Pelatihan Keterampilan Dasar Penunjang Tugas Akhir dengan Topik ” Akses Jurnal Internasional, Reference Management, Merumuskan State of The Art, Similarity Check”

Hari Sabtu, 15 Oktober 2022 pukul 08.30 – 12.00 WIB Fakultas Ekonomi UNJ bekerja sama dengan UNU Purwokerto, Universitas Pertiwi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, STIE & STMIK Jayakarta, dan Universitas Al-Khairiyah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Pelatihan Keterampilan Dasar Penunjang Tugas Akhir dengan mengundang narasumber Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., MM. selaku Dosen Fakultas Ekonomi UNJ, Ibu Destria Kurnianti, SE., M.Sc. selaku Dosen Fakultas Ekonomi UNJ, Ibu Dr. Uswatun Khasanah, S.E., M.M., M.Ak. selaku Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, dan Ibu Farrah Munif Badjri, SST., M.Par., MM. selaku Dosen Universitas Pertiwi yang dimoderatori oleh Ibu Dr. Tutty Nuryati, SE., M.Ak. selaku Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Indra Pahala, SE., M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang kemudian dilanjut dengan sesi foto bersama dengan para narasumber.

Selanjutnya, diikuti dengan penyampaian materi yang dipandu oleh Ibu Dr. Tutty Nuryati. Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Ibu Dr. Uswatun Khasanah mengenai Akses Jurnal Internasional. Dalam materinya, beliau menyampaikan terkait bagaimana cara kita untuk mendapatkan akses jurnal internasional dan memberikan informasi dimana mahasiswa dapat mengakses jurnal untuk penulisan tugas akhir.

 

Materi berikutnya disampaikan oleh Ibu Farrah mengenai Reference Management. Dimana Bu Farrah menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali reference manager yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam membuat referensi untuk tugas akhirnya, yang mana salah satu reference manager yang sudah umum digunakan yaitu Mendeley.

 

Kegiatan dilanjut dengan penyampaian materi yang ketiga oleh Ibu Terrylina Arvinta Monoarfa tentang State of the Art. Beliau menyampaikan bahwa kebaruan dalam penelitian menjadi salah satu yang penting untuk diperhatikan. Mahasiswa yang akan mengerjakan tugas akhir sebaiknya dapat dengan cermat untuk memutuskan apa yang membedakan penelitiannya dengan penelitian terdahulu.

 

Selanjutnya, materi terakhir disampaikan oleh Ibu Destria Kurnianti tentang Similarity Check. Beliau menyampaikan terkait berbagai website yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan cek similarity. Selain itu, beliau juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan Turnitin dalam melakukan similarity check serta memberikan tips bagaimana mengurangi tingkat plagiarisme.

 

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan menarik. Terdapat sekitar 240 peserta yaitu mahasiswa/i dari berbagai perguruan tinggi yang hadir dalam kegiatan ini. Sesi tanya jawab dengan narasumber juga berlangsung dengan menarik, karena para peserta sangat aktif dan antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman 5 orang pemenang doorprize masing-masing sebesar Rp 100.000,-.