Pendidikan Karakter Dalam Era Disrupsi Digital : Etika Dan Tanggung Jawab Digital.

Pada hari sabtu, 2 maret 2024 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan praktisi mengajar dengan tema “Pendidikan Karakter Dalam Era Disrupsi Digital : Etika Dan Tanggung Jawab Digital”. yang berlangsung di Virtual Zoom Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan narasumber Dr. Ekawati Praharti, MM guru produktif manajemen perkantoran SMK N 31 Jakarta.

Kegiatan ini diawali dengan peserta masuk ke dalam ruang zoom pukul 11.00 WIB.  Selanjutnya dilakukan pembukaan kegiatan oleh moderator yaitu Rahmatul Khalik Alwiyasa S.Pd, pembacaan doa, kegiatan dimulai dengan sesi penjelasan materi tema “Pendidikan Karakter Dalam Era Disrupsi Digital : Etika Dan Tanggung Jawab Digital” oleh narasumber.

pendidikan karakter berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai positif, moral, sosial dan prilaku yang membentuk kepribadian seseorang.ini mencangkup integritas, kejujuran, empati, tanggung jawab, dan kerja keras.

            Era disrupsi dan tantangan pendidikan karakter, pertama tantangan Pendidikan disrupsi teknologi dan pola pikir yang berkembang pesat menuntut adabtasi dalam metode pendidikan karakter. Tantangan kedua yaitu perubahan lingkungan era disrupsi menciptakan tantangan baru dalam lingkungan pendiidkan yang inklusif dan adaptif. Tantangan terakhir kompleksitas modernitas, pperkembangan teknologi membawa kompleksitas baru dalam membentuk katakter generasi masa depan.

prinsip-prinsip pendidikan karakter di era disrupsi berkaitan dengan edukasi empati, pendidikan karakter di eradisrupsi harus medorong sikap empati yang mengakui keragaman dan kebutuhan individu. Selain berkitan dengan edukasi empati keahlian digital membantu pemahaman yang mendalam tentang etika dan pengunaan teknologi dalam keseharian, Pembentukan karakter memerlukan penanaman keterampilan berkomunikasi yang efektif di tengah kebisingan informasi.

strategi yang digunakan dalam pendidikan karakter di era disrupsi mengunakan metode inovatif merupakan implementasi pendidikan karakter memerlukan penerapan metode inovatif yang responsif kondisi era disrupsi, strategi lainya dengan kolaborasi antara institusi pendidikan, industri, dan komunitas memperkuat implementasi nilai-nilai karakter di era disrupsi. Terakhir Pendekatan pembelajaran yang melibatkan pengalaman nyata membantu peserta didik memahami secara mendalam nilai-nilai karakter yang diajarkan.

Peran orang tua dalam pendidikan karakter di era disrupsi teladan utama, Orang tua sebagai teladan utama dalam membentuk karakter anak di tengah dinamika era disrupsi. komunikasi terbuka, Komunikasi terbuka antara orang tua dan anak membantu memperkuat penerapan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari keluarga. kolaborator pendidikan.Orang tua memiliki peran sebagai kolaborator pendidikan dalam membentuk karakter anak sesuai tuntutan era disrupsi.

Kesimpulan dan rekomendasi

  1. Penekanan Pendidikan Karakter, Pendekatan holistik yang menekankan aspek karakter dalam keseluruhan kurikulum pendidikan.
  2. Pengintegrasian Nilai-Nilai Digital Mengintegrasikan etika dan keahlian digital sebagai bagian integral dari pendidikan karakter.
  3. Kemitraan Multi-Stakeholder Kolaborasi lintas sektor untuk mendukung implementasi pendidikan karakter di era disrupsi.