‘’HOW TO BUILD A BUSSINESS ECONOMICALLY SUSTAINABLE AND SOCIALY IMPACTFUL ?’’

Pada tanggal 8 Maret 2024, Program Studi S1 Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta mengadakan Seminar Internasiaonal dengan tema ‘’How To Build A Bussiness Economically Sustainable And Socialy Impactful ?’’ yang diselenggarakan secara daring melalui platform zoom. Narasumber pada kegiatan prestius ini diisi oleh Yasmin Bachouchi. Yang merupakan Deveploment Manager at Groupe SOS, Paris.

Kegiatan diawali dengan peserta masuk kedalam ruang zoom pukul 15.00 WIB. Selanjutmya diawali pembukaan kegiatan oleh MC yaitu Narissa Azkania Putri, Mahasiswi S1 Pendidikan Bisnis. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sesi selanjutnya MC mengundang dan mengenalkan moderator yaitu Ibu Daru Kusumaningtyas, S.E., M.Han. Lalu dilanjutkan sesi pemaparan materi oleh Narasumber. Yasmin Bachouchi dengan menyampaikan awalan materi bagaimana development management dapat membantu masyarakat untuk mengembangkan suatu management. Menjelaskan Definisi Asoka  bahwa seorang wirausaha sosial memiliki solusi inovatif terhadap permasalahan sosial yang mendesak. Mereka mengidentifikasi solusi inovasi terhadap permasalahan yang tampaknya tidak dapat dipecahkan.

Selanjutnya Yasmin Bachouchi menyampaikan ulasan inovasi sosial stanford mngenai tinjauan inovasi sosial stanford yaitu inovasi sosial adalah proses menemukan dan menerapkan solusi baru terhadap kebutuhan sosial yang tidak atau kurang ditanggapi. Lalu apa yang dimaksud sosial inovasi?

  1. Proyek bisnis meliputi respon terhadap suatu kebutuhan, penciptaan nilai ekonomi, produksi barang dan jasa, model ekonomi berkelanjutan,dan kemerdekaan.
  2. Tujuan sosial meliputi melawan lagi pengucilan tuna wisama dan miskin dan pengangguran, menciptaakan lapangan kerja, menghargai suatu wilayah, penggajian yang ditiru bagi pemegang saham untuk pendaptan yang dihasilkan dan mengembangkan kehsi sosial.
  3. Tata kelola yang partisipasif meliputi pengambilan keputusan bersama dan meniru penggajian untuk sharenciden.

Narasumber menjelaskan beberapa kriteria inovasi sosial

  1. Partisipasi banyak orang pemangku kepentingan : publik dan swasta.
  2. Model bisnis yang terdiversifikasi : hibah dan pendapatan.
  3. Gaji terbatas bagi pemegang saham sebagian besar manfaatnya digunakan untuk pengembangan kegiatan.

Lalu kebijakan yang mendukung inovasi sosial.

  1. Kebijakan inovasi sosial di berbagai negara.
  2. Tujuan pembangunan berkelanjutan.

Menyebutkan contoh wirausaha sosial : Prancis dan Indonesia. Lalu selanjutnya pemateri menyampaikan bangun bisnis sosial dalam 10 langkah :

  1. Penilaian kebutuhan.
  2. Analisis pasar dan nilai proposisi.
  3. Diferensiasi
  4. Rantai nilai / strategi operasional.
  5. Akuisisi pelanggan.
  6. Model bisnis.
  7. Pendanaan
  8. Tim
  9. Dampak sosial.
  10. Pengembangan

Setelah sesi pemaparan selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan narasumber yang dipandu oleh moderator. Lalu sesi ditutup dengan pemberian sertifikat kepada pemateri oleh Ibu Daru Kusumaningtyas, S.E., M.Han. selaku dosen Program Studi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta.

Selanjutnya penyerahan sertifikat kepada moderator oleh MC, Narissa Azkania Putri selaku mahasiswi Program studi Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta.

     

Sebelum seminar diakhiri Prof. Usep Suhud, M.Si., Ph,D. Memberikan pidato penutup sebagai bentuk terimakasih kepada pemateri, moderator, MC, dan para partisipan.