Program Studi S-1 Manajemen

GRK.812 (2)  1. Visi Program Studi

Menjadi program studi yang unggul, berdaya saing, dan berwawasan global.

 2. Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki tanggung jawab moral, sosial, profesional, dan berkualitas di bidang manajemen.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang manajemen di tingkat nasional hingga ke tingkat internasional.
  3. Menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat melalui penerapan ilmu dan teknologi di bidang manajemen.

3. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, profesional, berkualitas, dan mendunia di bidang manajemen.
  2. Menghasilkan karya ilmiah di bidang manajemen yang dipublikasikan dan diterapkan pada masyarakat di tingkat nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan industri, baik nasional maupun internasional, dan pemerintah daerah.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan business schools dalam dan luar negeri.
  5. Menciptakan kerjasama dengan asosiasi bidang manajemen di tingkat nasional dan internasional.
  6. Membangun iklim akademik program studi manajemen yang kondusif.
  7. Menghasilkan kegiatan pengabdian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 4. Profil Lulusan

  1. Financial Analyst
  2. Marketing Analyst
  3. Human Resource Specialist
  4. Quality Control Specialist
  5. Entrepreneur

 5. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

  1. Sikap
    a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

    b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
    c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
    d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
    e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain
    f. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
    g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
    h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
    i. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
    j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
    k. Menginternalisasi nilai kejujuran, kepedulian dan bertanggung jawab dalam berkomunikasi dan bernegosiasi di bidang ekonomi, bisnis dan lainnya
  2. Keterampilan Umum
    a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif dan berintegritas dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang manajemen

    b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
    c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan keahliannya
    d. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
    e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang manajemen
    f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
    g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
    h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
    i. Mampu melakukan proses berkomunikasi dan bernegosiasi secara jujur, peduli dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan di bidang ekonomi, bisnis, dan lainnya
  3. Penguasaan Pengetahuan
    a. Menguasai konsep teoretis dasar metode dan analisis fungsi organisasi meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemantauan dan evaluasi serta pengendalian pada organisasi bisnis dan non bisnis

    b. Menguasai konsep teoretis dan teknik menyusun rencana strategis dan menjabarkan dalam rencana operasional dan rencana aksi
    c. Menguasai konsep tentang metode penelitian kuantitatif secara kasus, survei atau ekeperimen secara eksploratif, deskriptif dan verifikatif
    d. Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif dalam menjalankan peran sebagai manajer profesional
    e. Menguasai etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan
    f. Menguasai prinsip kepemimpinan
  4. Keterampilan Khusus
    a. Mampu menyelesaikan masalah rutin fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, sumber daya manusia, operasi dan keuangan) dengan kaidah yang berlaku

    b. Mampu merumuskan dan mengimplementasikan rencana stratejik ke dalam rencana operasional
    c. Mampu melakukan kajian teori dan empirik dalam bidang manajemen berdasarkan  metode ilmiah
    d. Mampu melakukan komunikasi, bernegosiasi dan mengambil keputusan manajerial yang tepat di bidang bisnis maupun non bisnis.

 6. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh lulusan program studi Manajemen adalah Sarjana Manajemen (S.M).

 7. Akreditasi Program Studi

Program Studi Manajemen telah diakreditasi oleh BAN PT tahun 2009, dengan perolehan nilai akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT No. 3286/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019, tanggal 03 September 2019. SK BAN-PT nomor 3286 dengan masa berlaku sampai dengan 03 September 2024. Sertifikat BAN-PT S-1 Manajemen

 8. Daftar Nama Dosen

 9. Sebaran Mata Kuliah

10. Seminar-seminar Internasional

No Nama Seminar
1 Webinar S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran FE UNJ: Financial System and Economic Development: Reasons for Financial Crisis and Unequality
2 International Webinar Prodi S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran: “Brand Building for Competitive Advantage” oleh Associate Professor Dr. Norbani Che Ha (University of Malaya)
3 International Online Seminar oleh Prodi S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran, “Introduction to Research Methodology”, Profesor Noor Azina Ismail (University of Malaya)
4 International Online Seminar oleh Prodi S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran, “Responsibility Business in a Time of Crisis”, Profesor Alex Edmans (London Business School)
5 International Guest Lecture (Online) oleh Prodi S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran, “Do Women Receive Worse Financial Advice?”, Prof. Utpal Bhattacharya (HKUST Business School)
6 International Guest Lecture (online) kerja sama oleh prodi S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran FEUNJ dan Department of Finance & Banking FBA Universiti Malaya, “International Corporate Governance”, Profesor Steen Thomsen (Copenhagen Business School)
7 Kuliah Umum S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran: Market Efficiency and Behavioral Bias by Prof. Avanidhar Subrahmanyam (UCLA Anderson School of Management
8 Seminar Publikasi Jurnal Internasional S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran oleh Prof. Avanidhar Subrahmanyam (UCLA Anderson School of Management
9 Studium Generale S-1 Manajemen dan D-3 Manajemen Pemasaran FEUNJ: “Initial Public Offerings (IPOs)” oleh Profesor Jay Ritter (Warrington College of Business University of Florida)
10 Prodi S1 Manajemen mengadakan Seminar Internasional oleh Profesor Terrance Odean (Haas School of Business University of California Berkeley)
11 Seminar S-1 Manajemen FE UNJ dengan topik “Behavioral Finance” oleh Profesor Hersh Shefrin (Santa Clara University)
12 S1 Manajemen FE UNJ, FEB UNRAM dan FE UNIMED menyelenggarakan Seminar “Energy Finance” oleh Profesor William Megginson (University of Oklahoma)
13 S1 Manajemen dan D3 Manajemen Pemasaran FE UNJ menyelenggarakan Seminar Internasional oleh Associate Profesor Elvira Sojli (UNSW Business School)
14 S1 Manajemen FE UNJ dan Department of Finance FBE University of Malaya mengadakan virtual seminar oleh Profesor Ronald Masulis (UNSW Business School)

 11. Kerja Sama