DIGITAL FORENSIC WITH PRACTITIONERS

Pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 telah terlaksana acara webinar dengan topik “Cyber Security in the Field of Digital Office Administration” yang membahas mengenai Digital Forensik di bidang administrasi perkantoran digital, dalam menjalin kolaborasi antara Program Studi Administrasi Perkantoran Digital dengan Digital Forensic Laboratorium dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung secara online melalui zoom meeting, dengan mengundang salah satu pembicara yang memiliki pengalaman dan ketertarikan dalam dunia keamanan siber yaitu Bapak Ryandi Yusuf, S.Tr. TP., M.M. 

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan saat acara berlangsung yaitu pada pukul 14.45 WIB mahasiswa dan panitia sudah berkumpul dalam ruangan zoom meeting, dan panitia memiliki waktu kurang lebih lima belas menit dalam mengkondisikan peserta. Selanjutnya disusul hingga pukul 15.04 WIB acara sudah mulai dibuka oleh MC, berlangsung seterusnya dengan membacakan doa tilawah, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pada kesempatan kali ini juga dihadiri oleh beberapa tamu dan sambutan oleh ketua pelaksana webinar, serta dekan Fakultas Ekonomi yaitu Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph.D pada pukul 15.13 WIB, sambutan lain juga datang dari Koordinator Program Studi Administrasi Perkantoran Digital yaitu Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM.

Acara terus berlangsung dan diambil alih oleh moderator untuk memaparkan CV pemateri, kemudian Pembicara mulai menjelaskan dan menyampaikan materi pada pukul 15.26 WIB. Pada sesi penyampaian materi oleh Bapak Ryandi Yusuf, S.Tr. TP., M.M disaksikan dan disimak dengan jelas oleh mahasiswa, audiens, dan jajaran dosen yang berada di dalam ruangan zoom meeting. Pembahasan materi pada webinar kali ini menjelaskan tentang pentingnya Digital Forensik sebagai bagian dari keamanan siber, dengan mengedepankan digitalisasi serta kaitannya dengan Administrasi Perkantoran Digital, maraknya ragam kasus serangan siber juga dibahas dalam pertemuan kali ini, pembicara menyinggung pentingnya kebijakan MDM (Mobil Device Management) di dalam perusahaan, dan bagaimana cara mencegah serta menanggulangi masalah dalam keamanan siber.

Selama 45 menit pembicara menjelaskan dan membahas materi yang telah disampaikan, kemudian diisi dengan diskusi serta tanya jawab oleh beberapa mahasiswa mengenai topik yang sedang dibicarakan. Setelah selesai memaparkan closing statement, mahasiswa menyerahkan Sertifikat Digital Plakat Pemateri dan Sertifikat Moderator yang dipimpin oleh moderator dan Bapak Suherdi, S.Pd., S.H., M.M. Acara tersebut berlangsung kurang lebih selama dua jam dan diakhiri dengan doa serta dokumentasi pada pukul 17.00 WIB.

Puji syukur kegiatan webinar tersebut berlangsung dengan sukses dan lancar, semoga dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa, audiens, dan dosen yang ikut serta dalam zoom meeting kali ini. Terima kasih banyak atas bantuan dari panitia, dosen yang terlibat, dan beberapa pihak lain yang ikut membantu dalam penyelenggaraan acara webinar, kami harap melalui kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan serta menambah wawasan dalam keamanan siber di lingkungan Administrasi Perkantoran Digital serta di masa yang akan datang.