S1 Manajemen FE UNJ, FEB UNRAM, FE UNIMED & FEB UNUD menyelenggarakan webinar “Human Resource Management and Sustainability in Changing Environment” oleh Prof. Zafir Khan Mohammed Makhbul (Universiti kebangsaan Malaysia)

Rabu, 20 Desember 2022, pukul 09.00 sampai 11.00 WIB, dalam rangka mengimplementasikan Perjanjian Kerja Sama antara program studi S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dan S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana diselenggarakan webinar internasional dengan topik “Human Resource Management and Sustainability in Changing Environment”. Pembicaranya ialah Prof. Dr. Zafir Khan Mohammed Makhbul (Professor of HR Management & Dean of Graduate School of Business at Universiti kebangsaan Malaysia) dan Joris De Fretes (Former Director of Human Capital Development at XL Axiata Tbk). Prof. Dr. Zafir Khan Mohammed Makhbul memberikan materi pertama mengenai pengelolaan sumber daya manusia dan keberlanjutan dalam lingkungan yang berubah, dunia sudah mulai merasakan dampak dari perubahan lingkungan yang terjadi di tahun 2020. Pertama, perlu penyesuaian terhadap situasi dan perkembangan saat ini agar tidak terjadinya technostress yaitu ketidakmampuan individu untuk menangani tuntutan otomatisasi dan teknologi komputer. Kedua, perubahan manajemen yang menekankan pada hubungan manusia adalah bukti integrasi HRM, kesejahteraan masyarakat dan lingkungan. Terakhir, integrasi elemen tersebut mampu menciptakan organisasi baru yang berkelanjutan dan berdaya saing, serta menciptakan sumber daya manusia yang sehat secara holistik. Joris De Fretes sebagai seorang praktisi memberikan materi kedua tentang pengelolaan SDM dalam lingkungan yang berubah. Pertama dengan perubahan yang terjadi pada dunia membuat bisnis, konsumen, karyawan, investor, dan persaingan berubah terlebih lagi setelah adanya pandemi covid-19. Kedua, diperlukan pemimpin SDM berbicara tentang inisiatif mereka saat ini dalam pelatihan kepemimpinan, rekrutmen, keterlibatan, atau penghargaan. Dengan menciptakan banyak nilai dibutuhkan SDM tersebut profesional berkontribusi dengan menciptakan nilai, HR profesional menguasai prinsip-prinsip SDM dan dapat mengubah pengetahuan itu menjadi seperangkat organisasi kemampuan. Ketiga, banyak tatangan yang dihadapi profesional SDM yaitu bakat, budaya dan kepemimpinan. Terakhir, perlu adanya transformasi dan pola pikir dengan adanya peran SDM harus diubah untuk memberikan nilai kepada pemegang saham, manajer, karyawan dan pelanggan. Dr. Indra Pahala, M.Si (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan) memberikan kata sambutan. Webinar berlangsung sangat menarik dan dihadiri 300 lebih mahasiswa dan dosen FE UNJ, PTN/PTS lain dan praktisi. 

 

Link Video :

  1. Human Resource Management and Sustainability in Changing Environment” oleh Prof. Zafir Khan Mohammed Makhbul (Universiti kebangsaan Malaysia)

 

Dokumentasi :