FAKULTAS EKONOMI UNJ MENGADAKAN KEGIATAN CULTURAL VISIT

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta mengadakan kegiatan cultural visit bersama dengan Prof. Dr. Helmut Weber di Museum Bank Indonesia dan Kawasan Kota Tua Jakarta, Selasa (5/3/2024). Prof. Dr. Helmut Weber merupakan pakar Pakar Sains dan Manajemen Regional yang berasal dari Jerman.

Cultural visit yang dilaksanakan di Museum Bank Indonesia dan Kawasan Kota Tua tersebut bertemakan “Consumer Behavior in Tourism and Hospitality: Kota Tua and Bank Indonesia Museum”. Rangkaian kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari diawali pada Senin, 4 Maret 2024 dengan pembekalan peserta mengenai bagaimana caranya melakukan penelitian kualitatif yaitu dengan metode wawancara dan observasi. Selain itu, peserta juga diminta untuk membuat list pertanyaan dan observasi yang akan menjadi acuan mereka dalam melaksanalan kegiatan cultural visit.

 

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk melakukan cultural visit dengan melakukan observasi dan wawancara kepada wisatawan yang berkunjung ke Museum Bank Indonesia dan kawasan kota tua, baik itu wisatawan domestik atau mancanegara.

 

Pada hari ketiga, 6 Maret 2024, Prof. Dr. Helmut Weber melakukan evaluasi kepada para peserta mengenai apa yang telah mereka dapatkan dari wawancara ataupun observasi yang telah dilakukan. Para peserta cultural visit terdiri dari mahasiswa program studi Pendidikan Bisnis, mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan mahasiswa program studi Administrasi Pemasaran Digital. Mahasiswa dari program studi lainnya di lingkungan Fakultas Ekonomi juga turut menjadi perwakilan pada agenda ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam melakukan studi kualitatif. Sehingga, ke depannya semakin banyak penelitian kualitatif yang dihasilkan sebagai output dari skripsi maupun tugas akhir mahasiswa. Diharapkan kerja sama internasional dengan SES melalui visiting scholar dari Jerman ini juga turut menambah exposure mahasiswa dalam kancah internasional dan kegiatan ini bisa terus berlanjut untuk tahun-tahun mendatang.