Webinar Praktisi Mengajar Kolaborasi Prodi Akuntansi dan Praktisi Hukum: Membangun Perlindungan Data Pribadi di Era Digital

Jakarta- 23 Maret 2024, Program Studi S1 Akuntansi Kelas A telah sukses menyelenggarakan Webinar Online Praktisi Mengajar Kolaborasi Program Studi S1 Akuntansi dengan Praktisi Hukum dengan tema “Synergizing Accounting and Legal Practices: Data Privacy Protection”.  Acara ini merupakan sebuah kegiatan yang diadakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dan terbuka untuk umum. Webinar ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan mahasiswi dalam menjaga data pribadi mereka masing-masing.

Sumber: Dokumentasi Humas

 

 

Webinar diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB yang diawali dengan sesi pembuka oleh MC, Andrew Krishna Putra dan Emia Aginta, mahasiswa prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Acara dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Muhammad Galang Putra Santoso, serta menyanyikan Indonesia Raya dan Mars UNJ. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, yaitu Ridho Malik Mahawira dan sambutan dari Koordinator Program Studi S1 Akuntansi FE UNJ, yaitu Bapak Dr. Muhammad Yusuf, SE., M.M.

Sumber: Dokumentasi Humas

 

Setelah semua sambutan telah selesai diberikan, dilanjutkan dengan sesi dokumentasi para peserta. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan acara selanjutnya dari MC kepada Moderator, yaitu pembacaan CV pemateri dan memandu pemberian sesi materi oleh Cindy Claurensia Susanto, mahasiswi prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Pemaparan Materi dibawakan oleh Bapak Mukhamad Athfal Rofi Udin, S.H, selaku Hakim Pengadilan Negeri Sambas. Materi yang dibawakan adalah Tinjauan Hukum Perlindungan Data Pribadi. Menurut pemateri, perlindungan data pribadi sangat penting dan diharapkan untuk berhati-hati dalam penggunaan data pribadi termasuk hal-hal kecil yang dapat menjadi pemicu terjadinya masalah.

Sumber: Dokumentasi Humas

 

 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada para peserta dengan mempersilahkan peserta untuk mengaktifkan fitur raise hand atau menggunakan fitur chat untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Sesi tanya jawab dilakukan secara langsung, yakni pemateri menjawab langsung terhadap pertanyaan yang diberikan oleh peserta. Setelah selesai sesi tanya jawab, pemateri memberikan closing statement kepada para peserta dan acara dilanjutkan dengan penyerahan E-Sertifikat serta plakat kepada pemateri sebagai bentuk apresiasi sekaligus kenangan sebab sudah berpartisipasi dalam rangkaian acara Webinar Praktisi Mengajar Hukum Bisnis dan dilanjutkan dengan dokumentasi.

Sumber: Dokumentasi Humas

 

 

Acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh MC untuk menghilangkan rasa jenuh para peserta. Sesi ice breaking ini diisi dengan games simon says dan terdapat rules pada games tersebut yaitu peserta harus mengaktifkan kamera serta menggunakan fitur raise hand terlebih dahulu untuk mengikuti permainan, lalu peserta akan diseleksi, dan peserta yang dapat bertahan hingga akhir sesi permainan ini akan menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah. Kemudian, setelah sesi ice breaking selesai, para peserta diarahkan untuk mengisi presensi yang telah dibagikan oleh panitia melalui kolom chat. Secara resmi, MC menutup webinar praktisi mengajar hukum bisnis.

 

Lampiran

Pembacaan Tilawah

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars UNJ

Pembukaan Oleh MC

Perkenalan Moderator

Perkenalan Pemateri