Praktisi Mengajar ” Investasi yang Menguntungkan Bagi Gen Z”

Pada hari Jumat tanggal 8 Maret 2024, Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Praktisi Mengajar 2024. Acara ini ditujukan kepada Mahasiswa/i dari kelas A, kelas B, dan kelas C Program Studi Pendidikan Ekonomi serta kelas A, dan kelas B Program Studi Pemasaran Digital sebagai wadah untuk mengetahui investasi yang menguntungkan bagi Gen Z. Praktisi Mengajar dilaksanakan secara offline di Aula Maftuchah Yusuf, Gedung Dewi Sartika, Universitas Negeri Jakarta pada 8 Maret 2024.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Naomi Salsabila Nasywa Avidah dan Kaila Sabrina selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 13.30 WIB. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE selaku dosen pengampu mata kuliah Kebanksentralan dan Lembaga Keuangan dan sambutan dari Ibu Ayulistri Yetti sebagai kepala cabang Bank Mandiri UNJ.

Selanjutnya pembukaan oleh Khaerina Andini selaku Moderator yang memandu pemaparan materi dari narasumber dan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama mengenai Flow Registrasi Nasabah di Livin’SBN oleh Ibu Naomi Agnes Mathilda Claudia selaku Public Speaking dan dilanjutkan dengan materi kedua mengenai Financial Clinic dan Perencanaan Keuangan Bank Mandiri oleh Ibu Annisa Nada Aulia sebagai pemateri dari bank mandiri.

Ibu Naomi Agnes Mathilda Claudia memaparkan tentang obligasi pemerintah yang merupakan produk yang ditanggung oleh pemerintah serta ditetapkan oleh pemerintah, penempatan obligasi yaitu di 6% kupon serta pajaknya 10%. Sementara itu, beliau menjelaskan tentang reksa dana yang merupakan wadah untuk menghimpun yang diinvestasikan dengan menggunakan portofolio efek dan telah men   dapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Reksa Dana sendiri bersifat bebas pajak, likuiditas tinggi serta dikelola secara profesional serta menghasilkan imba hasil yang jauh lebih besar, reksa dana sendiri terdapat 4 macam yakni pasar uang, pendapatan tetap, campuran serta saham. Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Annisa Nada Aulia yang memaparkan tentang mandiri sekuritas yang merupakan anak perusahaan bank Mandiri dimana bekerja masih di bawah pengawasan bank Mandiri sendiri, terdapat level dimana kita mengelola uang yakni level 1 Menghabiskan uang, level 2 Menyihkan uang, level 3 mengamankan uang, level 4 melipatgandakan uang dan level 5 mendistribusikan uang. Maka dari itu, financial planning sangat diperlukan untuk menentukan goals, mengumpulkan analisis, menyimpan serta mengimplementasikan keuangan, serta meninjau tujuan nasabah di awal. Hal hal tersebut dapat diraih dengan investasi, dengan cara menggunakan tabungan, emas, saham, mata yang asing, dan properti. Investor juga berhak atas dividen perusahaan tersebut, berinvestasi juga bisa menggunakan 2 macam yakni cash dan secure yaitu tabungan dan deposito, obligasi pemerintah, dan juga growth & stable yakni logam mulia.

Selanjutnya sesi tanya jawab dipimpin oleh Moderator dan dilanjutkan dengan penutupan oleh Moderator. Selanjutnya pemberian sertifikat kepada Ibu Naomi Agnes Mathilda Claudia dan Ibu Annisa Nada Aulia yang diberikan oleh Ibu Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE selaku dosen pengampu mata kuliah Kebanksentralan dan Lembaga Keuangan.

Tibalah di penghujung acara yang ditutup Naomi Salsabila Nasywa Avidah dan Kaila Sabrina oleh selaku Master of Ceremony (MC) dalam acara Praktisi Mengajar 2024 pada pukul 15.50 WIB dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama oleh panitia.