Praktisi Mengajar Pendidikan Ekonomi Tahun 2024

 Pada hari Jumat tanggal 1 Maret 2024, Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Praktisi Mengajar 2024. Acara ini ditujukan kepada Mahasiswa/i dari kelas A Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai wadah untuk mengetahui pembuatan modul ajar ekonomi SMA kelas XI yang baik dan benar. Praktisi Mengajar dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting pada 1 Maret 2024.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Athirah Azhar selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 13.30 WIB. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I.,S.Pd., M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidi      kan Ekonomi.

Selanjutnya pembukaan oleh Moderator dan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pembuatan modul ajar ekonomi kelas XI  oleh Ibu Elawati, S.M selaku Guru SMAN 8 kota Bandung.

Ibu Elawati, S.M  memaparkan mengenai pembuatan modul ajar. Modul ajar berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran. Sebelum membuat modul ajar harus mengetahui kurikulum operasional, tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran. Komponen – Komponen Modul Ajar Lengkap terdiri dari : 1. Komponen Modul Ajar (berisi capaian, jam pelajaran, tujuan, dimensi Pancasila dll), 2. Komponen detail Modul Ajar setiap pertemuan (berisi bahan ajar, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, indikator keberhasilan, dan asesmen) 3. Lampiran (berisi bahan ajar pendukung). Komponen yang harus ada pada Modul Ajar yaitu: 1) Tujuan Pembelajaran, 2) Langkah – Langkah pembelajaran, 3) Assesmen. Acuan Teknik Modifikasi Modul Ajar : 1) Menetapkan tujuan pembelajaran sesuai CP dan ATP serta sesuai profil pelajar Pancasila, 2) Menyusun desain pembelajaran sesuai dengan siswa sehingga pembelajaran efektif, 3) Proses pembelajaran mendukung kompetensi dan karakter, 4) Pembelajaran yang dirancang sesuai konteks dan melibatkan peran orang tua dan masyarakat, 5) Pembelajaran yang berorientasi ke masa depan yang berkelanjutan. Macam-Macam Assesmen : 1). Assemen Awal (mengidentifikasi kebutuhan & dan mengetahui siswa-siswa dengan kemampuan kesukaan), 2) Assesmen Pembelajaran (digunakan sebagai umpan balik dan assesmen ini harus bersifat adil), dan 3) Assesmen Akhir.

Selanjutnya sesi tanya jawab dipimpin oleh Moderator dan dilanjutkan dengan penutupan oleh Moderator. Selanjutnya pemberian sertifikat kepada Ibu Elawati, S.M yang diberikan oleh Bapak  Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I.,S.Pd., M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tibalah di penghujung acara yang ditutup oleh Athirah Azhar selaku Master of Ceremony (MC) dalam acara Praktisi Mengajar 2024 pada pukul 15.15 WIB dilanjutkan dengan sesi dokumentasi.