MONITORING DAN EVALUASI PERKULIAHAN  AWAL 107

A. PENDAHULUAN

Fakultas Ekonomi UNJ, melalui Gugus Penjaminan Mutu (GPJM) FE UNJ secara bekala (tiap semester) melakukan monitoring terhadap penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di lingkungan FE UNJ. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan pendidikan dan pengajaran. Adapun salah satu bentuk kegiatan monitoring yang dilakukan adalah monitoring kehadiran dosen di awal perkuliahan, yang dianggap penting untuk dilakukan karena terkait dengan ketuntasan penyampaian materi ajar oleh dosen.

Untuk memenuhi prinsip akuntabilitas pelaksanaan kegiatan tersebut, maka disusun laporan tertulis, yang mendiskripsikan beberapa aspek penting: tujuan dan manfaat laporan, waktu pelaksanaan, anggota tim pelaksana, pelaksanaan kegiatan, serta rekomendasi terkait dengan temuan yang dialami pada saat pelaksanaan.

B. TUJUAN

Kegiatan monitoring kehadiran dosen di awal pekuliahan dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi jumlah kehadiran dosen dalam perkuliahan serta informasi-informasi lain yang terkait. Secara khusus, tujuan kegiatan ini adalah:

  • Mengidentifikasi seksi mata kuliah yang dapat dimonitoring.
  • Mendiskripsikan variasi frekusensi kehadiran dosen.
  • Mendiskripsikan nilai rata-rata kehadiran dosen serta proporsi dosen yang memiliki frekuensi kehadiran di atas dan di bawah rata-rata

C. MANFAAT

Laporan monitoring awal perkuliahan diharapkan dapat menjadi landasan bagi pimpinan program studi dan fakultas untuk melakukan evaluasi serta mengambil tindak lanjut yang diperlukan terkait dengan kehadiran dosen dalam perkuliahan. Selain itu, laporan monitoring kehadiran dosen diharapkan dapat menjadi salah satu dokumen pendukung audit eksternal.

1. DOWNLOAD LAPORAN MONEV AWAL 107

2. DOWNLOAD LAPORAN MONEV 106 UNJ