Phyton Workshop

Mata kuliah Coding and Big Data tahun 2022 Program Studi Bisnis Digital mengadakan Python Workshop yang menghadirkan Reza Ahmad Muharam sebagai narasumber. Beliau adalah seorang data scientist di Pefindo Biro Credit (My idScore) yang merupakan networking dari dosen kami, Pak Shandy Aditya.

Python Workshop oleh Pak Reza diselenggarakan pada 4 Maret 2022 pukul 16.00 – 18.00 WIB di Zoom Meeting. Workshop ini dihadiri oleh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Bisnis Digital UNJ serta terdapat beberapa peserta dari luar UNJ seperti Dosen UNJ dan karyawan My idScore.

Python workshop ini diselenggarakan untuk menambah pengetahuan mengenai phyton dan cara penggunaannya secara sederhana. Dengan adanya workshop ini diharapkan akan menambah pengetahuan dan skill mahasiswa dalam bidang pemrograman.

Python merupakan aplikasi pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi seperti jam digital dan deteksi wajah. Dalam mencari code untuk mengcoding dalam membuat suatu aplikasi, kita dapat mengetahui code tersebut melalui situs website GitHub.

GitHub adalah website yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola kode suatu project. Kita dapat membuat atau mengupload kode ke server GitHub dan kemudian melakukan coding secara online. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang populer seperti C++, Java, PHP, dan Python yang dapat diakses secara gratis dan unlimited tanpa batasan waktu. Dengan code project di Github tentu mempermudah pembuatan aplikasi melalui Python.

Ketika sedang menjalankan suatu project yang akan dibuat pada Pyhton dan terdapat suatu error seperti tidak berjalan dengan sempurna maka kita bisa menanyakan permasalahan error tersebut melalui situs website Stack Overflow. Stack Overflow merupakan platform publik yang membangun kumpulan pertanyaan dan jawaban coding yang terpercaya. Stack Overflow sering diibaratkan sebagai ‘sahabat’ programmer zaman now. Tidak peduli jenis pekerjaan atau lama karir yang dimiliki, seorang programmer pasti pernah membuka situs Stack Overflow untuk mencari jawaban penyelesaian masalah coding yang mereka hadapi.

Jika sudah memiliki pemahaman dan keahlian yang cukup dalam bahasa pemrograman maka dapat menggunakan situs Kaggle. Kaggle adalah situs untuk berbagi ide, mendapatkan inspirasi, bersaing/berlomba dengan data scientist lain, mempelajari informasi baru dan trik coding, serta melihat berbagai contoh aplikasi data science di dunia nyata.