Webinar International Practitioner “Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibition (MICE)”

Pada hasri Sabtu, 18 Maret 2023 prodi D4 Administrasi Perkantoran Digital kembali mengadakan webinar dalam lingkup internasional. Webinar International Practitioner  kali ini mengangkat tema Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibition (MICE). Webinar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Administrasi Perkantoran Digital angkatan 2021. Webinar International Practitioner yang dilaksanakan hari ini berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan rencana, semua itu berkat bantuan dan partisipasi dari semua pihak yang berperan aktif di dalamnya. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan di bidang industri dimana mereka perlu menyeimbangkan dan mensejajarkan diri dalam dunia kerja di era industri, jadi agar siswa mampu mengatasi dan menghadapi tantangan di luar, baik secara nasional maupun internasional. Webinar kali ini menghadirkan narasumber yang keren dan memiliki wawasan yang luas dan sesuai dengan tema yang diangkat. Narasumber kali ini bernama Lalla Sanaa El Massin El Fellah. Sana merupakan seorang pembuat konten perjalanan, Kandidat MBA, tesis kepedulian keberlanjutan, dan ekosistem bisnis digital.

Webinar International Practitioner terlaksana pada Sabtu, 18 Maret 2023 dan berlangsung di aplikasi Zoom Cloud Meetings. Webinar ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dibuka oleh Master of Ceremony (MC) yaitu Gracia Irena Saputri dan Elisabeth Setyani Krismawarti pada pukul 14.00 WIB sampai 14.05 WIB. 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM. selaku Koordinator Prodi D4 Administrasi Perkantoran Digital.

Lalu dilanjutkan sambutan dari Bapak Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

 

Selanjutnya adalah perkenalan Moderator oleh MC. Moderator kita adalah Dr. Widya Paramita, S.E., M.PA. selaku dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Pada pukul 14.20  Perkenalan moderator diawali dengan pembacaan CV Moderator sekaligus MC membacakan peraturan selama pemaparan materi berlangsung.

Selanjutnya, pada pukul 14.25 WIB sampai 15.04 WIB tibalah di bagian pemaparan materi. Pemaparan materi yang dibawakan oleh Lalla Sanaa El Massin El Fellah membahas tentang Revolutionizing MICE Tourism: The Power of Design Thinking. Materi ini tentang bagaimana desain acara yang inovatif mengubah cara berpikir kita tentang konferensi dan acara. Pemikiran desain adalah proses terstruktur yang membantu perencana acara memprioritaskan kebutuhan peserta, berkolaborasi dengan orang yang berbeda, dan menguji serta meningkatkan ide-ide mereka. Ini penting karena membantu perencana acara membuat peserta tetap terlibat dengan konten yang relevan dan terhubung satu sama lain menggunakan platform digital. Dengan menggunakan pemikiran desain dalam perencanaan acara, penyelenggara acara dapat berkreasi lebih menarik dan berdampak pengalaman bagi peserta. Pendekatan ini menempatkan peserta di pusat proses desain acara, menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan berdampak, serta mengulangi dan menguji solusi secara terus-menerus meningkatkan acara. Dengan memahami perspektif dan preferensi unik dari generasi z, pemikiran desain dapat memberikan wawasan dan peluang berharga untuk menciptakan pengalaman yang bermakna dan relevan. Pendekatan ini dapat memungkinkan bisnis dan organisasi untuk beradaptasi dan berkembang di dunia yang berubah dengan cepat, sekaligus melibatkan dan memberdayakan generasi pemimpin dan inovator berikutnya.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Bapak Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM sebagai Moderator pengganti dikarenakan Moderator utama terdapat keperluan lain. Sesi tanya jawab dilakukan pada pukul 15.04 sampai 15.51 WIB.

Lalu dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri pada pukul 15.51 sampai 15.53 WIB oleh MC yaitu Gracia Irena Saputri dan Elisabeth Setyani Krismawarti.

 

Dan selanjutnya dilakukan sesi dokumentasi oleh HPD yaitu Fakhrul Aimar Muttaqin pada pukul 15.53 sampai 15.55 WIB.

Kemudian sampailah pada penghujung acara. Pada pukul 15.55 sampai 15.57 WIB dilakukan penutupan acara yang dilakukan oleh MC yaitu Gracia Irena Saputri dan Elisabeth Setyani Krismawarti.

 

Lampiran :

  1. Application Internasional Webinars
  2. Term of Reference Internasional Practicioner
  3. PPT Webinar International Practitioner “Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibition (MICE)”