Program Studi S-1 Pendidikan Bisnis |
1. Visi Program Studi
Menjadikan program studi yang unggul dan bertaraf internasional di bidang keilmuan pendidikan bisnis yang berfokus pada lingkup pendidikan, kewirausahaan, dan manajemen bisnis yang berbasis teknologi digital yang adaptif dan modern.
2. Misi Program Studi
Adapun misi program studi adalah sebagai berikut:
3. Tujuan Program Studi
Adapun tujuan Program Studi adalah sebagai berikut:
4. Akreditasi Program Studi
Program Studi Pendidikan Tata Niaga sebelumnya telah diakreditasi dengan nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 06614/Ak-V111-51-024/1KJCIT/V1/2004 tanggal 18 Juni 2004. Akan tetapi sejak tahun 2009 berdasarkan penataan Program Studi di Lingkungan Perguruan Tinggi menjadi Konsentrasi di lingkungan Program Studi Pendidikan Ekonomi dan mendapat akreditasi A berdasarkan surat Keputusan BAN-PT No. 008/BAN-PT/Ak-XII/ S1/V/2009 tanggal 15 Mei 2009. Dalam perkembangan, Konsentrasi ini berubah kembali menjadi Program Studi Pendidikan Tata Niaga berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 974/D/T/2009 tanggal 18 Juni 2009 tentang On Penyelenggara-an Program Studi Pendidikan Tata Niaga (S1) pada Universitas Negeri Jakarta di Jakarta Timur. Dan Sekarang Sesuai SK Rektor UNJ No. 1714/SP/2017 tanggal 28 November 2017 Program Studi Pendidikan Tata Niaga berubah nama menjadi Pendidikan Bisnis.
Program Studi Pendidikan Bisnis kini terakreditasi dengan nilai A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No.707/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019, tanggal 09 April 2019. masa berlaku sampai 09 April 2024. Sertifikat BAN-PT S-1 Pendidikan Bisnis.
6. Profil Lulusan
7. Capaian Profil Lulusan
CPL | PL1 | PL2 | PL3 | PL4 | |
SIKAP | |||||
S-1 | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | √ | √ | √ | √ |
S-2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; | √ | √ | √ | √ |
S-3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila; | √ | √ | √ | √ |
S-4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | √ | √ | √ | √ |
S-5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | √ | √ | √ | √ |
S-6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | √ | √ | √ | √ |
S-7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | √ | √ | √ | √ |
S-8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | √ | √ | √ | √ |
S-9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | √ | √ | √ | √ |
S-10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | √ | √ | √ | √ |
S-11 | Memiliki kepribadian unggul mencakup profesionalisme, kesejawatan, keterbukaan, kejujuran dan keterpercayaan. | √ | √ | √ | √ |
PENGETAHUAN | |||||
P-1 | Menguasai konsep pedagogik mulai dari perencanaan sampai evaluasi pembelajaran pendidikan bisnis | √ | √ | ||
P-2 | Menguasai materi pembelajaran bisnis yang sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEKS | √ | √ | √ | √ |
P-3 | Menguasai pemahaman yang kuat terhadap konsep-konsep manajerial bisnis dan pemasaran untuk menerapkan strategi yang efektif dalam menjalankan bisnis. | √ | √ | √ | √ |
P-4 | Menguasai konsep dasar manajerial dan strategi organisasi di Bank, Lembaga Keuangan atau Lembaga lainnya serta memahami perilaku oganisasi yang ada di dalamnya sehingga mampu beradatasi pada dinamika organisasi maupun Lembaga | √ | √ | √ | √ |
P-5 | Menguasai konsep public speaking dalam memasarkan produk bisnis, negosiasi dan komunikasi bisnis, baik menggunakan bahasa indonesia maupun bahasa inggris sehingga dapat bersaing ditingkat local maupun internasional. | √ | √ | √ | √ |
P-6 | Menguasai pemahaman wirausaha yang kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan peluang-peluang usaha menjadi kesempatan usaha yang menguntukan dirinya dan masyarakat atau konsumennya. | √ | √ | √ | √ |
P-7 | Menguasai pemahaman konsep metodologi penelitian di bidang pendidikan bisnis untuk dapat mengidentifikasi masalah dan peluang serta memperbaiki kinerja secara keseluruhan. | √ | √ | √ | √ |
P-8 | Menguasai literasi data dan literasi teknologi untuk dapat dimanfaatkan dalam pengembangan pembelajaran pendidikan bisnis. | √ | √ | √ | √ |
KETERAMPILAN UMUM | |||||
KU-1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | √ | √ | √ | √ |
KU-2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | √ | √ | √ | √ |
KU-3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | √ | √ | √ | √ |
KU-4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi, dan mengunggahnya dalam laman repositori perguruan tinggi; | √ | √ | √ | √ |
KU-5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | √ | √ | √ | √ |
KU-6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | √ | √ | √ | √ |
KU-7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | √ | √ | √ | √ |
KU-8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | √ | √ | √ | √ |
KU-9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi | √ | √ | √ | √ |
KU-10 | Memiliki keterampilan berkomunikasi dalam lingkungan pekerjaan dan/atau masyarakat. | √ | √ | √ | √ |
KU-11 | Memiliki literasi Teknologi Komunikasi dan Informasi yang sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0. | √ | √ | √ | √ |
KETERAMPILAN KHUSUS | |||||
KK-1 | Mampu mengembangkan RPP dan silabus sesuai karakteristik mata pelajaran atau mata pelatihan yang diampunya dengan menerapkan berbagai pendekatan, strategi, model, media, dan teknologi, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, ilmiah, dan inovatif sesuai dengan perkembangan IPTEKS yang update. | √ | √ | √ | √ |
KK-2 | Mampu memilih, merancang dan melaksanakan asesmen sesuai karakteristik mata pelajaran atau mata pelatihan yang diampu. | √ | √ | √ | √ |
KK-3 | Mampu mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan masanya dan mengkaji dampak positif dan negatif dari kurikulum sebelumnya. | √ | √ | √ | √ |
KK-4 | Mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan di kelas dengan menerapkan berbagai metode, media, materi, model pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan penggunaan IPTEKS yang update. | √ | √ | √ | √ |
KK-5 | Mampu mengaplikasikan ide kreatif dan inovatif dalam perancangan, penciptaan dan pemasaran peluang usaha | √ | √ | √ | √ |
KK-6 | Cakap dalam mengaplikasikan manajemen strategis, riset pemasaran bisnis, dan manajemen keuangan, termasuk pengembangan rencana pemasaran dan komunikasi bisnis yang inovatif. | √ | √ | √ | √ |
KK-7 | Mampu merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi metode bisnis yang inovatif dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi bisnis, menciptakan peluang bisnis dan mengembangkan bisnis, | √ | √ | √ | √ |
KK-8 | Mampu menganalisis masalah bisnis dan mengelola bisnis dengan strategi yang tepat untuk mencapai keuntungan maksimal. | √ | √ | √ | |
KK-9 | Mampu membuat keputusan yang tepat dalam mengelola bisnis berdasarkan riset informasi dan data yang tersedia untuk manajemen bisnis yang efektif. | √ | √ | √ | |
KK-10 | Mampu berkomunikasi secara efektif, empati dan santun dalam segala situasi, terutama saat negosiasi bisnis atau interaksi dengan rekan bisnis maupun pelanggan dan juga dalam memimpin tim. | √ | √ | √ | |
KK-11 | Mampu mengevaluasi atas pencapaian hasil kerja individu maupun kelompok yang berada di bawah tanggung jawabnya | √ | √ | √ |
8. Gelar Lulusan
Gelar yang diperoleh dari lulusan program studi ini adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd)
9. Email : pendbisnisfe@unj.ac.id
1. Struktur Kurikulum
Dokumen Kurikulum S-1 Pendidikan Bisnis 2021
2. Pemetaan Profil Lulusan & Mata Kuliah
Business and Marketing Teacher |
Business Analyst |
Corporate Trainer |
Entrepreneur |
1. Mahasiswa Berprestasi
No. | Nama Mahasiswa | Prestasi |
1 | Anathalia Arshanti Badarudin | Awardee IISMA 2024, University of Zagreb, Croatia |
2 | Alicia Megawati | Juara 1 National Business Plan Competition 2023 |
3 | Salman Abdul Azis | Juara 3 Kejuaraan Nasional Karate |
4 | A’am Ar Rosyad | Lulusan terbaik Fakultas Ekonomi semester 118 T.A 2022/2023 dengan IPK 3,94 |
5 | Mohamad Rohadi | Juara III Youth International Science Fair, Universitas Dian Nuswantoro 2022 |
6 | Siska Amelia Putri | Juara III International Business Model Competition |
7 | Siska Amelia Putri | as a Presenter at 2nd Kuala Lumpur International Multidisciplinary Conference on Social Sciences, Innovation, Business and Economics 2022 (KLIMCSIBE2022) |
8 | Iftakhullah Ghufron Jaeni | Juara I Scopa Unas cup 2022 |
9 | Rina Herlina | Juara III The 7th NBPC Management Festival UMY 2022 |
10 | Siti Nurhazizah | Juara II Lomba Proposal Biology Competition Nasional 2022 |
11 | Maulida Rahma Nabila | Delegasi Asia Africa International Model United Nations 2021 |
2. Kegiatan S-1 Pendidikan Bisnis
Video Profil Fakultas Ekonomi |
Internasionalisasi |