Pelantikan Dr. Siti Nurjanah, M.Si. Sebagai Kepala Pusat LPjM UNJ

Salah satu upaya dalam memajukan bangsa adalah dengan memberikan mutu pendidikan yang berkualitas. Seperti halnya yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Negeri Jakarta (LPjM UNJ) demi membangun perguruan tinggi bermutu. Bertugas untuk memastikan bahwa standar pendidikan telah tercapai sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. Kontribusi dalam memberikan mutu yang berkualitas tidak hanya dilakukan oleh LPjM, melainkan keikutsertaan semua pihak dari berbagai tingkat fakultas.

Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi (GPjM FE) merupakan salah satu penjaminan mutu tingkat fakultas terbaik yang ikut berkontribusi dalam menjadikan UNJ sebagai universitas bermutu. GPjM FE UNJ bertugas dengan menjalankan siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA). Selain itu, GPjM FE UNJ pun menerapkan peningkatan kualitas pengajar dengan diberlakukannya kewajiban para pengajar untuk menerbitkan penelitiannya ke berbagai portal seperti SINTA ataupun Google Scholar. Tak hanya siklus PDCA dan peningkatan kualitas pengajar, GPjM FE UNJ pun mulai tahun 2018 menerapkan prosedur ISO 9001:2015 untuk menjaga mutu.

“Pak Riyadi selaku kepala pusat mampu mempererat hubungan antar anggota GPjM, dan menyusun SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) yang belum dibuat sebelumnya dan sesuai dengan UU No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,” ujar Agus Wibowo M.Pd., selaku Koordinator GPjM FE UNJ yang ditemui Selasa, 4 September 2018.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) meliputi standar-standar guna meningkatkan mutu yang berkualitas seperti standar kurikulum, standar proses pembelajaran, standar dosen, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan, standar penelitian, standar kemahasiswaan, standar suasana akademik, standar sistem informasi, dan standar kerja sama.

Pada tahun 2018, Drs. Riyadi, S.T., M.T.,  selaku Kepala Pusat Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Negeri Jakarta (LPjM UNJ) digantikan oleh Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si., yang dahulunya memegang penjaminan mutu di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. “Pak Riyadi sudah menata rapi segala urusan penjaminan mutu, dan Bu Siti sangat tepat mengemban jabatan tersebut karena sudah sangat berpengalaman terlihat bahwa beliau pernah menjadi Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi,” ujar Agus Wibowo M.Pd., selaku Koordinator GPjM FE UNJ.

Sasaran-sasaran dan implementasi telah tercapai sesuai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan pada saat Drs. Riyadi, S.T., M.T.,  menjabat sebagai Kepala Pusat Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Negeri Jakarta (LPjM UNJ). Agus Wibowo M.Pd., selaku Koordinator GPjM FE UNJ mengatakan bahwa ia berharap kepala pusat yang baru saja dilantik mampu meneruskan program kerja yang telah ditata dengan baik, mampu lebih menjaga kekompakan Gugus Penjaminan Mutu (GPjM), serta mampu meningkatkan standardisasi mutu Universitas Negeri Jakarta. (MOL/DV)