Program Kelas Praktisi Mengajar Universitas Negeri Jakarta Pengembangan Diri dan Profesionalisme

Pada hari Rabu 7 Juni 2023, telah berlangsung kegiatan kelas praktisi mengajar yang dilakukan di Gedung Ki Hajar Dewantara lt.9, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. Acara tersebut dimulai Pada Pukul 13:00 WIB  dan diisi oleh dosen praktisi mata kuliah Pengembangan Diri dan Profesionalisme, yaitu menghadirkan Sdr. Reza Rahadian yang merupakan aktor dan produser film dengan didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Diri dan Profesionalisme Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta yaitu  Ibu Widya Parimita, S.E., M. PA, yang diselenggarakan oleh Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital, Universitas Negeri Jakarta dan didukung oleh Kemendikbudristek, lpdp RI, Praktisi Pengajar, Ditjen Pendidikan Vokasi, dan Kampus Merdeka.

 

Kegiatan yang bertajuk “Kuliah Kolaborasi Praktik Mengajar bersama Reza Rahadian” ini turut dihadiri oleh pimpinan, dosen, dan 160 mahasiswa D4 Administrasi Perkantoran Digital, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Selanjutnya di dalam kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan dari Koordinator Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital yaitu Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, S.E., M.M. lalu dilanjutkan kegiatan pemaparan materi dari Sdr. Reza Rahadian yang dipandu oleh moderator, yaitu Ibu Widya Parimita, S.E., M. PA selaku dosen pengampu mata kuliah.

 

Dalam paparan materi Sdr. Reza Rahadian berkesempatan menjelaskan tentang pengembangan diri dan profesionalisme, pada isi penyampaian materi tersebut sebagai seorang aktor beliau berpendapat ada beberapa kemampuan yang harus ia kembangkan, salah satunya adalah literasi. Lalu ada mengenai kedisiplinan diri yang menurut ia harus dimiliki oleh setiap orang, dan dia menyinggung masalah etos kerja bagi kaum muda. Ia berkomentar seperti “Work ethic sangat penting, mungkin anak muda bisa mudah tertekan dalam lingkungan kerja dan mudah untuk ajukan surat resign”. Selanjutnya ialah upgrade diri merupakan hal yang penting untuk dilakukan di era ini. Untuk itu, ia mengajak dan berharap setiap mahasiswa tidak hanya mengembangkan kemampuan di dalam kampus tetapi juga di luar kampus. 

 

Mengenai disiplin diri seorang Reza Rahadian yang sebagai aktor, dia bercerita dengan mengasahnya di lokasi shooting film. Menurut dia produksi sebuah film sangat membutuhkan disiplin diri di samping ketahanan fisik. Aktor yang juga mempunyai pengalaman sebagai prosedur ini membocorkan insight set film. “Kedisiplinan seorang aktor akan teruji saat berhadapan dengan menghafal naskah, penjiwaan karakter, bahkan hal teknis seperti posisi atau blocking dalam pengambilan gambar.”jelasnya. Selain itu Reza menyampaikan apresiasi terhadap program yang membawa praktisi industri ke lingkungan akademik ini. Dia berharap dapat terlibat lagi dalam program praktisi mengajar yang akan datang.  

 

Dalam Praktisi Mengajar sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesionalis di dunia kerja. Para praktisi yang mengajar di perguruan tinggi berasal dari industri, BUMN, wirausahawan, praktisi, seniman, peneliti, maupun instansi pemerintah dalam dan luar negeri. Berjejaring dengan pengajar praktisi ahli dan menyadarkan mahasiswa akan potensi mereka di dunia kerja. Memperoleh pengalaman hard skills dan soft skills, serta memperkuat dan menambah kompetensi mahasiswa. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat meningkatkan kualitas lulusan UNJ dan kesiapan mahasiswa D4 Administrasi Perkantoran Digital untuk  memasuki dunia kerja.

 

Lampiran :

  1. Undangan Program Kelas Praktisi Mengajar Universitas Negeri Jakarta Pengembangan Diri dan Profesionalisme

Dokumentasi :