PRESS RELEASE PRAKTISI MENGAJAR 2024

Pada hari selasa tanggal 30 April 2024, Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Praktisi Mengajar 2024. Acara ini ditujukan kepada Mahasiswa/i dari kelas A Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai wadah untuk mengetahui cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Praktisi Mengajar dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting pada 30 April 2024.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Rico Irshandy Pradana selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 10.08 WIB. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I.,S.Pd., M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi. Selanjutnya pembukaan oleh Moderator dan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan oleh Ibu Elawati, S.M selaku Guru SMAN 8 kota Bandung.

Ibu Elawati, S.M memaparkan mengenai cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Bahwa berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara, semua anak itu memiliki kesempatan yang sama dalam belajar. Kita sebagai guru harus memperlakukan semua anak dengan sama. Setiap anak itu memiliki kepribadian yang unik dan tentunya berbeda-beda. Kita juga jangan hanya memberikan teori tetapi memberikan ajaran mengenai adab. Pembelajaran yang menyenangkan adalah suatu strategi pembelajaran yang dapat membuat anak bersemangat dan gembira dalam belajar. Merdeka belajar memberikan kebebasan untuk berpikir dan berekspresi bagi siswa. Merdeka belajar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif serta mengurangi beban akademik siswa sehingga siswa dapat memiliki waktu lebih untuk menggali bakat dan minat dan juga mendorong guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat metode/media pembelajaran yang relevan. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yaitu bermain peran, membuat karya seni, metode jigsaw, game edukatif, dan tugas proyek.

Selanjutnya sesi tanya jawab dipimpin oleh Moderator dan dilanjutkan dengan penutupan oleh Moderator. Selanjutnya pemberian sertifikat kepada Ibu Elawati, S.M yang diberikan oleh Bapak Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I.,S.Pd., M.Pd selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Tibalah di penghujung acara yang ditutup oleh Rico Irshandy Pradana selaku Master of Ceremony (MC) dalam acara Praktisi Mengajar 2024 pada pukul 11.58 WIB dilanjutkan dengan sesi dokumentasi.