Program Studi D-III Manajemen Pemasaran

VISITASI D3 MP

 1. Visi Program Studi 

Menjadi progran studi penghasil tenaga madya kreatif dibidang pemasaran berbasis digital yang kompetitif ditingkat regional

 2. Misi Program Studi

Menguatkan komitmen intelektual yang berkontribusi untuk memajukan praktek dan ilmu pemasaran melalui pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian masyarakat

 3. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya yang terampil, kompeten dan profesional sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha di bidang pemasaran.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia pemasaran yang profesional yang mampu melaksanakan tugas sebagai manajer pemasaran pada lembaga-lembaga bisnis.
  3. Memberikan pelayanan yang berkualitas bagi stakeholder program studi melalui penyediaan teknologi, manajemen, dan sistem informasi.

 4. Capaian Pembelajaran Program Studi

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  11. Menginternalisasi etika profesi marketer profesional, sehingga dapat menjalankan tugas secara profesional, bertanggung jawab, tidak memanfaatkan profesinya untuk kepentingan di luar dari lingkup pekerjaannya.

Pengetahuan

  1. Konsep teori marketing dan manajemen secara umum.
  2. Konsep, prinsip dan teknik kegiatan marketing secara komprehensif meliputi:
    a. Manajemen marketing untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transaksi jual beli dan khususnya bidang hospitality .
    b. Menyusun taktik dan strategi pemasaran berbasis marketing mix dalam memasarkan barang atau jasa hospitality serta mampu memformulasikan penerapan secara prosedural didalam organisasi bisnis maupun pemerintahan baik secara on line maupun off line
    c. Memahami konsep e-commerce dan marketing digital
    d. Pelayanan prima
  3. Prinsip dan teknik komunikasi yang baik dan efektif baik lisan maupun tulisan dan visual dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan minimal 1 Bahasa Internasional atau minimal 1 bahasa asing lainnya.
  4. Konsep dan teknik teknologi informasi termutakhir yang menunjang kegiatan marketing digital
  5. Konsep umum marketing, kepemimpinan, komonikasi, dasar-dasar akuntansi , perpajakan dan manajemen sumber manusia
  6. Pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja dibidang marketing

 Keterampilan Khusus

  1. Mampu membuat desain berbagai bentuk iklan baik dipublikasikan dimedia elektronik ( TV, radio, medsos, vlog dll) dengan menarik , tepat, lengkap, dan menggunakan bahasa yang santun dan komersial sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis ataupun pemerintah
  2. Mampu memanfaatkan dan mengelola peluang dengan mengidentifikasikan potensial demand untuk diwujudkan dengan cepat dan akurat menjadi riil demand
  3. Mampu berkomunikasi secara lisan tulisan dan visual dalam pekerjaan marketing dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan minimal satu bahasa internasional dengan kemampuan pada tingkat menengah;
  4. mampu memberikan pelayanan terbaik (pelayanan prima) dengan sikap, perhatian, dan tindakan yang tepat dalam lingkup pekerjaan dan tanggungjawabnya sesuai dengan standar operasional Prosedur (SOP)
  5. mampu mengelola dan membuat laporan penjualan secara periodik sesuai dengan SOP organisasi;
  6. Mampu mempersiapkan bahan presentasi dan menyajikannya secara menarik dan berkualitas dengan memanfaatkan teknologi informasi;
  7. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan:
    a. sarana  (telepon, faksimili, email, dan perangkat lunak komunikasi terkini);
    b. peralatan kantor sesuai jenis dan fungsinya untuk menjalankan tugas profesinya;
  8. Program aplikasi berbasis teknologi informasi dengan: mengoperasikan program aplikasi komputer seperti perangkat lunak pemroses kata, pengolah angka, pengolah data, pengolah bahan presentasi.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

 5. Gelar Lulusan

          Gelar yang diperoleh dari lulusan Program Studi Diploma III (D-III) Manajemen Pemasaran adalah Ahli Madya (A.Md.).

 6. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi D-3 Manjemen Pemasaran diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Marketing Communication
  2. Social Media Coordinator
  3. Marketing specialist hospitality
  4. E-commerce Specialist
  5. Product, Packaging, Creative dan Graphic Design
  6. Staff Marketing
  7. Staff Market Research analyst
  8. Staff Estimator Business
  9. Custumer Service
  10. Enterpreneurship

 7. Akreditasi Program Studi

Program Studi Diploma III (D-III) Manajemen Pemasaran merupakan Program Non Kependidikan yang dibina oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Program ini diarahkan untuk menghasilkan tenaga manajerial tingkat Madya bidang Pemasaran yang professional sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Program Studi D-III Manajemen Pemasaran mendapat Akreditasi A berdasarkan surat Keputusan BAN-PT No. 2814/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2016, tanggal 1 Desember 2016. SK BAN-PT Nomor 2814 dengan masa berlaku sampai dengan 1 Desember 2021. Sertifikat BAN-PT D-3 Manajemen Pemasaran

 8. Daftar Nama Dosen

No Nama Dosen NIP
1 Agung Kresnamurti Rivai P., ST., M.M. 197404162006041001
2 Sholatia Dalimunthe, SE., M.B.A 198704262015042003
3 Setyo Ferry Wibowo, SE., M.Si 197206171999031001
4 Solikhah, M.M. 196206231990032001
5 Ika Febrilia, S.E., M.M 198702092015042001
6 Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., MSM 199308272020122024

 9. Sebaran Mata Kuliah