PRODI SARJANA TERAPAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DIGITAL

 

1. Visi Program Studi

Menjadi program studi yang menghasilkan sarjana terapan berwawasan global dan berdaya saing tinggi di bidang Administrasi Perkantoran Digital secara profesional dan berakhlak mulia.

2. Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi untuk menyiapkan tenaga kerja sarjana terapan di bidang administrasi perkantoran digital dengan penerapan metode pembelajaran yang terpadu, berkulitas selaras dan berkesinambungan.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian masyarakat untuk membantu pembangunan dan penyelesaian masalah dalam bidang administrasi perkantoran digital.
  3. Mengembangkan kegiatan kerjasama yang saling menguntungkan dengan pemerintah, institusi pendidikan, praktisi industri dan segenap stakeholder untuk pengembangan kompetensi keilmuan di bidang administrasi perkantoran digital.
  4. Menghasilkan lulusan sarjana terapan yang unggul, professional, berintegrasi tinggi,  terampil dan siap diserap dunia kerja.

3. Motto

Profesional, Inovatif dan Religius

4. Tujuan Program Studi

  1. Memiliki jiwa Pancasila, dan berdedikasi, berkomitmen serta memiliki dedikasi, integritas, dan komitmen yang tinggi terhadap tugas dalam profesi administrasi perkantoran.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana terapan dibidang administrasi perkantoran digital yang berdaya saing tinggi baik ditingkat Nasional maupun Internasional.
  3. Menghasilkan lulusan sarjana terapan yang memiliki sikap terbuka, berkembang dan inovatif,  dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang  administrasi perkantoran.
  4. Menghasilkan lulusan sarjana terapan bidang administrasi perkantoran digital  yang religius, berintegritas, serta berwawasan global.

 5. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran Digital diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Office Administrative Assistant yang profesional di bidang data and information analysis.
  2. Cyber Public Relation Officer yang profesional dan ahli dalam bidang social media and website management.
  3. Entrepreneur Event Organizer (EO) yang inovatif dan memiliki kompetensi yang tinggi dalam bidang EO khususnya Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) secara profesional.
  4. Digitalpreneur yang ahli di bidang digital business development.
  5. Office Administrative Manager yang profesional dibidang manajemen pengelolaan perkantoran dan sumber daya manusia.

 6. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

      1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. Menginternalisasi etika profesi administratif profesional, sehingga dapat menjalankan tugas secara profesional, bertanggung jawab, tidak memanfaatkan profesinya untuk kepentingan di luar dari lingkup pekerjaannya.
  12. Memiliki sikap ilmiah dalam menemukan produk keilmuan melalui proses ilmiah.

    2. Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis administrasi dan manajemen secara mendalam.
  2. Menguasai teori aplikasi, prinsip, dan teknik manajemen rekaman untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian dokumen (catatan elektronik dan kertas).
  3. Menguasai konsep teoritis korespondensi secara mendalam serta mampu memformulasikan penerapan secara prosedural di dalam organisasi bisnis maupun pemerintahan.
  4. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, dan teknik pelayanan prima dan public speaking.
  5. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, dan teknik komunikasi yang baik dan efektif baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan minimal 1 Bahasa Internasional atau minimal 1 bahasa asing lainnya.
  6. Menguasai pengetahuan kewirausahaan dan aplikasinya dalam bidang MICE dan perkantoran digital.
  7. Menguasai konsep teoritis secara umum dan teknik teknologi informasi dan komunikasi termutakhir untuk menunjang kegiatan administrasi perkantoran.
  8. Menguasai konsep teoritis secara umum dan prinsipprinsip supervisi.
  9. Menguasai konsep teoritis secara umum kepemimpinan, kehumasan, dasar dasar akuntansi, manajemen keuangan, manajemen proyek, perpajakan, dan manajemen sumberdaya manusia.
  10. Menguasai pengetahuan faktual dan teknik aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja dibidang administrasi perkantoran.
  11. Menguasai prinsip dan pengetahuan operasional lengkap standar keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perkantoran.

     3. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan
    tinggi.
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

     4. Keterampilan Khusus

  1. Mampu menetapkan rencana, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi sistem administrasi organisasi.
  2. Mampu menjalankan profesi di bidang perkantoran dan terampil mengerjakan pekerjaan administrasi perkantoran dan otomatisasi perkantoran yang meliputi: keterampilan korespondensi, keterampilan kesekretarisan, terampil dalam human relation, administrasi sarana dan prasarana, dan terampil mengelola kearsipan digital.
  3. Mampu membina hubungan dengan pemangku kepentingan, memberikan layanan pelanggan berkualitas dengan sikap, perhatian, dan tindakan yang tepat dalam lingkup pekerjaan dan tanggung jawabnya serta memproses keluhan pelanggan sesuai dengan Prosedur Operasional Baku (POB) organisasi. 
  4. Mampu mengevaluasi, menetapkan, dan mengelola berbagai sistem manajemen rekaman untuk memastikan catatan elektronik dan kertas yang rahasia, aman, dapat diakses, dan terorganisir.
  5. Mampu melaksanakan prinsip-prinsip supervisi.
  6. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam pekerjaan administrasi perkantoran dengan menggunakan bahasa Indonesia pada peringkat sangat unggul *) dan minimal satu bahasa internasional dengan kemampuan pada tingkat operasional atas (Advanced Working Proficiency)**).
  7. Mampu mempersiapkan dan menghasilkan berbagai dokumen bisnis dengan menggunakan teknologi yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara ringkas, tepat, lengkap, dan menggunakan bahasa yang santun sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun pemerintahan.
  8. Mampu melaksanakan Aktifitas Protokoler.
  9. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam:
    1) mengembangkan Data Informasi di Komputer (Database);
    2) mengakses informasi melalui homepage;
    3) memutakhirkan informasi pada homepage perusahaan;
    4) mengoperasikan sistem informasi;
    5) mengoperasikan program aplikasi komputer seperti perangkat lunak pemroses kata, pengolah angka, pengolah data, pengolah bahan presentasi, desktop publishing, dan pengolah arsip digital.
  10. Mampu mempersiapkan penyusunan cash flow dan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku.
  11. Mampu menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) diperkantoran sesuai dengan Prosedur Operasional Baku (POB).
  12. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar manajemen proyek dalam mendukung pelaksanaan proyek.
  13. Mampu mempersiapkan penyusunan laporan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  14. Terampil dalam menjalankan tugas-tugas public relation.
  15. Memiliki kemampuan dasar untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah.

 7. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah S.Tr.A.B

 8. Akreditasi Program Studi

Program Studi Administrasi Perkantoran (D-III) telah diakreditasi dengan ‘Unggul’  berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2442/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2022, tanggal 20 April 2022. dengan masa berlaku sampai dengan 20 April 2022. Dan kini Sesuai SK Rektor UNJ No. 1714/SP/2017 tanggal 28 November 2017 Program Studi Sekretari (D-III) berubah nama menjadi Administrasi Perkantoran (D-III).

a. Sertifikat BAN-PT D-3 Administrasi Perkantoran 
b. SK Akreditasi (D3) Sekretari 2022-2027
c. Pembentukan Program Studi

d. Perubahan Nama Program Studi
e. Permohonan Penyesuaian Akreditasi BAN-PT Prodi D3 Sekretari menjadi D3 Administrasi Perkantoran
f. SK Upgrading Prodi D3 Administrasi Perkantoran menjadi S1 Terapan Administrasi Perkantoran Digital.

 9. Daftar Nama Dosen (Klik untuk membuka tautan)

10. Sebaran Mata Kuliah (Klik untuk membuka tautan)

 11. Kegiatan Mutu (Klik untuk membuka tautan)

12. Rencana Pembelajaran Semester (Klik untuk membuka tautan)

13. Kompetensi Prodi

  1. Mampu melaksanakan tugas pengelolaan administrasi perkantoran yang bersifat detail tidak hanya terbatas kepada fungsi administrasi sehari-hari melainkan sudah melakukan perencanaan, koordinasi dan monitoring program kerja yang sesuai dengan tujuan organisasi.
  2. Mampu menterjemahkan strategi administrasi ke dalam sistem manajemen organisasi berupa penyusunan dan pengembangan standar dan prosedur.
  3. Mampu untuk mengambil keputusan operasional yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi di bidang administrasi, untuk pekerjaan sendiri dan kelompok.

14. Email Prodi : d4.apdigital@unj.ac.id

 

PROFIL D4 ADM. PERKANTORAN DIGITAL
PROFIL FAKULTAS EKONOMI UNJ
E- CATALOGUE D4 ADM. PERKANTORAN DIGITAL
MEDIA SOSIAL D4 ADM.PERKANTORAN DIGITAL
KALENDER
December 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
INTERNASIONALISASI

DIGITALISASI

Grip Work Journey
Tandatangan.io