Program Studi D-III Administrasi Perkantoran

GRK.816 (R. Koorprodi TN & D3 SK) (1)1. Visi Program Studi

Menjadi program studi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia berdaya saing tinggi di bidang Administrasi Perkantoran secara profesional dan berakhlak mulia.

2. Misi Program Studi

  1. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi: pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara seimbang dan berkesinambungan.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis teknologi di bidang administrasi perkantoran.
  3. Menciptakan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan berbagai kompetensi Administrasi Perkantoran.
  4. Membentuk jaringan kerjasama yang saling menguntungkan antar Program Studi dan stakeholder (dunia usaha dan bisnis, pihak swasta, dan pemerintah)
  5. Menciptakan pribadi yang religius, berintegritas, kerja keras dan ikhlas.

3. Motto

Beretika, Kompeten dan Profesional

4. Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang berdaya saing tinggi
  2. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang menguasai Teknologi, Informasi dan Komunikasi.
  3. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang kompeten dan professional.
  4. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang memiliki kemampuan jejaring yang luas.
  5. Menghasilkan ahli madya bidang administrasi perkantoran yang religius, berintegritas, kerja keras dan ikhlas.

 5. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi D3 Administrasi Perkantoran diharapkan dapat bekerja sebagai :

  1. Sekretaris eksekutif
  2. Sekretaris pribadi
  3. Sekretaris senior
  4. Sekretaris junior
  5. Staf Kesekretariatan
  6. Staf Public Relations
  7. Staf Pelayanan Operasional Perkantoran
  8. Staf Tata Usaha
  9. Entrepreneur

 6. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan kesekretariatan secara profesional dengan mengedepankan etika dan moralitas serta kreativitas dan inovasi;
  2. Mampu memilih prosedur penyelesaian pekerjaan yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisis data;
  3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah
  4. Mampu menunjukkan kinerja dalam bidang kesekretariatan dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan kesekretariatan dan menerapkan teknologi informasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
  6. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  7. Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun serta menyampaikan laporan tertulis secara komprehensif.
  8. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
  9. Mampu menciptakan konsep yang dapat diaplikasikan dalam ruang lingkup kesekretariatan yang berorientasi pada IPTEK.
  10. Mampu menciptakan keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang kesekretariatan
  11. Memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi profesional secara berkelanjutan;
  12. Mampu menghargai ide, inisiatif, dan hasil karya orang lain, antara lain dengan tidak melakukan plagiarisme;
  13. Dapat menjalin kerjasama mutualis dengan pihak lain, baik perorangan maupun kelembagaan

 7. Gelar Lulusan

Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Ahli Madya(A.Md)

 8. Akreditasi Program Studi

Program Studi Administrasi Perkantoran (D-III) telah diakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.2680/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XI/2016, tanggal 24 November 2016. SK BAN-PT Nomor 2680 dengan masa berlaku sampai dengan 24 November 2021. Dan kini Sesuai SK Rektor UNJ No. 1714/SP/2017 tanggal 28 November 2017 Program Studi Sekretari (D-III) berubah nama menjadi Administrasi Perkantoran (D-III). Sertifikat BAN-PT D-3 Administrasi Perkantoran

 9. Daftar Nama Dosen

No Nama NIP
1 Dr. Henry Eryanto, M.M. 195801101983031002
2 Marsofiyati, S.Pd., M.Pd 198004122005012002
3 Munawaroh, SE., M.Si 197503302008122002
4 Roni Faslah, S.Pd., M.M. 197510152003121001
5 Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd 198102162014042001
6 Widya Parimita, SE., M.P.A 197006052001122001

 10. Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, Kuis, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan praktik. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Standar Penilaian baru mulai 104