Masa Pengenalan Akademik (MPA) UNJ

0 Comments

Rabu, 24 Agustus 2016

Setelah mengikuti acara pembukaan di Stadion Pemuda, Rawamangun, Jakarta, mahasiswa baru UNJ melanjutkan kegiatan Masa Pengenalan Akademik (MPA) di fakultas masing-masing. MPA UNJ tahun 2016 memiliki wajah baru yang lebih mencerminkan nuansa akademik dibandingkan dengan MPA tahun-tahun sebelumnya. Hal ini merupakan implementasi dari Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 25/Dikti/Kep/2014 Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru, Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 096/B1/Sk/2016 Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru, dan keputusan rapat pimpinan universitas. Beberapa perubahan mendasar pada MPA UNJ 2016 adalah: muatan materi yang lebih bermuatan akademis, penyampaian materi yang dilakukan di ruang-ruang kelas dan bukannya di aula atau auditorium, serta keterlibatan dosen sebagai nara sumber penyampai materi.

Sekitar 65 dosen terlibat dalam kegiatan MPA FE UNJ yang tersebar di 22 ruangan kelas. Materi pertama dalam MPA fakultas adalah Wawasan Kebangsaan, yang diberikan kepada mahasiswa baru dengan harapan mereka akan menjadi generasi muda yang cinta tanah air dan peka terhadap permasalahan bangsa. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kegiatan akademik di UNJ, Pengenalan Budaya dan Etika, Kewirausahaan dan Kepemimpinan, Kiat Sukses Belajar di Perguruan Tinggi, Layanan Mahasiswa, dan terakhir Organisasi Kemahasiswaan.

Kegiatan MPA akan dilanjutkan pada hari Kamis, 25 Agustus 2016 dengan materi yang terkait dengan layanan dan kurikulum program studi serta bimbingan penasihat akademik.

MPA 2.2 MPA2.1