Program Studi D-III Administrasi Perkantoran

GRK.816 (R. Koorprodi TN & D3 SK) (1)1. Visi Program Studi

Menjadi program studi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia berdaya saing tinggi di bidang Administrasi Perkantoran secara profesional dan berakhlak mulia.

2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi: pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara seimbang dan berkesinambungan.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis teknologi di bidang administrasi perkantoran.
  3. Menciptakan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan berbagai kompetensi Administrasi Perkantoran.
  4. Membentuk jaringan kerjasama yang saling menguntungkan antar Program Studi dan stakeholder (dunia usaha dan bisnis, pihak swasta, dan pemerintah)
  5. Menciptakan pribadi yang religius, berintegritas, kerja keras dan ikhlas.

3. Motto

Beretika, Kompeten dan Profesional

4. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang berdaya saing tinggi
  2. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang menguasai Teknologi, Informasi dan Komunikasi.
  3. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang kompeten dan professional.
  4. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang memiliki kemampuan jejaring yang luas.
  5. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang religius, berintegritas, kerja keras dan ikhlas.

 5. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi D3 Administrasi Perkantoran diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. General Affair
  2. Sekretaris eksekutif
  3. Sekretaris pribadi
  4. Sekretaris senior
  5. Sekretaris junior
  6. Praktisi di bidang Kesekretariatan
  7. Praktisi di bidang Administrasi
  8. Praktisi di bidang Tata Usaha
  9. Praktisi di bidang Public Relations
  10. Praktisi di bidang Pelayanan Operasional Perkantoran
  11. Entrepreneur

 6. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

      1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. Menginternalisasi etika profesi administratif profesional, sehingga dapat menjalankan tugas secara profesional, bertanggung jawab, tidak memanfaatkan profesinya untuk kepentingan di luar dari lingkup pekerjaannya.

    2. Pengetahuan

  1. Konsep teoritis administrasi dan manajemen secara umum.
  2. Konsep, prinsip dan teknik kegiatan administrasi perkantoran meliputi:
  • Manajemen kearsipan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengendalian dokumen.
  • Korespondensi serta mampu memformulasikan penerapan secara prosedural didalam organisasi bisnis maupun pemerintahan.
  • Pelayanan prima dan public speaking

     c.  Prinsip dan teknik komunikasi yang baik dan efektif baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan minimal 1 Bahasa Internasional atau minimal 1 bahasa asing lainnya.
     d. Konsep dan teknik teknologi informasi termutakhir yang menunjang kegiatan administrasi perkantoran dan komunikasi.
     e. Konsep umum kepemimpinan, kehumasan, dasar-dasar manajemen dan manajemen sumberdaya manusia
     f. Pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja dibidang administrasi perkantoran
     g. Prinsip dan pengetahuan operasional lengkap standar keselamatan dan kesehatan kerja (k3) di perkantoran;

    3. Keterampilan Khusus

  1. Mampu membuat berbagai jenis surat bisnis atau dinas secara ringkas, tepat, lengkap, dan menggunakan bahasa yang santun sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun pemerintahan;
  2. Mampu mengelola dokumen meliputi kegiatan mengumpulkan, mengelompokkan, menyimpan, memelihara dan menyediakan informasi dengan cepat dan akurat sesuai dengan standar operasional prosedur meliputi:
  • Arsip dalam bentuk hardcopy dan softcopy;
  • Surat elektronik dan surat konvensional;
  • Informasi bisnis lainnya yang diperoleh dari berbagai sumber (media cetak, elektronik, internet) sesuai kebutuhan organisasi;

    c. Mampu mengelola kegiatan pimpinan, meliputi:

  • Perjalanan dinas pimpinan yang memuat informasi lengkap dan terkini meliputi perjalanan dinas domestik maupun luar negeri;
  • Jadwal kegiatan pimpinan yang memuat informasi lengkap dan terkini baik secara konvesional maupun dengan menanfaatkan teknologi secara efektif;

    d. Mampu mengidentifikasi, merencanakan, dan menyediakan berbagai kebutuhan dalam penyelenggaraan rapat secara akurat dan terperinci sesuai dengan jenis rapat/pertemuan yang dilakukan;
    e. Mampu menerjemahkan instruksi pimpinan menjadi naskah surat, dokumen, dan bentuk informasi yang lengkap dan akurat;
    f. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam pekerjaan administrasi perkantoran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan minimal satu bahasa internasional dengan kemampuan pada tingkat menengah;
    g. Mampu berbicara di depan publik sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang diberikan untuk menciptakan citra dan reputasi yang baik di masyarakat;
    h. Mampu memberikan pelayanan terbaik (pelayanan prima) dengan sikap, perhatian, dan tindakan yang tepat dalam lingkup pekerjaan dan tanggungjawabnya sesuai dengan standar operasional Prosedur (SOP)
    i. Mampu mengelola dan membuat laporan kas kecil (Petty Cash) secara periodik sesuai dengan SOP organisasi;
    j. Mampu menyusun laporan kegiatan/proyek secara tepat atas permintaan pimpinan;
    k. Mampu mempersiapkan bahan presentasi dan menyajikannya secara menarik dan berkualitas dengan memanfaatkan teknologi informasi;
    l. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan:

  • Sarana (telepon, faksimili, email, dan perangkat lunak komunikasi terkini);
  • Peralatan kantor sesuai jenis dan fungsinya untuk menjalankan tugas profesinya;
  • Program aplikasi berbasis teknologi informasi dengan: mengoperasikan program aplikasi komputer seperti perangkat lunak pemroses kata, pengolah angka, pengolah data, pengolah bahan presentasi, desktop publishing, dan pengolah arsip digital;

    m. Mampu menerapkan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (k3) di perkantoran sesuai dengan standar operasional prosedur (sop).

    4. Keterampilan Umum

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 7. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Ahli Madya(A.Md)

 8. Akreditasi Program Studi

Program Studi Administrasi Perkantoran (D-III) telah diakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.2680/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XI/2016, tanggal 24 November 2016. SK BAN-PT Nomor 2680 dengan masa berlaku sampai dengan 24 November 2021. Dan kini Sesuai SK Rektor UNJ No. 1714/SP/2017 tanggal 28 November 2017 Program Studi Sekretari (D-III) berubah nama menjadi Administrasi Perkantoran (D-III). Sertifikat BAN-PT D-3 Administrasi Perkantoran

 9. Daftar Nama Dosen

No Nama NIP
1 Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M. 195801101983031002
2 Marsofiyati, S.Pd., M.Pd 198004122005012002
3 Munawaroh, SE., M.Si 197503302008122002
4 Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd 198102162014042001
5 Dr. Widya Parimita, SE., M.P.A 197006052001122001
6 Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM 8833750017
7 Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM 199110182019031014

 10. Sebaran Mata Kuliah