Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi

GRK.815 (2)1. Visi Program Studi

Menjadi program studi penghasil sumberdaya manusia profesional yang berakhlak mulia berdayasaing tinggi yang memiliki wawasan global serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 di bidang pendidikan ekonomi.

2. Misi Program Studi

Melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dan menjalin kerjasama dengan stakeholder guna menghasilkan sarjana berkualitas yang mendukung pencapaian pengembangan sumber daya manusia unggul berketrampilan abad 21.

2. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan sarjana calon pendidik ekonomi dan pengelola Lembaga pendidikan,  yang memiliki kemampuan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan dunia kerja abad 21
  2. Menghasilkan calon praktisi di lembaga ekonomi / keuangan dan calon peneliti bidang ekonomi yang memiliki kemampuan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  3. Mempersiapkan calon wirausahawan dalam wadah UMK maupun Koperasi.
  4. Menyelenggarakan dan meningkatkan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi guna me-nyiapkan tenaga pendidik yang kompeten, melalui pelatihan dan kemitraan

 3. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Guru/Pendidik Ekonomi berbasis teknologi digital
  2. Praktisi di Lembaga Ekonomi/ Keuangan/Non-Keu.
  3. Wirausahawan/ pengelola bisnis

 4. Capaian Pembelajaran Program Studi(PLO)

Mampu merencanakan, mengevalusi dan menciptakan konsep dan model pembelajaran Bidang Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Secara rinci capaian pembelajaran program studi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang mendidik;
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
  3. Menguasai perencanaan dan pengembangan kurikulum;
  4. Menguasai langkah-langkah pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi yang efektif;
  5. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  6. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan internal dan eksternal;
  7. Memiliki kemampuan bekerja dalam tim;
  8. Menguasai hakikat profesi pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  9. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pola pikir keilmuan dasar mendukung pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi di SMA/SMK;
  10. Menguasai materi, struktur, konsep, metodologi, dan pendukung (tools) keilmuan yang mendukung pembelajaran pendidikan ekonomi koperasi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansiSMA/SMK;
  11. Mampu mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategi pembelajaran;
  12. Bertanggungjawab dan memiliki komitmen sebagai pendidik;
  13. Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru pendidikan ekonomi, pendidikan administrasi perkantoran, dan pendidikan akuntansi;
  14. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

 5. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd)

 6. Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan Ekonomi terakreditasi dengan nilai A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No.2848/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020, tanggal 05 Mei 2020 dengan masa berlaku sampai 05 Mei 2025. Sertifikat BAN-PT S-1 Pendidikan Ekonomi

 7. Daftar Nama Dosen

 8. Sebaran Mata Kuliah