INTERNATIONAL GUEST LECTURER “HOW TO IDENTIFY EXCELLENT HUMAN RESOURCE MANAGEMENT ON INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0”

 

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah  mengadakan kegiatan International Guest Lecturer yang merupakan kegiatan dalam bidang pengajaran dan sekaligus pengabdian dalam masyarakat ditingkat internasional dengan tema “How to Identify Excellent Human Resource Management On Industrial Revolution 4.0” secara daring melalui platform Zoom Meeting pada hari Rabu, 15 Februari 2023 dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kerjasama antara Universitas Malaysia Sabah dan FE UNJ untuk menunjang kegiatan tridarma perguruan tinggi.

 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Zulfa Alrafi, salah satu mahasiswa Pendidikan Bisnis FE UNJ. Kemudian selanjutnya ada pemberian sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D. dan dilanjutkan dengan dokumentasi peserta dengan narasumber.

 

 

 

Setelah itu masuk ke acara inti yaitu pemaparan materi dari pembicara yaitu Dr. Shaierah Gulabdin yang merupakan dosen dari Universiti Malaysia Sabah. Adapun moderator yaitu Drs. Nurdin Hidayat, M.M., M.Si yang merupakan dosen program studi Pendidikan Bisnis FE UNJ. Kegiatan ini disajikan dalam bentuk pemaparan materi oleh pembicara yang mumpuni di bidangnya. Materi-materi yang disampaikan juga sangat menarik dan relevan dengan tema kegiatan International Guest Lecturer ini. Lalu setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terbuka utuk seluruh peserta kegiatan.

 

Kegiatan ini berfokus pada memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. Kegiatan ini juga memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana menentukan kualifikasi sumber daya manusia yang sesuai bagaimana pelaksanaan recruitment yang baik dan efektif.

 

Program studi Pendidikan Bisnis FE UNJ dengan sengaja mengangkat tema ini mengingat kebutuhan wawasan mahasiswa terkait bagaimana mengidentifikasi manajemen sumber daya manusia yang baik. Topik ini juga sangat menarik dan relevan dengan kebutuhan wawasan mahasiswa di era revolusi industry 4.0 ini.

 

 

 

Program ini merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Mengabdi Kepada Masyarakat. Peserta Pengabdian Masyarakat ini seluruhnya dihadiri oleh para pembelajar, baik kalangan mahasiswa hingga kalangan dosen atau tenaga pendidik. Pelaksanaan kegiatan tersebut Alhamdulillah berjalan lancar berkat partisipasi dan keterkaitan semua pihak terutama pihak partisipan yang menghadiri kegiatan ini.

 

Hasil kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa, tenaga pendidik dan masyarakat untuk memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam menentukan kriteria tugas dan penyeleksian tenaga kerja yang baik.