Pertukaran dosen mengajar antara FE UNJ dan FBEA Universiti Malaysia Sabah

Pada 14 November 2022, dalam rangka mengimplementasikan Perjanjian Kerja Sama antara FE UNJ dengan FBEA UMS yang menaungi beberapa prodi terutama program studi S-1 Manajemen yang menyelenggarakan pertukaran dosen (lecturer exchange) sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional oleh  Dr. Zaiton Osman dan Prof. Dr. Suherman.

Lecturer exchange sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional pertama dilaksanakan pada 14 November 2022, pukul 08.30 – 10.30 WIB dengan Dr. Zaiton Osman dari FBEA UMS sebagai dosen pengajar. Dr. Zaiton Osman membawakan topik mengenai Cost of Capital. Dalam sesi mengajarnya, beliau menjelaskan bahwa cost of capital bertindak sebagai penghubung antara keputusan investasi jangka panjang perusahaan dan kekayaan pemilik sebagaimana ditentukan oleh investor di pasar. Cost of capital ini digunakan untuk memutuskan apakah investasi yang diusulkan akan menaikkan atau menurunkan harga saham perusahaan. Cost of capital juga dapat didefinisikan sebagai tingkat pengembalian yang harus diperoleh perusahaan dari proyek yang diinvestasikannya untuk mempertahankan nilai pasar sahamnya. Perusahaan harus melakukan investasi yang dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Hal ini hanya dapat tercapai jika melakukan proses-proses yang memberikan pengembalian melebihi rata-rata tertimbang keseluruhan biaya pembiayaan perusahaan.

Kemudian, Lecturer exchange sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional pertama dilaksanakan pada 29 November 2022, pukul 13.00 – 15.00 WIB dengan Prof. Dr. Suherman dari FE UNJ sebagai dosen pengajar. Prof. Dr. Suherman membawakan topik mengenaik Time Value of Money. Dalam sesi mengajarnya, beliau menjelaskan bahwa uang memiliki nilai waktu serta arus kas merupakan sumber dari nilai tersebut. Prof. Dr. Suherman juga menjelaskan tentang anuitas yang merupakan serangkaian pembayaran dolar yang sama yang dilakukan pada akhir titik waktu yang sama (seperti bulanan, triwulanan, atau tahunan) selama periode waktu tertentu (seperti tiga tahun). Kemudian dijelaskan juga terkait penghitungan untuk mencari future value dan present value. Selain itu, beliau menjelaskan terkait pinjaman yang diamortisasi (amortized loans) yang merupakan pinjaman dilunasi dengan pembayaran yang sama. Tak hanya itu, beliau juga memberikan penjelasan tentang perpetuities. Lebih lanjut disampaikan bahwa perpetuity adalah anuitas yang berlanjut selamanya atau tidak memiliki jatuh tempo. Misalnya, aliran dividen pada saham preferen.

Lecturer exchange sekaligus pengabdian kepada masyarakat internasional ini dihadiri oleh mahasiswa yang diampu oleh Prof. Dr. Suherman dari FE UNJ dan Dr. Zaiton Osman dari FBEA UMS. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama antara dosen pengajar dengan mahasiswa.

 

Dokumentasi: