WORKSHOP INTERNATIONAL “Methods of Syllabus Development And Teaching Methods For Applied Sciences”

Pada hari Jumat, 1 Maret 2024, telah diselenggarakan implementasi kerja sama internasional dalam bentuk International Workshop: Methods of Syllabus Development and Teaching Methods For Applied Sciences Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta bersama Prof. Dr. Helmut Weber dilaksanakan di lantai 8 Gedung Raden Ajeng Kartini Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Acara ini diikuti peserta dari dosen-dosen Fakultas Ekonomi.

 

Acara ini diawali dengan para peserta mengisi daftar hadir kemudian memasuki ruangan. Selanjutnya, acara dibuka oleh Prof. Usep Suhud, M.Si sebagai Dekan FE UNJ. Kemudian dilanjutkan pemberian materi oleh Prof. Dr. Helmut Weber mengenai metode pembuatan syllabus dan metode-metode pembelajaran. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Workshop Kurikulum yang sebelumnya dilakukan di Hotel Harris Bekasi pada 27-28 Februari 2024.

 

Prof. Dr. Helmut Weber menyebutkan bahwa Syllabus merupakan tanggung jawab dosen dan menurut pengalamanya mengembangkan syllabus merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan waktu yang lama, secara garis besar beliau menjelaskan tentang konsep dan prinsip-prinsip dasar dalam pembuatan syllabus yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Prof Weber juga menjelaskan satu contoh silabus dari sustainability tourism course yang diambil berdasarkan pengalamannya saat menjadi narasumber di Vietnam bahwa silabus dapat dibangun berdasarkan tujuan yang kuat yang menjadi dasar adanya mata kuliah tersebut, sesuai dengan visi misi Fakultas, Prodi, profil lulusan, capaian mata kuliah yang ingin dicapai dari mata kuliah sustainability tersebut, sehingga pada prosesnya, mahasiswa dapat memahami tentang apa sustainability itu, memahami strategi untuk mencapai sustainability pada pariwisata, dan bagaimana konsep-konsep umum hingga konsep yang spesifik terkait sustainability pada pariwisata sehingga mampu memperoleh suatu analisa dari segi ekologi maupun ekonomi disuatu daerah tersebut.

 

Setelah pemaparan dari Prof Weber selesai, maka sesi tanya jawab dibuka. Banyak dari para dosen yang bertanya serta berdiskusi. Setelah sesi pertanyaan dan diskusi, acara ditutup dengan kesimpulan dari Moderator, Bapak Adnan Kasofi yang menyatakan bahwa silabus ini merupakan jembatan komunikasi antara dosen dan mahasiswa, sehingga sebagai dosen harus bertanggung jawab terhadap kualitas mata kuliah yang di emban, dan kualitas tersebut dimulai dari kesiapan silabus yang digunakan, proses dan keberlangsungan mata kuliah tersebut, hingga output yang dihasilkan dari perkuliahan tersebut. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk para Dosen dan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di Fakultas Ekonomi.

 

Lampiran :

  1. PPT Materi

Dokumentasi :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *