Webinar Internasional “Applied Research for Vocational Students”

Mahasiswa D4 Administrasi Perkantoran Digital FE UNJ Bersama dengan Dr. Mahmoud Rababah menyelenggarakan acara Internasional Webinar berjudul “Applied Research for Vocational Students”. Acara internasional webinar ini dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Februari 2023. Acara ini dilakukan melalui media Zoom Meeting dihadiri oleh 75 peserta termasuk MC dan Moderator. Acara dimulai pukul 14.00 WIB diawali dengan pembukaan MC yaitu Oscar Satria dan Dinda Mandasari, dan kepala program studi D4 Administrasi Perkantoran Digital Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor,S.E.,M.M sebagai moderator acara. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bapak Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Dr. Indra Pahala, M.Si.pada pukul 14.10.

Sebelum memasuki pemaparan materi, MC memperkenalkan Moderator pada acara ini, yaitu Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM.. Pada pukul 14.15 sampai pada pukul 14.20 kemudian Moderator memperkenalkan dan membacakan CV dari narasumber pemateri yang dimana adalah Dr. Mahmoud Rababah , Dosen AL – Balqa Applied University Jordan. Beliau mulai menyampaikan materi pada pukul 14.20. Beliau menyampaikan bahwa applied research merupakan jenis desain penelitian yang berusaha memecahkan masalah tertentu atau memberikan solusi inovatif untuk masalah yang mempengaruhi individu, kelompok, atau masyarakat Ini sering disebut sebagai metode penyelidikan ilmiah atau penelitian kontrak karena melibatkan penerapan praktis metode ilmiah untuk masalah sehari-hari. Dr. Mahmoud Rababah menerangkan applied research bertujuan untuk meningkatkan tempat dimana kita meliti, serta hal ini juga ditujukan sebagai solusi untuk memecahkan masalah terhadap variable yang diteliti. Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat 3 tipe bentuk applied research :

  1. (Evaluation Research) Penelitian Evaluasi Penelitian evaluasi menganalisis informasi yang ada tentang subjek penelitian untuk sampai pada hasil penelitian yang obyektif atau mencapai keputusan yang tepat.
  2. ( Research and Development) Penelitian dan pengembangan produk atau jasa baru Riset dan pengembangan berfokus pada pengembangan produk dan layanan baru berdasarkan kebutuhan pasar sasaran.
  3. (Action Research ) Penelitian Tindakan Penelitian tindakan bertujuan untuk memberikan solusi praktis untuk masalah bisnis tertentu dengan mengarahkan bisnis ke arah yang benar.

 

Narasumber juga menyampaikan perbedaan dari Applied Research (Penelitian Terapan) dan Basic Research (Penelitian Dasar) yang dimana, menurut beliau, penelitian terapan adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan tertentu secara praktis, sedangkan penelitian dasar adalah penelitian yang jenis penelitian yang ditujukan untuk memperluas pengetahuan daripada memecahkan masalah.

Penelitian terapan menurut Dr. Mahmoud Rababah menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan data dari sumber langsung. Informasi ini kemudian dilihat dan ditafsirkan secara berbeda untuk menghasilkan hasil atau kesimpulan yang berharga. Sebagian besar penelitian terapan di bidang ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji berbagai cara dalam melakukan sesuatu dengan mencobanya dalam situasi yang berbeda. Ini didasarkan pada pengamatan dan deskripsi yang akurat tentang dunia nyata. Metode pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian terapan untuk mengumpulkan bukti empiris yang selanjutnya dilakukan eksperimen untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid. Dr. Mahmoud Rababah menjelaskan metode pengumpulan data dalam penelitian terapan: 1. Wawancara Wawancara adalah metode pengumpulan data kualitatif yang melibatkan interaksi atau diskusi satu lawan satu dengan subjek penelitian untuk mengumpulkan informasi yang relevan yang dapat berfungsi sebagai data empiris. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan perekam audio, kamera digital, atau camcorder. 2. Kuisioner Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab Dr. Mahmoud Rababah kemudian menjelaskan tentang contoh penelitian terapan 1. Sebuah studi tentang bagaimana meningkatkan buta huruf pada remaja 2. Sebuah studi mencari cara untuk memasarkan produk ke generasi milenial 3. Sebuah studi sedang mencoba untuk mengurangi penipuan pada platform media sosial. 4. Sebuah studi mencari cara untuk mendorong lulusan SMA untuk kuliah Serta narasumber menyampaikan manfaat dari applied research yaitu berfungsi sebagai cara untuk memecahkan masalah yang ada, penelitian terapan memiliki beberapa manfaat. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan penelitian terapan: 1. Menghemat uang bisnis dengan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik 2. Menciptakan tujuan baru 3. Merancang produk dan layanan baru 6 Penyampaian materi oleh narasumber yaitu Dr. Mahmoud Rababah selesai pada pukul 15.28. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada Dr. Mahmoud Rababah dari mahasiswa yang dipandu oleh Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM selaku moderator.

Sesi Diskusi
1. What is the most difficulty when Mr. Dr. Mahmoud Rababah make a applied research and tips and trick?(oscar)
The most difficult is to find the problem, you have to understand the problem of your study and how you create a solution of your problem.

2. What if we do applied research on a company but the company doesnt allow us to use the company name cause of privacy concerns, what should we do to response that problem?(hizkia)
Just use the fake name X for example.

3. How to overcome difficulty when preparing research all the procces of the collecting data for research? (tita sulastri)
Sometimes you make a interviwes, you have to do observation and have to focus grub, and make a timetable track, timeline and to contact everyone in purpose of your study.

4. In qualitative data collection, we must make a guidelines for interview question, should the question, when we ask the informan have to be refference the previous theory research or not? (Dr. Christian W)
The guidelines derive from a research questions.

Beragam pertanyaan disampaikan oleh beberapa mahasiswa hingga sesi tanya jawab yang dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada narasumber dan juga sesi dokumentasi yang dipandu oleh MC yang selesai pada pukul 15.42. Setelah acara dokumentasi, acara diakhiri dengan penutupan oleh MC.

 

Evaluasi Kegiatan dan Rekomendasi

    Kegiatan berjalan dengan sangat baik. Narasumber dapat membawakan materi dengan baik dan materi yang disampaikan memberikan pemahaman mengenai langka apa yang harus dilakukan dalam membuat suatu penelitian

 

Lampiran :

  1. Undangan Narasumber Webinar Internasional “Applied Research for Vocational Students”
  2. TOR Webinar Internasional “Applied Research for Vocational Students”
  3. PPT Materi Webinar Internasional “Applied Research for Vocational Students”
  4. Certificate Narasumber Webinar Internasional “Applied Research for Vocational Students”