Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) Berpartisipasi dalam Sidang Pleno dan Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional APSMBI 2024 di Palembang

Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ), dengan bangga ikut serta dalam sidang pleno yang diadakan oleh Aliansi Program Studi Manajemen dan Bisnis Indonesia (APSMBI) di Palembang. FE UNJ mengirimkan 2 orang sebagai delegasi yaitu Prof. Agung Dharmawan Buchdadi, Ph.D., Koordiantor Program Studi S1 Manajemen, serta Titis Fatarina Mahfirah, S.E., M.S.M., Ketua Gugus Penjaminan Mutu, dalam acara tersebut. Acara ini, yang berlangsung pada tanggal 5-6 Maret 2024, menandai kolaborasi penting yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi lulusan dalam program Manajemen dan Bisnis di seluruh Indonesia.

Dipersembahkan oleh Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sriwijaya, bekerja sama dengan Universiti Teknologi MARA Malaysia, Sidang Pleno APSMBI mengundang perwakilan dari program studi Manajemen dan Bisnis dari perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Fokus utamanya adalah mendiskusikan kurikulum pembelajaran berbasis Outcome Based Education (OBE) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan kompetensi lulusan.

Dr. Muhammad Ichsan Hadjri, M.M., Ketua Panitia Pelaksana Sidang Pleno APSMBI di Palembang, menegaskan pentingnya acara ini, yang dihadiri oleh 115 delegasi yang mewakili berbagai program studi Manajemen dan Bisnis. Tujuannya adalah untuk membahas kurikulum pembelajaran berbasis OBE, dengan tujuan meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan kompetensi lulusan.

Sidang pleno dimulai pada tanggal 5 Maret 2024, di Aula Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya. Para tamu terhormat termasuk Dr. Ulil Hartono, S.E., M.Si, Ketua Dewan Pengurus Nasional APSMBI, Prof. Dr. Harjum Muharam, S.E., M.Si, Sekretaris Dewan Pengawas Nasional APSMBI, serta anggota lainnya. Juga hadir adalah pejabat fakultas dari Universitas Sriwijaya, dipimpin oleh Prof. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.E., Dekan Fakultas Ekonomi, yang didampingi oleh Wakil Dekan, Ketua Jurusan, dan dosen-dosen.

Pada malam harinya, para delegasi dihormati dengan acara penyambutan yang diselenggarakan oleh Plt. Gubernur Sumatera Selatan, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Drs. H. Sutoko, M.Si, bersama pejabat pemerintah provinsi di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan.

Pada tanggal 6 Maret 2024, Sidang Pleno APSMBI melanjutkan kegiatannya melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional yang menyasar para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Palembang. Acara ini, yang diadakan di Balai Kecamatan Ilir Barat II, menampilkan presentasi dari delegasi APSMBI dan Malaysia, diikuti dengan kunjungan ke UMKM lokal dan eksplorasi kuliner di Palembang. Inisiatif kolaboratif ini, bertema “Tantangan dan Peluang Ekonomi-Sosial Global bagi UMKM dalam Transisi dari Era Digital 4.0 ke 5.0,” dimungkinkan melalui kemitraan antara APSMBI, Kecamatan Ilir Barat II, Fakultas Ekonomi, Universitas Sriwijaya, dan Universiti Teknologi MARA Malaysia.

Lampiran :

  1. Serifikat peserta

Dokumentasi :