Pengabdian Masyarakat; Pelatihan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah untuk Guru SMK DKI Jakarta

0 Comments

Pada hari Kamis, 16 Mei 2024 telah berlangsung pengabdian masyarakat dengan tema Pelatihan keterampilan menulis karya ilmiah bagi guru SMK DKI Jakarta yang bertempat di SMKN 2 Jakarta Pusat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh kelompok pengabdian masyarakat yang didanai LPPM UNJ, diketuai oleh Nadya Fadillah Fidhyallah, M.Pd sekaligus Koordinator Program Studi S-1 Pendidikan Bisnis. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah sebagai bentuk kontribusi dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Kegiatan ini menghadirkan  Narasumber yang ahli dalam bidangnya yaitu Bapak Ardinda Satria Daniswara,S.Pd, yang merupakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Taman Siswa 1, yang juga sekaligus Alumni dari Program Studi Pendidikan Bisnis, sehingga kegiatan ini juga menjadi wadah aksi nyata bagi alumni untuk mengabdi kepada masyarakat.

Kegiatan dimulai Pukul 8:30 sampai dengan Pukul 16:00 WIB yang bertempat di Ruang Aula SMK Negeri 2 Jakarta. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan SMKN 2 Jakarta dan MGMP Akuntansi Wilayah 1 Jakarta untuk memperkokoh kemitraan prodi dengan stakeholder instansi pendidikan.

Lalu setelah pemaparan setiap materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terbuka untuk seluruh peserta kegiatan. Setelah sesi tanya jawab langsung dilanjutkan dengan sesi Workshop bersama narasumber dengan mempraktikkan materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Kegiatan ini berfokus memberikan wawasan kepada Guru SMK mengenai  Penyusunan Proposal Penelitian dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah.  FE UNJ dengan sengaja mengangkat tema ini mengingat kebutuhan Guru SMK terkait bagaimana penyusunan proposal penilitian tindakan kerja secara benar dan tepat dan juga Para Peserta yang merupakan Guru SMK dapat mengetahui tips dalam menulis karya ilmiah. Topik ini sangat menarik dan relevan dengan kebutuhan wawasan para Guru SMK.

    

Program ini merupakan bagian dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan lancar berkat partisipasi dan keterkaitan semua pihak terutama pihak partisipan yang menghadiri kegiatan ini. Hasil kegiatan ini diharapkan menambah wawasan para peserta acara sekaligus sebagai Guru dan masyarakat untuk memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam Penulisan Karya Ilmiah.