PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMK  DI WILAYAH JAKARTA

0 Comments

Pengabdian Kepada Masyarakat Skema PPM Kemitraan Dunia Usaha, Pemda, dan Instansi Pendidikan mengusung tema “Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK di Wilayah DKI Jakarta” dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Mei 2024 pada pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB yang dilaksanakan secara luring yang bertempatkan di SMKN 2 Jakarta dan dihadiri oleh total 50 peserta dimana peserta berasal dari guru – guru yang mengajar di wilayah DKI Jakarta.

 

Adapun MC dan Moderator dari acara tersebut adalah Diva Maharani yang merupakan mahasiswi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta. Acara dibuka dengan pembacaan doa oleh MC lalu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya bersama. Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ibu Ati Sumiati,S.Pd, M.M selaku Ketua Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi sebagai salah satu anggota Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang di dampingi oleh Ketua Pengabdian Masyarakat Ibu Dr. Rida Prihatni, S.E, M.Si dan Ibu Nadya Fadillah S.Pd, M.Pd yang juga sebagai anggota tim. Lalu, sambutan selanjutnya diberikan oleh Ibu Dina Siswanto, S.Pd selaku Ketua MGMP Akuntansi Jakarta Pusat 1.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Narasumber yaitu Bapak Ono Sasmita Jaya SE., S.PD., Gr., M.Pd. CAAT., CADE selaku Ketua LSP Akuntansi SMKN 46 Jakarta yang memberikan materi terkait Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK di Wilayah DKI Jakarta.

Kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK di Wilayah DKI Jakarta ini untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan membekali Guru-Guru dalam menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan problematika pembelajaran dan pendidikan yang ada di dalam kelas dan di luar kelas serta untuk menumbuhkan atmosfir akademik di lingkungan sekolah sehingga dapat memperbaiki mutu pendidikan dan pembelajaran dengan melakukan kegiatan penelitian. Manfaat penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan tentang penyusunan proposal penelitian tindakan kelas dan dapat mengimplementasikannya sehingga kedepannya dapat dijadikan sarana dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode, model, pendekatan, strategi pembelajaran yang tepat sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Setelah pemaparan materi selesai, terdapat sesi tanya jawab serta kesimpulan yang diberikan oleh narasumber. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada narasumber. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan workshop yaitu berupa pengerjaan lembar kerja yang diberikan oleh narasumber untuk dikerjakan para peserta.

Adapun sesi foto bersama bersama ialah sebagai berikut:

Related Posts