Seminar Pasar Modal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Tahun 2016

Jakarta, Selasa 11 Oktober

Laboratorium Pasar Modal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia dan BNI Securities mengadakan Seminar Pasar Modal dengan tema “Menjadi Investor Muda yang Cerdas dan Teredukasi”. Tema ini sendiri dipilih para panitia dan juga atas saran Kepala Laboratorium Pasar Modal  yaitu Ibu Haniah Aminah SP.d M.M dengan harapan para peserta dapat mengenal lebih dalam tentang pasar modal dan hal lain yang berkaitan dengan pasar modal seperti kondisi ekonomi baik nasional maupun internasional.

Acara ini berlangsung di Aula Maftuchah Yusuf Gedung Dewi Sartika Lantai II  Kampus A Universitas Negeri Jakarta.  Acara berlangsung pukul 09.00 – 12.00 dengan jumlah peserta 253 peserta yang terdiri dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di JABODETABEK bahkan ada yang dari luar kota yaitu dari Institut Teknologi Bandung. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan tilawah dan saritilawah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan kemudian acara dilanjutkan dengan materi. Materi pertama dengan narasumber dari Bursa Efek Indonesia yaitu Bapak Bayu Saputra dan narasumber kedua dari BNI Securities yaitu Bapak Ricky Juliandi.

Psr Modal_1

Narasumber pertama menyampaikan bahasan megenai nilai uang menurut inflasi dan konsep time value of money lalu membandingkan beberapa instrument untuk berinvestasi yang cocok untuk semua kalangan khususnya mahasiswa. Menurut Bapak Bayu Saputra, investasi yang menghasilkan keuntungan diatas laju inflasi setiap tahunnya adalah menabung saham meskipun dalam menabung saham banyak faktor yang bisa mengakibatkan keuntungan atau kerugian. Beliau juga memaparkan beberapa indeks harga saham dari beberapa negara dan kita sebagai Warga Negara Indonesia harus bangga karena dalam kurung waktu 10 tahun terakhir Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan kurang lebih 300% per Agustus 2016. Maka dari itu kita sebagai Warga Negara Indonesia harus terus mendukung perkembangan ekonomi khususnya dalam hal pasar modal.

 Psr Modal_2

Narasumber kedua, yaitu Bapak Ricky Juliandi menyampaikan bahasan mengenai sejarah berdirinya BNI Securities kemudian memaparkan peran BNI Securities beserta aplikasinya yang dapat di unduh di smartphone. Beliau juga menjelaskan cara menganalisa harga saham menggunakan analisis fundamental dan analisis teknikal serta mempraktekannya kepada para peserta melalui akun miliknya. Selama berlangsungnya materi pertama dan kedua para peserta seminar cukup antusias, ini dibuktikan dari kurang lebih 10 pertanyaan yang disampaikan peserta kepada pemateri. Pada akhirnya kami para panitia berharap seminar kali ini dapat menjadi awal yang baik untuk para peserta bisa mengenal pasar modal dan kita semua dapat ambil bagian dalam memajukan ekonomi Indonesia salah satunya dengan menjadi investor muda yang cerdas dan teredukasi.

 Psr Modal_3

 

Psr Modal_4 Psr Modal_5

Psr Modal_7