Program Studi S-1 Pendidikan Akuntansi

1. Visi Program Studi

Menjadi penghasil SDM bidang pendidikan akuntansi yang profesional, berdaya saing tinggi, memiliki wawasan global, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membangun masyarakat Indonesia maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan peningkatan mutu program pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat di dalam dan di luar kampus (termasuk di lingkungan bisnis).
  2. Menguatkan mutu proses belajar mengajar/perkuliahan baik secara akademis, konseptual maupun faktual.
  3. Menguatkan mutu pemantauan dan evaluasi hasil/prestasi belajar mahasiswa secara lebih cermat dan berkelanjutan.
  4. Menguatkan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan satuan pendidikan baik negeri maupun swasta maupun dengan lembaga lainnya demi menunjang Visi.

 3. Profil Lulusan

            Sesuai dengan visi dan misi Prodi Pendidikan Akuntansi maka kurikulum Prodi Pendidikan Akuntansi disusun sebagai sarana untuk mewujudkan visi dan misi tersebut.  Oleh karenanya, kualifikasi profil lulusan program studi yang diharapkan adalah sebagai berikut:

  1. Guru di Bidang Akuntansi pada pendidikan Menengah
  2. Instruktur akuntansi di lembaga non formal
  3. Praktisi/ Akuntan/Keuangan
  4. Seorang wirausaha di bidang pendidikan (Edupreneur)
  5. Konsultan Akuntansi dan Pajak;
  6. Peneliti bidang Pendidikan akuntansi, akuntansi dan keuangan.

            Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka pengembangan keilmuan di Prodi Pendidikan Akuntansi tidak hanya terletak pada mencetak seorang guru SMK, SMA dan MA yang professional, tetapi juga menyiapkan calon lulusan program studi dengan kompetensi  lain yang sejalan dengan visi misi UNJ, salah satunya adalah menjadi wirausaha. Dengan keunggulan atau keunikan dari program studi Pendidikan akuntansi, maka program studi Pendidikan akuntansi di harapkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi yang telah di sebutkan di atas sesuai dengan kebutuhan para stakeholders

 4. Capaian Lulusan Program Studi

  • Sikap:
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang akuntansi secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
    11. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan Akuntansi;
    12. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu akuntansi pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia; dan
    13. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.

 

  • Pengetahuan:
    1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogik meliputi, teori belajar pembelajaran, kurikulum, metode, media, sumber, bahan ajar, evaluasi pembelajaran, dan strategi belajar mengajar, serta perangkat pemblajaran ( silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, modul dan lks) untuk pembelajaran akuntansi di pendidikan menengah (SMK/MAK dan SMA/MA) yang berorientasi pada kecakapan hidup
    2. Menguasai teoritis dan prinsip landasan kependidikan
    3. Menguasai konsep dan prinsip ilmu ekonomi
    4. Mampu menguasai konsep teoritis ilmu akuntansi (teori akuntansi, akuntansi dasar, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, akuntansi keuangan, akuntansi sektor pemerintahan dan dana desa, akuntansi syariah, audit, sistem informasi akuntansi, akuntansi perbankan dan komputer akuntansi)
    5. Mampu menguasai konsep dan peraturan Perpajakan dalam pembelajaran akuntansi
    6. Mampu menguasai konsep teoritis manajemen keuangan dan penganggaran perusahaan
    7. Menguasai prinsip dan prosedur teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk mendukung pembelajaran akuntansi
    8. Menguasai konsep dan prinsip penelitian kualitatif maupun kuantitatif Pendidikan akuntansi
    9. Menguasai konsep umum dan prinsip penelitian tindakan kelas (action research) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi
    10. Menguasai prinsip dan prosedur tentang teknologi informasi dan komunikasi sebagai media untuk mendukung pembelajaran akuntansi
    11. mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi; dan
    12. menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang akuntansi

 

  • Keterampilan Umum;
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
    2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur;
    3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
    4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
    6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
    8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi;

 

  • Keterampilan Khusus:
    1.  Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan mengevaluasi, serta melakukan perbaikan proses pembelajaran akuntansi secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep didaktik pedagogik dan keilmuan dibidang akuntansi serta memanfaatkan TIK
    2. Mampu melakukan pendampingan sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan pendidikan
    3. Mampu menyusun, dan menganalisis laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi Keuangan ETAP dalam pembelajaran akuntansi
    4. Mampu menyusun dan menganalisis keuangan perusahaan dalam pembelajaran akuntansi
    5. Mampu menyusun dan menganalisis harga pokok produksi dalam pembelajaran akuntansi
    6. Mampu mengelola administrasi perpajakan dalam pembelajaran akuntansi
    7. Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak (aplikasi pengolahan angka, aplikasi pengolahan data dan aplikasi akuntansi) dalam rangka penyusunan laporan keuangan
    8. Mampu melakukan pendampingan sesuai karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan pendidikan
    9. Mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan atau kuantitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran serta mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah
    10. Menggunakan metode dan gaya pengajaran yang bervariasi dan berbeda yang sesuai untuk situasi pendidikan akuntansi sedemikian rupa sehingga membantu meningkatkan kemampuan mengajar dan hubungan dengan pemangku kepentingan.
    11. Melakukan investigasi terhadap masalah yang kompleks dengan menggunakan pengetahuan berbasis penelitian dan metode penelitian termasuk desain eksperimen, analisis dan interpretasi data, dan sintesis informasi untuk memberikan kesimpulan yang valid.
    12. Berkomunikasi secara efektif pada kegiatan konsultasi yang kompleks dengan peserta didik, komunitas akuntansi dan dengan masyarakat luas, termasuk memahami dan menulis laporan dan dokumentasi desain yang efektif, membuat presentasi yang efektif, dan memberi dan menerima instruksi yang jelas berkaitan dengan pembelajaran akuntansi

 

 5. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd)

 6. Akreditasi Program Studi

 7. Daftar Nama Dosen

 8. Sebaran Mata Kuliah