administrasi Perkantoran Digital 2023-2025
10. Roadmap Pengembangan Prodi STr. Administrasi Perkantoran Digital (Klik untuk membuka tautan)
11. Pengembangan Keilmuan
12. Perkembangan Kurikulum
13. Focus Group Discussion (FGD)
14. Daftar Nama Dosen (Klik untuk membuka tautan)
15. Sebaran Mata Kuliah (Klik untuk membuka tautan)
16. Kegiatan Mutu (Klik untuk membuka tautan)
17. Rencana Pembelajaran Semester (Klik untuk membuka tautan)
18. Kompetensi Prodi
19. Email Prodi : d4.apdigital@unj.ac.id
20. Laboratorium Administrasi Perkantoran
21. Hibah Competitive Fund Vokasi Administrasi Perkantoran Digital
Ruang Lingkup 1 |
Ruang Lingkup 2 Peningkatan Kualitas dan Inovasi PBL yang menghasilkan Produk Unggulan |
Ruang Lingkup 3 |
Nama Praktisi : Dahiri, S.Si., M.Sc. |
Nama Praktisi : Brata Sanjaya, S.ST., M.Si. (Badan Pusat Statistik) |
Nama praktisi: Salma Muthiah, A.Md. (Sekretaris Eselon II/Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)
|
Nama Praktisi : Reza Rahardian
|
22. Rekognisi
Invited Speaker 2nd International Mobility Seminar Rekognisi Internasional
|
|
23. MBKM
Pertukaran Pelajar LPTK |
|
Wirausaha Merdeka |
MSIB 2023 |
PMM |
IISMA 2024 |
|
24. Mahasiswa Asing
27. Mahasiswa Berprestasi
28. Alumni
Dzulhieda Yusrania Kusumaputri |
PROFIL D4 ADM. PERKANTORAN DIGITAL |
PROFIL FAKULTAS EKONOMI UNJ |
E- CATALOGUE D4 ADM. PERKANTORAN DIGITAL |
KALENDER |
M | T | W | T | F | S | S |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | ||||||
2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 |
9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 |
16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 |
23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 |
30 | 31 |
INTERNASIONALISASI |
Microsoft Certified Educator |
Sertifikat Reviewer |
BUKU |
DIGITALISASI |
PRESTASI MAHASISWA |
ASOSIASI |