KARYA AKHIR CEPAT & TEPAT (KARCEP) GEL. 1 Sosialisasi dan Diskusi Kegiatan Karya Akhir Cepat & Tepat: Bimbingan Aktif Menuju Kesuksesan Akademis

Jakarta, 29 Desember 2023 — Program D4 Pemasaran Digital Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menggelar Sosialisasi dan Diskusi Kegiatan Karya Akhir Cepat dan Tepat pada Rabu, 27 Desember 2023, untuk memberikan panduan dan solusi bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dengan efisien dan sukses.

Latar Belakang:
Sejak 20 November 2023, Bapak Andi Muhammad Sadat, SE., M.Si Ph.D, telah menjabat sebagai Ketua Program D4 Pemasaran Digital, menggantikan Ibu Dra. Sholikha, MM. Sejalan dengan kepemimpinan baru ini, Pa Andi Sadat menginisiasi kegiatan Sosialisasi dan Diskusi untuk mendukung mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka dan menemukan solusi terbaik bagi setiap kendala yang dihadapi.

Maksud dan Tujuan Kegiatan:
Sosialisasi ini bertujuan memberikan panduan kepada mahasiswa dalam memahami proses penulisan skripsi, memberikan motivasi tinggi, dan melengkapi mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan akademis. Tujuan utama kegiatan adalah memberikan pemahaman menyeluruh kepada mahasiswa mengenai seluruh proses penulisan skripsi, melibatkan tahapan-tahapan, ekspektasi, serta tantangan yang mungkin dihadapi selama perjalanan penelitian mereka.

Pelaksanaan Kegiatan:
Sosialisasi dan diskusi Karya Akhir Cepat dan Tepat D4 Pemasaran Digital diadakan melalui Zoom Cloud Meeting pada Rabu, 27 Desember 2023, dimulai pukul 10.00 WIB. Topik yang disosialisasikan melibatkan perencanaan dan penyelesaian skripsi, kendala dan peluang masa studi serta penyelesaian skripsi, solusi terhadap kendala yang ada, dan perencanaan agar tepat waktu. Narasumber dalam kegiatan ini melibatkan Bapak Andi Muhammad Sadat, SE., M.Si Ph.D, sebagai Ketua Program Studi D4 Pemasaran Digital, dan Ibu Dra. Sholikha, MM, sebagai salah satu dosen D4 Pemasaran Digital. Kegiatan dipandu oleh Ramdhani Diman, perwakilan dari Mahasiswa D4 Pemasaran Digital.

Kesimpulan Kegiatan:
Notulensi kegiatan mencakup beberapa poin kunci:

KARCEP (Karya Akhir Cepat dan Tepat) diharapkan dapat membantu mahasiswa tahun akhir menyelesaikan kuliah lebih cepat dan efisien, dengan tagline “Selesai tepat waktu, kuliah bareng selesai pun harus bareng.”
Identifikasi hipotesis tipe mahasiswa yang biasanya menyelesaikan studi terlambat, seperti mereka yang bekerja, cuek, aktifis, tajir, dan malas.
Dalam menyusun tugas akhir, mahasiswa perlu bisa mengelola skala prioritas dan tidak menunda pekerjaan.
Keterlibatan dosen pembimbing sangat penting dalam membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir.
Membaca, membuat jadwal, persiapan mental, dan mengikuti bimbingan dosen pembimbing adalah kunci sukses dalam menyusun tugas akhir.
Tidak ada yang sempurna dalam proses belajar, dan menunda pekerjaan akan semakin sulit untuk memulai.