Pelatihan Dalam Membuat Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Aplikasi Canva Dan Camtasia terhadap Guru SMKN 50 Jakarta

Pada tanggal 30 Januari tahun 2020, dunia dikejutkan dengan wabah virus corono (Covid19) yang menginfeksi hamper seluruh Negara di dunia, terlebih di Indonesia. Menurut WHO sejak bulan januari tahun 2020 telah menyatakan dunia masuk kedalam darurat global terkait virus tersebut. Kemudian Pada tanggal 12 Februari 2020, WHO resmi menetapkan penyakit novel coronavirus pada manusia ini dengan sebutan Coronavirus Disease (COVID-19). COVID-19 disebabkan oleh SARS-COV2 yang termasuk dalam keluarga besar coronavirus yang sama dengan penyebab SARS pada tahun 2003, hanya berbeda jenis virusnya.

Pandemi merupakan wabah penyakit yang terjadi secara menyeluruh yang tersebar luas keberbagai penjuru dunia. Dengan kata lain, Covid-19 ini sudah menjadi masalah bersama warga dunia. Dengan ditetapkannya wabah corona sebagai pandemik, maka Pemerintah Republik Indonesia mulai secara cepat menerapkan berbagai kebijakan dalam rangka tanggap untuk menganjurkan warganya menerapkan social distancing atau mengisolasi diri dirumah atau ditempat yang ditunjuk Pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus yang semakin meluas. Karena semakin mewabahnya virus COVID-19 yang berdampak luas bagi sektor penting di Indonesia terutama pada sektor pendidikan Di Indonesia, kegiatan yang melibatkan kumpulan orang orang, kini mulai dibatasi di Indonesia seperti bersekolah, beribadah, bekerja dan lain-lain. (Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri,2020).

Pada tahun 2014 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengembangkan program Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu (PDITT), yang diluncurkan tanggal 15 Oktober 2014 oleh Wakil Presiden Boediono. Kemudian 18 September 2016, berganti nama menjadi Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).

Jadi memang Pembelajaran Daring atau Jarak Jauh sudah diatur oleh Pemerintah sejak Tahun 2014. Dengan adanya Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak secara langsung dan membatasi Kegiatan Pembelajaran secara Tatap Muka , kegiatan Pembelajarang daring dipandang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memutus matarantai penyebaran Covid-19 pada sector Pendidikan. Kegiatan belajar mengajar di Indonesia sebagian besar berubah dan harus menyesuaikan ditengah merebaknya kasus covid-19.

Keadaan Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, memaksa Insan Pendidikan (Guru-guru) untuk dapat memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya untuk tetap menjalankan kegiatan pembelajaran ditengah pandemi. Hal tersebut merupakan suatu keharusan yang tidak bisa dihindari demi tetap berjalankan kegiatan belajar mengajar. Namun muncul permasalahan baru, diduga belum siapnya Guru-guru dalam memanfaatkan Aplikasi Pembelajaran Digital menjadi kendala yang serius dan harus mendapatkan perhatian khusus dari semua pihak, karena apabila dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan kualitas pendidikan di Indonesia akan menurun. Sistem pembelajaran yang berubah ini membawa dampak besar dalam sektor pendidikan Khususnya di Indonesia. Perubahan pembelajaran tersebut merupakan keadaan yang mengharuskan memasuki literasi informasi dalam budaya akademik (Nursobah, 2020).

Salah satu penyebab dari perubahan besar ini adalah dikarenakan pembelajaran daring ini dilakukan secara tiba-tiba, dengan demikian hal ini berakibat besar pada kesiapan Guru, siswa dan orang tua siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang belum sepenuhnya didukung oleh Pengetahuan dan Keterampilan Guru, siswa dalam memanfaatkan Infrastruktur Media Pembelajaran Digital. Terlebih lagi akibat dari dampak pandemik corona yang melanda sehingga pembelajaran tidak berjalan maksimal karena harus tetap di rumah dan menerapkan physical distancing (Abidin, 2020). Dengan belajar di rumah, kesulitan yang paling besar yang dihadapkan bagi Guru adalah saat menjalankan metode belajar di rumah. Oleh sebab itu, segala cara harus dilakukan supaya ada peningkatan yang signifikan meskipun pembelajaran dilakukan secara daring (jarak jauh).

Penggunaan media digital dalam hal ini video Pembelajaran memang bukanlah hal yang baru dalam dunia Pendidikan di Indonesia, karena dengan adanya video pembelajaran akan memberikan nuansa yang lebih menarik bagi guru ataupun siswa. Oleh karena itu Pengetahuan, Keterampilan dan Penguasaan Aplikasi Pembelajaran Digital meliputi, membuat, mengedit, mengolah dan memanfaatkan, mengunggah video menjadi Keterampilan yang harus dikuasai oleh Guru-guru bukan hanya dimasa pandemi saat ini saja.

Tim PPM pengabdian masyarakat telah melakukan diskusi awal dengan beberapa Guru SMK di Jakarta Timur. Para guru tersebut menjelaskan keinginan mereka untuk mendapatkan pelatihan keterampilan dalam membuat media Pembelajaran Digital dengan menggunakan Aplikasi terkait dengan pembelajaran. Sebagian besar Guru masih kesulitan dalam memanfaatkan media digital untuk diimplementasikan dalam kegiatan belajar daring (pendidikan jarak jauh). Hal tersebut terkadang menjadi kendala yang serius bagi guru-guru dalam pembelajaran yang efektif dan efisien. Para Guru tersebut juga menyadari bahwa kemampuan terkait Pembuatan Media Pembelajaran Digital masih tergolong dalam taraf rendah. Masih banyak hal yang perlu dipelajari atas keterampilan penggunaan media digital dalam pembelajaran yang berguna bagi guru itu sendiri maupun bagi transfer pengetahuan kepada siswa-siswa. Oleh karena itu, melalui kegiatan PPM berupa pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran digital dimasa pandemi covid-19 untuk para guru SMKN 50 Jakarta. SMK Negeri itu dipilih karena telah menjalin kerjasama kemitraan dengan Fakultas Ekonomu UNJ.

Dengan berbagai pertimbangan, kegiatan pengabdian masyarakat ini penting dan mendesak untuk dilakukan agar mitra PPM ini bisa memiliki Pengetahuan dalam pembuatan media pembelajaran digital, yang tujuan utamanya dapat diimplementasikan pada kegiatan belajar mengajar melalui daring (Pendidikan Jarak Jauh) ataupun melalui tatap muka.

 

Lampiran :

  1. Laporan Kegiatan Pelatihan Dalam Membuat Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Aplikasi Canva Dan Camtasia) kepada Guru SMKN 50 Jakarta

 

Dokumentasi :