International Community Service Collaboration Faculty of Economics UNJ X Faculty of Business, Economics and Accountancy UMS Research Bootcamp Training to Enhance Research Competence

Pada hari Kamis, 4 April 2024 telah dilaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dimana kegiatan ini merupakan hasil acara kolaborasi antara Universitas Negeri Jakarta dengan Universiti Malaysia Sabah dengan mengusung tema “Research Bootcamp Training to Enhance Research Competence”. Acara ini dilaksanakan pada pukul 10.10 WIB hingga pukul 11.45 WIB melalui platform Zoom Cloud Meetings yang dihadiri oleh 170 peserta yang terdiri dari perguruan tinggi Universitas Negeri Jakarta, Universiti Malaysia Sabah, serta perguruan tinggi lainnya. Kegiatan pengabdian masyarakat internasional ini diketuai oleh Ati Sumiati, S.Pd., MM dan beranggotakan enam anggota lain nya yaitu Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd, Dita Puruwita S.Pd., M.Si,, Siti Fatimah Zahra S.E.I.,M.E., Andy, MM, Diah Armeliza, S.E., M.Ak, CA, Dr. Muhammad Yusuf, S.E., M.M.

Acara ini dipandu oleh salah satu mahasiswi program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta bernama Diva Maharani. Acara dibuka dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Associate Professor Dr. Mohd. Rahimie Bin Abd. Karim selaku Dekan Fakulti Perniagaan, Ekonomi, dan Perakaunan dari Universiti Malaysia Sabah serta Dr. Indra Pahala, M.Si selaku Wakil Dekan bidang kemahasiswaan dan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Selanjutnya dilakukan sesi dokumentasi.

Narasumber di kegiatan ini yaitu Dr. Muhammad Yusuf, SE., M.M selaku Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan Nur Syifa Nadiastuti selaku Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Negeri Jakarta 2024. Pada kegiatan ini, materi yang dibawakan oleh narasumber yaitu mengakses jurnal nasional dan internasional terindeks, penggunaan software Quillbot, Mendeley, dan Grammarly untuk menghasilkan Kompetensi Penelitian yang lebih baik antara Universitas Negeri Jakarta dan Universiti Malaysia Sabah. Kedua materi ini berlangsung selama 80 menit dengan masing-masing narasumber menjelaskan materi nya selama 40 menit. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab. Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh partisipan mengenai aplikasi yang sebelumnya dipaparkan serta mengenai akses jurnal. Hanya tiga pertanyaan yang dapat diajukan saat acara, hal ini dikarenakan terdapat keterbatasan waktu. Setelah semua rangkaian acara selesai, MC menutup acara dan disertai dengan mengingatkan pada peserta untuk mengisi formulir kehadiran dan Evaluasi acara.