PENGABDIAN MASYARAKAT PELATIHAN DIGITAL MARKETING SMKN 3 JAKARTA

P2M atau Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Mei 2023 pukul 08.00 – 11. 00 WIB yang bertempat di SMKN 3 Jakarta dengan jumlah peserta sebanyak 32 siswa. 

Adapun MC dan Moderator dari acara tersebut adalah Marcia Lusyana Evhlin dan Cindy Bun yang merupakan mahasiswi S1 Pendidikan Bisnis UNJ. Dalam acara P2M tersebut terdapat sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ibu Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd. dan Bapak Drs. Toali, M.M. selaku Wakasek Bidang Humas SMKN 3 Jakarta.

  

Narasumber dalam acara tersebut yaitu Kak Muhammad Hashfi Aufar, S.Pd. yang merupakan alumni dari Prodi S1 Pendidikan Bisnis serta Founder dan CEO dari Kelas DiGi.

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber dalam pelatihan tersebut adalah mengenai digital marketing yang merupakan proses dimana perusahaan menciptakan nilai dan membangun hubungan pelanggan, agar mendapatkan imbalan dari pelanggan melalui media digital seperti, website social media: Facebook, YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, LinkedIn, Snapchat dan lain sebagainya. Di dalam digital marketing terdapat istilah value yang merupakan kombinasi kualitas, layanan, dan harga (qsp) yang disebut the costumer value triad. Kita juga dapat menganggap marketing sebagai identifikasi, kreasi, komunikasi, pengiriman, dan pemantauan pelanggan. Selain itu juga terdapat istilah brand yang merupakan nama, istilah, tanda, symbol atau desain, atau kombinasi keduanya, dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau layanan dari satu penjual atau grup penjual dan untuk membedakan (diferensiasi) mereka dari pesaing. Adapun untuk meningkatkan prospek digital marketing, kita memerlukan strategi diantaranya yaitu Kita harus mempelajari selera audiens, menentukan platform yang mau disasar, menciptakan konten yang menarik, menjadwalkan waktu posting dan evaluasi konten digital. Adapun peluang karir yang akan diperoleh di bidang digital marketing diantaranya yaitu sebagai Social Media Strategist, Social Media Spesialist, Copywriter, Content Writer, SEO/SEM Specialist, Design Grafis, Web/Mobile Developer, UI/UX Designer, PPC Spesialist, dan CRM.

Setelah pemaparan materi selesai, terdapat sesi tanya jawab dan terdapat tiga pertanyaan yang diajukan diantaranya yaitu (1) Media sosial mana yang lebih efektif untuk meningkatkan brand awareness pada brand Kuliah di Turki? Kuliah di Turki menggunakan Tiktok dan Instagram untuk mempromosikan brand-nya dengan menyajikan konten-konten yang menarik bagi konsumen. (2) Bagaimana cara meningkatkan digital marketing di era sekarang? Kita harus bisa memahami audiens kita untuk memaksimalkan promosi produk. Selain itu juga, kita harus bisa berinteraksi dengan konsumen melalui sosial media seperti membalas pertanyaan mereka di kolom komentar atau DM, membuat Q&A di Instagram untuk mengetahui minat audiens kita dan juga harus bisa menjaga kepercayaan konsumen. (3) Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri kita untuk membuat suatu konten? Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri, diantaranya yaitu kita harus bergaul dengan teman yang selalu support kita, mencoba mengikuti rapat dan bertanya selama rapat berlangsung, serta tidak terlalu mempedulikan komentar negatif dari orang lain.

Berikut adalah sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber: