BERITA TERBARU |
Ijin Pendirian Program Studi
Program studi Magister Akuntansi merupakan program studi yang berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 177/E/O/2021 tentang Ijin Pembukaan Program Studi Akuntansi Program Magister Universitas Negeri Jakarta tanggal 22 April 2021.
Koordinator Program Studi S-2 Magister Akuntansi
|
a. Visi
Menjadi center of excellence pembelajaran dan pengembangan sumberdaya manusia yang profesional di bidang akuntansi, berwawasan global serta mampu menjawab tantangan masa depan.
b. Misi
Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dengan ditopang kualitas bisnis proses yang baik dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten di bidang akuntansi, professional dan relevan dengan tantangan di masa depan.
c. Tujuan
d. Strategi Program Studi
Gambar Strategi Program Studi Magister Akuntansi
e. Motto
“Influencing organizations and creating the leaders of tomorrow”.
f. Keunggulan Program Studi
Roadmap menuju Program Studi Magister Akuntansi menjadi
Center-of-Excellence Tahun 2028
Program Studi Magister Akuntansi (PS Maksi) memilikki roadmap untuk mewujudkan visi menjadi Center- of-Excellence melalui 5 tahap pencapaian sebagai berikut:
Tahun 2021-2022 “Capacity Building”
Pada tahap capacity building, PS Maksi berfokus untuk mengokohkan fundamental pendirian Maksi, karena Tahun 2021 adalah tahun pendirian PS Maksi. Inisiatif akan difokuskan pada empat hal:
Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dalam hal ini FE UNJ dibantu dengan tim task-force pendirian PS Maksi telah berhasil menyusun segala persyaratan yang dibutuhkan dalam pendiran PS Maksi, dan telah berhasil memperoleh izin operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
UPPS menyiapkan segala resources yang dibutuhkan termasuk didalamnya: Sumber Daya Manusia, Organisasi, Sarana, dan Prasarana untuk menjamin kesuksesan pembelajaran. Termasuk didalamnya, perancangan sistem pembelajaran yang berorientasi pada kesuksesan mahasiswa.
UPPS memastikan bahwa budaya mutu dan continuous improvement ada dalam setiap aktivitas pembelajaran. Hal ini juga diperkuat dengan dukungan penuh Gugus Penjaminan Mutu FE UNJ, dan Unit Penjaminan Mutu PS Maksi.
Pelibatan dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam perancangan visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS), termasuk didalamnya penentuan kurikulum dan profil lulusan yang diharapkan. Partisipasi penuh pemangku kepentingan dalam setiap evaluasi VMTS yang dilakukan secara berkala, feedback lulusan, kurikulum, dan service excellence untuk meningkatkan tata kelola program studi,
Tahun 2022-2023 “Recognition”
Pada tahap ini, PS Maksi berfokus untuk melakukan rintisan awal untuk menunjukkan eksistensinya baik di level nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan dalam tiga inisiatif:
PS Maksi memperoleh akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) akreditasi dengan memperoleh peringkat minimal ‘baik sekali’.
Keterlibatan PS Maksi dalam berbagai forum ilmiah maupun professional seperti sebagai co-host forum-forum ilmiah nasional dan internasional (seperti Asosisasi Program Studi S2 Akuntansi Indonesia/APPSAI maupun international conferences and seminars).
PS dan UPPS menginisiasi Memorandum of Understanding (MoU) dengan berbagai institusi baik di dunia akademik maupun professional untuk lebih memantapkan branding PS Maksi dan memperluas jangkauan networking strategis, baik di level nasional maupun internasional.
Tahun 2024-2025 “Ramp-Up”
Ramp-up bukan hanya bangkit namun mampu meng-utilisasi segala potensi untuk meningkatkan akselerasi percepatan menuju tujuan. Pada Tahun 2023, PS Maksi akan memfokuskan pada empat inisiatif:
Database alumni akan menjadi dasar untuk membuka berbagai kesempatan dan kemungkinan kerjasama yang dapat dilakukan. Alumni juga diberikan wadah dan kesempatan untuk berkontribusi lebih bagi kemajuan PS Maksi.
PS Maksi dengan seluruh potensi sumber daya manusia yang dimiliki dan jaringan yang telah terbentuk akan menginisisasi terbentuknya lembaga konsultansi dalam bidang akuntansi dan bisnis, sebagai profit-center yang sejalan dengan transformasi perubahan Universitas Negeri Jakarta sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).
PS Maksi akan bermitra strategis di dalam maupun luar negeri dalam mendirikan/menyelenggarakan berbagai unit bisnis, project, event, maupun program pengembangan eksekutif dalam menangkap berbagai peluang bisnis maupun meningkatkan engagement dengan dunia usaha dan industry.
PS Maksi menginisiasi penerbitan jurnal internasional yang dikelola secara professional oleh suatu lembaga riset dimana jurnal internasional merupan salah satu divisi yang dimilikinya.
Tahun 2026-2027 “Excel”
Pada Tahun 2025, PS Maksi akan masuk tahap excel atau ‘cruising mode’ untuk mempercepat pencapaian menuju center-of-excellence. Inisiatif yang akan akan dilakukan PS Maksi berfokus pada empat hal:
Seluruh ‘engagement’ dan kontribusi professional dan akademik yang telah terbentuk akan diakselerasi penuh, didukung dengan adanya manajemen yang professional dan sumberdaya yang unggul.
PS Maksi sebagai kelembagaan diharapkan memperoleh rekognisi (penghargaan) dari berbagai institusi khususnya dalam aspek tri-dharma (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat). Pencapaian rekognisi juga dicapai dengan semakin meningkatnya daya tarik PS Maksi untuk diajak berkolaborasi oleh berbagai insitusi baik di dalam maupun luar negeri.
Kontribusi finansial yang diperoleh dari berbagai inisiatif yang dijalankan akan dipergunakan untuk meingkatkan pengalaman belajar mahasiswa melalui penyediaan fasilitas pembelajaran berkelas dunia, termasuk didalamnya sistem pendidikan dan tenaga pengajar yang mumpuni.
Dosen dan mahasiswa PS Maksi telah mampu menghasilkan publikasi-publikasi yang berkualitas tinggi dan diseminasikan dalam berbagai jurnal maupun konferensi internasional dengan rating A ataupun A*. Journal yang dimiliki juga telah mampu menjadi jurnal yang direkognisi secara baik di level nasional dan internasional.
Tahun 2028 “Sustain”
Dengan semakin kokohnya posisi dan rekognisi yang diperoleh PS Maksi, maka di Tahun 2025, PS Maksi diharapkan telah mampu berdikari dan menghasilkan dampak yang besar bagi seluruh pemangku kepentingan. Pada Tahun 2025, PS Maksi diharapkan akan mencapai level:
PS Maksi mampu mendanai pengeluaran operasional dan capital expenditure khususnya dalam penguatan VMTS PS Maksi.
Pertumbuhan segala aspek yang dikelola PS Maksi menunjukkan trend yang positif, seperti dari sisi: pertumbuhan student body mahasiswa, income generating, kualitas tenaga pengajar, profil lulusan, networking dan aliansi strategis yang terbentuk, publikasi ilmiah dan bahan ajar, serta kompetensi tenaga pendidik.
PS Maksi telah bertransformasi dari hanya sekedar menghasilkan output dan outcome, namun lebih jauh yaitu menghasilkan impact (dampak) positif bagi seluruh pemangku kepentingan dalam jangka Panjang.
Kelima tahapan diatas membutuhkan dua prasyarat penting, yaitu: merit-based system dan transformational leadership. Merit-based system merupakan turunan dari sistem meritokrasi dimana organisasi menghargai setiap inisitaif yang dilakukan oleh unit ataupun anggota organisasi yang terefleksi dalam sistem remunerasi yang adil, proporsional, dan berdasarkan kinerja yang objektif. Berikutnya, transformational leadership diperlukan agar setiap tahapan proses transformasi sebagaimana yang ada dalam roadmap didukung secara penuh oleh setiap level pengambil kebijakan, melalui serangkaian kebijakan yang adaptif, responsive, dan transparan.
a. Profil Lulusan
b. Gelar Lulusan
Magister Akuntansi (M.Ak.)
No | Nama | NIP | NIDN |
1 | Dr. Etty Gurendrawati, M.Si,Ak | 196803141992032002 | 0004036809 |
2 | Dr. Choirul Anwar, SE., MBA., MAFIS., MCIS., Ak., CA, CPA, CSRS, CSRA | 197511152008122002 | 0004106907 |
3 | Unggul Purwohedi, M.Si, Ph.D | 197908142006041002 | 0014087905 |
4 | Adam Zakaria, M.Ak., Ph.D | 197504212008011011 | 0021047506 |
5 | Dr. Ayatulloh Michael Musyaffi, M.Ak | 199102282020121010 | 0428029101 |
6 | Dr. IGKA Ulupui, S.E., M.Si., Ak. | 196612131993032003 | 0013126604 |
7 | Dr. Rida Prihatni, S.E., Ak. M.Si. | 197604252001122002 | 0025047606 |
8 | Dr. Indra Pahala, M.Si. | 197902082008121001 | 0008027908 |
9 | Prof. Dr. Suherman, M. Si. | 197311162006041001 | 0016117307 |
10 | Dr. Gatot Nazir Ahmad,M.Si | 197205062006041002 | 0006057203 |
11 | Dr. Osly Usman, M.Bus | 197401152008011008 | 0015017406 |
12 | Agung Dharmawan Buchdadi, M.M., Ph.D. | 197509162006041001 | 0016097504 |
13 | Teguh Widodo, SST., MA., Ph.D,CFE., CA | Praktisi – BPK RI | |
14 | Firdaus Amyar, SE., M.A., Ph.D, C.A., Ak. | Praktisi – BPK RI |
Struktur kurikulum pada program Magister Akuntansi Universitas Negeri Jakarta disusun dengan berpedoman pada Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 9 Tahun 2012 Tentang KKNI level 8 (Jenjang S2) dan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang SNPT serta Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Program studi Magister Akuntansi menerapkan kurikulum berbasis KKNI dan dalam pelaksanaan proses pembelajaran mengembangkan kururikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Jumlah SKS yang ditempuh sebanyak 41 SKS dengan lama studi 4 semester yang terdiri dari semester 1 dan 2 untuk mata kuliah wajib dan semester 3 dan 4 untuk mata kuliah konsentrasi/peminatan, seminar dan karya akhir.
Dokumen Kurikulum S-2 Magister Akuntansi 2021
Dokumen Kurikulum S-2 Magister Akuntansi 2021 (Lampiran)
Jadwal Perkuliahan Program Studi S-2 Magister Akuntansi :
a. Kelas Reguler : Senin – Jum’at (18.30 -21.00 WIB)
b. Kelas Eksekutif : Jumat (18.30 – 21.00 WIB) & Sabtu ( 08.00 – 16.00 WIB)
a. Timeline
Gelombang I : 17 Januari – 17 Maret 2022
Gelombang 2 : 1 April – 3 Juni 2022
Gelombang 3 : 20 Juni – 29 Juli 2022
b. Syarat Pendaftaran/ Dokumen Hasil Seleksi
c. Biaya Perkuliahaan
Info Pendaftaran : penmaba.unj.ac.id
2. Ikatan Alumni
Fakultas Ekonomi memiliki Himpunan Alumni, sebangai berikut :
3. Career Development Center
Career Development Center Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (CDC FE UNJ) merupakan Laboratorium Pengembangan Karier yang dibentuk sebagai wadah dalam memfasilitasi mahasiswa maupun lulusan menuju karier yang dicita-citakan. CDC FE UNJ akan menjadi mediator antara mahasiswa dengan berbagai perusahaan/instansi/industri yang membuka kesempatan magang, dan antara lulusan dengan job provider/employer.
Info Lebih Lanjut tentang CDC : Klik Disini
a. Roadmap Penelitian
Klik disini untuk melihat Roadmap Penelitian.
b. Topik-topik Riset
Klik disini untuk melihat Topik-topik Riset.
c. Sumber Pendanaan Penelitian
a. Roadmap Pengabdian
b. Aktifitas Pengabdian yang pernah dilakukan.
c. Sumber Pendanaan Pengabdian
a. Daftar Publikasi Dosen Pengampu di UPPS
Klik disini untuk melihat Daftar Publikasi Dosen Pengampu di UPPS.
Klik disini untuk melihat daftar kerjasama.
2. Sarana Fisik
3. Sarana Virtual
Kontak kami :
Kampus Fakultas Ekonomi UNJ
Program Studi S-2 Magister Akuntansi
Gedung R.A Kartini Lantai 9 Universitas Negeri Jakarta