Program Studi D-III Administrasi Perkantoran

GRK.816 (R. Koorprodi TN & D3 SK) (1)1. Visi Program Studi

Menjadi Program Studi D3 terpilih dan terakreditasi unggul dalam menghasilkan Ahli Madya di bidang sekretari yang memiliki daya saing tinggi, professional dan berakhlak mulia, mampu mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta seni yang diimbangi oleh kecerdasan emosional dan spiritual dalam mengembangkan kreatifitas di bidang kesekretarisan, dapat diterapkan dalam dunia bisnis modern serta mampu bersaing dengan Program Studi lainnya dalam skala nasional.

2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi: pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara seimbang dan berkesinambungan.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran yang efektif dan berdaya saing melalui kapasitas sumber daya manusia yang tinggi baik tenaga kependidikan akademik maupun tenaga kependidikan administrasi yang professional di bidangnya.
  3. Menciptakan sumber daya manusia di bidang sekretaris yang memiliki berbagai kompetensi inti bidang kesekretarisan dan mampu mengembangkan inovasi-inovasi baru di bidang sekretaris.
  4. Membentuk jaringan kerjasama yang saling menguntungkan antar Program Studi, dunia usaha dan bisnis, pihak swasta, pemerintah dan stakeholder

3. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan dengan IPK > 3.00
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai dengan baik ilmu dan teknologi informasi serta ilmu kesekretarisan dengan nilai minimal B.
  3. Meningkatkan proses pembelajaran yang efektif dan disiplin untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan kehadiran tatap muka minimal 80% dan rata-rata ketuntasan belajar mencapai 85%.
  4. Membuka dan mengembangkan hubungan dan relasi dengan dunia bisnis yang menjadi sasaran bagi alumni Program Studi.
  5. Mengembangkan jam khusus secara terpadu dan intensif untuk praktek kesekretarisan serta materi etika dalam berbisnis dan profesi.
  6. Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide secara mandiri melalui seminar dan workshop oleh praktisi, aktif terlibat dalam diskusi-diskusi ilmiah, perkembangan teknologi informasi dan dalam bahasa inggris dan Jepang khususnya yang berhubungan dengan kesekretarisan.
  7. Menyediakan layanan akademik yang efektif dan memuaskan mahasiswa.

 4. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi D3 Administrasi Perkantoran diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Sekretaris eksekutif
  2. Sekretaris pribadi
  3. Sekretaris senior
  4. Sekretaris junior
  5. Staf Kesekretariatan
  6. Staf Public Relations
  7. Staf Pelayanan Operasional Perkantoran
  8. Staf Tata Usaha
  9. Entrepreneur

 5. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan kesekretariatan secara profesional dengan mengedepankan etika dan moralitas serta kreativitas dan inovasi;
  2. Mampu memilih prosedur penyelesaian pekerjaan yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data;
  3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah
  4. Mampu menunjukkan kinerja dalam bidang kesekretariatan dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan kesekretariatan dan menerapkan teknologi informasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
  6. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  7. Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun serta menyampaikan laporan tertulis secara komprehensif.
  8. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
  9. Mampu menciptakan konsep yang dapat diaplikasikan dalam ruang lingkup kesekretariatan yang berorientasi pada IPTEK.
  10. Mampu menciptakan keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang kesekretariatan
  11. Memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi profesional secara berkelanjutan;
  12. Mampu menghargai ide, inisiatif, dan hasil karya orang lain, antara lain dengan tidak melakukan plagiarisme;
  13. Dapat menjalin kerjasama mutualis dengan pihak lain, baik perorangan maupun kelembagaan

 6. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Ahli Madya(A.Md)

 7. Akreditasi Program Studi

Program Studi Administrasi Perkantoran (D-III) telah diakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.2680/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XI/2016, tanggal 24 November 2016. SK BAN-PT Nomor 2680 dengan masa berlaku sampai dengan 24 November 2021. Dan kini Sesuai SK Rektor UNJ No. 1714/SP/2017 tanggal 28 November 2017 Program Studi Sekretari (D-III) berubah nama menjadi Administrasi Perkantoran (D-III). Sertifikat BAN-PT D-3 Administrasi Perkantoran

 8. Daftar Nama Dosen

No Nama NIP
1 Dr. Henry Eryanto, M.M. 195801101983031002
2 Marsofiyati, S.Pd., M.Pd 198004122005012002
3
Munawaroh, SE., M.Si 197503302008122002
4 Roni Faslah, S.Pd., M.M. 197510152003121001
5
Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd 198102162014042001
6 Widya Parimita, SE., M.P.A 197006052001122001

 9. Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, Kuis, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktik. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Standar Penilaian baru mulai 104