Program Studi Sarjana Terapan Pemasaran Digital

 1. Visi Program Studi 

Menjadi program studi penghasil sarjana terapan di bidang pemasaran berbasis digital yang profesional, kreatif, adaptif, dan kompetitif di tingkat regional Asia Tenggara.

 2. Misi Program Studi

  • Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dalam mempersiapkan tenaga kerja profesional di bidang pemasaran digital melalui implementasi metode pembelajaran yang inovatif, terpadu, serta adaptif terhadap perkembangan IPTEK.
  • Mengembangkan riset terapan dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersinergi bersama industri, dunia usaha, dan dunia kerja, sehingga mampu berkontribusi dalam memberikan kebaruan secara praktik dan keilmuan di bidang pemasaran digital.
  • Menjalin kemitraan dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat nasional maupun internasional untuk mengembangkan kompetensi secara praktik dan keilmuan, serta daya saing di bidang pemasaran digital.
  • Menghasilkan lulusan sarjana terapan di bidang pemasaran digital yang profesional, berintegritas, dan berdaya saing tinggi.

 

 3. Motto

Profesional, Kreatif, Adaptif, dan Kompetitif

 

 4. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan sarjana terapan yang terampil, kompeten, dan profesional sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha di bidang pemasaran berbasis digital.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia pemasaran digital yang profesional yang mampu menganalisis dan merancang strategi pemasaran digital, dengan mengimplementasikan aktivitas pemasaran digital pada berbagai platform digital (website, media sosial, maupun e-commerce), hingga mengukur keberhasilan kinerja pemasaran digital suatu merek perusahaan/produk/jasa tertentu pada lembaga-lembaga bisnis.
  3. Memberikan layanan analisis pemasaran digital yang berkualitas bagi stakeholder program studi melalui pemanfaatan teknologi, sistem informasi dan data raya.

 

 5. Profil Lulusan 

  • Digital Marketing Specialist
  • Marketing Content Creator
  • Digital Branding Marketer
  • Advertising Specialist
  • E-Commerce Specialist

 

 6. Capaian Pembelajaran Program Studi

a. Aspek Sikap

    1. S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
    2. S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    3. S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    4. S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
    5. S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
    6. S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    7. S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    8. S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    9. S9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    10. S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
    11. S11 Menginternalisasi etika profesi marketer profesional, sehingga dapat menjalankan tugas secara profesional, bertanggung jawab, tidak memanfaatkan profesinya untuk kepentingan di luar dari lingkup pekerjaannya.

 

b. Aspek Pengetahuan

    1. P1 Konsep teori marketing dan manajemen secara umum
    2. P2 Konsep, prinsip dan teknik kegiatan marketing secara komprehensif meliputi:
      • Manajemen marketing untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan transaksi jual beli barang dan jasa
      • Menyusun taktik dan strategi pemasaran berbasis marketing mix dalam memasarkan barang atau jasa, serta mampu memformulasikan penerapan secara prosedural di dalam organisasi bisnis maupun pemerintahan baik secara online maupun offline
      • Memahami konsep e-commerce dan digital marketing
      • Pelayanan prima
    3. P3 Prinsip dan teknik komunikasi yang baik dan efektif baik lisan maupun tulisan dan visual dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan minimal 1 Bahasa Internasional atau minimal 1 bahasa asing lainnya.
    4. P4 Konsep dan teknik teknologi informasi termutakhir yang menunjang kegiatan digital marketing.
    5. P5 Konsep umum marketing, kepemimpinan, komunikasi, dasar-dasar akuntansi, perpajakan dan manajemen sumber manusia.
    6. P6 Pengetahuan faktual dan metode aplikasi etika profesi dalam menjalankan aktivitas kerja di bidang marketing.

 

c. Aspek Keterampilan Umum

    1. KU1 Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
    2. KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
    3. KU3 Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    4. KU4 Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    5. KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepa berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya;
    6. KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya;
    7. KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
    8. KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
    9. KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

d. Aspek Keterampilan Khusus

    1. KK1 Mampu membuat desain berbagai bentuk iklan baik dipublikasikan di media elektronik (TV, radio, medsos, vlog dll) dengan menarik, tepat, lengkap, dan menggunakan bahasa yang santun dan komersial sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun pemerintah.
    2. KK2 Mampu memanfaatkan dan mengelola peluang dengan mengidentifikasikan potensial demand untuk diwujudkan dengan cepat dan akurat menjadi riil demand.
    3. KK3 Mampu berkomunikasi secara lisan tulisan dan visual dalam pekerjaan marketing dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan minimal satu bahasa internasional dengan kemampuan pada tingkat menengah
    4. KK4 Mampu memberikan pelayanan terbaik (pelayanan prima) dengan sikap, perhatian, dan tindakan yang tepat dalam lingkup pekerjaan dan tanggung jawabnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)
    5. KK5 Mampu mengelola dan membuat laporan penjualan secara periodik sesuai dengan SOP organisasi
    6. KK6 Mampu mempersiapkan bahan presentasi dan menyajikannya secara menarik dan berkualitas dengan memanfaatkan teknologi informasi
    7. KK7 Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan:
      1. Sarana (telepon, faksimili, email, dan perangkat lunak komunikasi terkini).
      2. Peralatan kantor sesuai jenis dan fungsinya untuk menjalankan tugas profesinya
    8. KK8 Mampu mengoperasikan program aplikasi berbasis teknologi informasi seperti: mengoperasikan program aplikasi komputer seperti perangkat lunak pemroses kata, pengolah angka, pengolah data, pengolah bahan presentasi.

 

 7.  Keunggulan Spesifik Program Studi

  1. Mampu menghasilkan tenaga kreatif di bidang pemasaran berbasis digital yang kompetitif di tingkat regional.
  2. Mampu menghasilkan spesialis yang terampil, kompeten, dan profesional pada bidang pemasaran digital, content, branding, advertising, dan e-commerce.
  3. Mampu memberikan pelayanan yang berkualitas bagi stakeholder program studi melalui penyediaan teknologi, manajemen, dan sistem informasi
  •  

 8. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah S.Tr.M.

 

9. Akreditasi Program Studi

Program Studi Diploma III (D-III) Manajemen Pemasaran merupakan Program Non Kependidikan yang dibina oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Program ini diarahkan untuk menghasilkan tenaga manajerial tingkat Madya bidang Pemasaran yang professional sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Program Studi D-III Manajemen Pemasaran mendapat Akreditasi A berdasarkan surat Keputusan BAN-PT No. 12878/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/XII/2021, tanggal 2 Desember 2021. dengan masa berlaku sampai dengan 2 Desember 2026. Sertifikat BAN-PT D-3 Manajemen Pemasaran

 

10. Roadmap Pengembangan Prodi Sarjana Terapan Pemasaran Digital

 

11. Pengembangan Kurikulum

  1. Dokumen Kurikulum Tahun 2016

  2. Dokumen Kurikulum Tahun 2020

  3. Dokumen Kurikulum Tahun 2021 SFD Berbasis ICT

  4. Dokumen Kurikulum Tahun 2021

  5. Dokumen Kurikulum Tahun 2022

 

12. Focus Group Discussion

 13. Daftar Nama Dosen

 14. Sebaran Mata Kuliah

 15. Kegiatan Mutu

 16. Rencana Pembelajaran Semester

 17. Email Prodi : pemasarandigital@unj.ac.id

 18. Laboratorium Prodi

a. Ruang Podcast

b. Laboratorium Pemasaran Digital

c.  Laboratorium Kewirausahaan

 
     

 

 19. Teaching Factory (TeFa)

   

 

20. Praktisi Mengajar


Praktisi Mengajar: Rahmad Agus untuk Mata Kuliah Brand Management

Praktisi Mengajar: Taufik Muharamsyah untuk Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

Praktisi Mengajar: Mochamad Nalendra untuk Mata Kuliah: Brand Management


Praktisi Mengajar: Naufal Ihsan untuk Mata Kuliah: Visual Communication

 

 21.  Sekolah Binaan

 

 22. Mahasiswa Berprestasi

Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2023 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek Republik Indonesia

 

23. Alumni

Irda Maini
Owner http://shopee.co.id/toko_inovasi3m

Haris Nur Hamid
Founder https://www.instagram.com/kilatprint/

23. Aktivitas untuk Mendukung Mahasiswa

    1. MSIB 
    2. Karcep Gel. 1
DIGITALISASI

a.      Internasional Seminar on Digital Marketing

b. Lecturer Exhange

Sertifikat Kompetensi Dosen
BUKU

Kegiatan Program Studi

   

Sosial Media S.Tr Pemasaran Digital

IG : Lab Digital Marketing Email S.Tr Pemasaran Digital



IG : IDEAS IG : Pemasaran Digital