Studi Banding Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (Program Studi Administrasi Perkantoran Digital, Akuntansi Sektor Publik, dan Pemasaran Digital)

Kegiatan Studing Banding Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan Vokasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dibuka oleh Wakil Dekan 1 Bagian Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Prof. Usep Suhud, Ph.D, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Dr. Siswanto. Kegitan dilakukan di ruang ramah tamah lantai 2 FE UNY pukul 10.00 WIB. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta menyambut baik kedatangan dari perwakilan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Selanjutnya acara dipandu oleh Wakil Dekan 1 bidang Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Setyabudi Indartono, Ph.D. Dalam paparan dan diskusi antar Koordinator Program Studi,  Pertama, sarjana terapan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sudah dimulai dari tahun 2018 dan menerima mahasiswa baru dimulai dari 2019. Saat ini mahasiswa FE UNY masuk di semester 7. Kedua, kurikulum D4 ditunjang dengan praktikkum dan penambahan mata kuliah baru yang mendukung mahasiswa untuk lulus nanti.

Untuk magamg mahasiswa FE UNY menerapkan metode:

  1. PIT (Praktik Industri Terbimbing): 6 SKS à 2 bulan (1 Divisi)
  2. PIM (Praktik Industri Mandiri): 12 SKS à 4 bulan (Beda Divisi)

Selama 6 bulan itu minimal 3 divisi yang sesuai dengan profil lulusan prodi. Untuk laporan magangnya berisi 2 content yakni PIT dan PIM yang kemudian dilakukan sidang magang.

Untuk tugas akhir mahasiswa vokasi FE UNY yang dipakai sebagai syarat kelulusan sifatnya terapan. UNY  menerapkan 2 pendekatan yakni kuantitatif dan kualitatif dalam tugas akhir dikarenakan sudah ada 2 mata kuliah yang didapatkan mahasiswa yakni metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Mahasiswa bebas untuk memilih metode penelitian apa pada saat tugas akhir. 

Topik tugas akhir mahasiswa vokasi FE UNY mengacu dari permasalahan di tempat magang setelah 6 bulan, kemudian diangkat menjadi topik penelitian tugas akhir. Bagi pendekatan kualitatif, berupa studi kasus yang diarahkan applied untuk mengatasi masalah yang ada di perusahaan/organisasi. Solusi yang benar benar bisa diterapkan oleh organisasi. Sebaliknya, bagi pendekatan kuantitatif, diarahkan memakai uji statistic regresi dengan minimal 3 variabel.

Selain itu, salah satu syarat kelulusan mahasiswa selain tugas akhir yakni membuat artikel yang di publikasi di jurnal untuk mahasiswa. Adapun program penunjangnya yakni program percepatan tugas akhir di semester 7.

 

Lampiran :

  1. Surat permohonan Studi Banding UNY
  2. Surat Jawaban Studi Banding dari FE UNJ
  3. Rundown Studi Banding UNY

Dokumentasi :