Praktisi Mengajar di Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi

Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Meeting dan dilakukan untuk 2 × pertemuan. Untuk pertemuan pertama dilaksanakan pada hari Kamis 06 Juni 2024 dan untuk pertemuan kedua dilaksankan pada hari Senin 10 Juni 2024. Tema pada pertemuan pertama yaitu tentang “ Memahami CP, Menyusun ATP, Merencanakan Pembelajaran  Asesmen, dan Menyusun Modul Ajar.” Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta Koordinator Program Studi Pendidikan Akuntansi Ibu Ati Sumiati, S.Pd., M.M., Dengan adanya kegiatan ini dalam rangka mentrasformasikan ilmu pengetahuan dalam tugas, dan fungsi dosen secara institusional sesuai visi, misi serta tujuan tridharma perguruan tinggi, diharapkan dapat menambah wawassan dan sebagai wadah untuk memperluas pengetahuan mereka dan memberikan pemahaman yang lebih baik.

Kegiatan Praktisi Mengajar ini menghadirkan pemateri bernama Hadijah, S.Pd selaku guru yang mengajar di SMKN 19 Jakarta dan didampingi oleh penanggung jawab mata kuliah perencanaan pengajaran. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi kelas A, angkatan 2023.

Pertemuan pertama kegiatan Ini dilakukan dimulai dari pengkondisian peserta dan mengisi absensi kehadiran di G-form. Dilanjutkan pembukaan doa serta pembacaan Cv dosen Praktisi yang di pandu oleh penanggung jawab Matakuliah. Lalu dilanjutkan sesi Ice breaking sebelum memulai pembelajaran oleh dosen praktisi. Kegiatan ini terbagi dalam tiga sesi, yaitu penyampaian materi. Selanjutnya sesi tanya jawab, peserta memberikan pertanyaan interaktif dan positif kepada dosen praktisi dan yang terakhir dosen memberikan refleksi dan umpan balik terhadap mahasiswa. Untuk pertemuan terakhir dilakukan hari berikutnya dengan cara yang sama pada pertemuan sebelumnya.

Terakhir sebagai penutup sebelum berakhirnya kegiatan Praktisi Mengajar yang telah dilaksankan secara 2 kali. untuk pertemuan terakhir diakhiri dengan Closing Statement oleh dosen praktisi dan  pemberian sertifikat untuk dosen praktisi yang dipandu oleh PJ Mata Kuliah dan tidak lupa untuk mendokumentasikan kegiatan yang dipandu oleh PJ Mata Kuliah.