Menuju Kampus Kelas Dunia, FE UNJ Buka 3 Prodi S1 Kelas Internasional

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mulai tahun 2023, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) membuka program International Undergraduate Program (IUP) atau kelas internasional untuk jenjang Sarjana (S1). Ini merupakan kelas internasional pertama yang ada di UNJ dalam rangka menuju kampus kelas dunia. Program yang tersedia untuk kelas internasional di FE UNJ adalah (1) Manajemen, dengan konsentrasi Bisnis Internasional; (2) Akuntansi; dan (3) Bisnis Digital. Mahasiswa dalam program ini dapat menyelesaikan studi mereka dalam waktu 3,5 hingga 4 tahun. Setelah selesai, mahasiswa akan mendapatkan gelar akademik yaitu Sarjana Manajemen (SM) untuk program Manajemen, Sarjana Akuntansi (S.Ak) untuk program Akuntansi, dan Sarjana Bisnis Digital (S.Bd) untuk program Program Bisnis Digital.

Kelas internasional di FE UNJ akan dilakukan secara tatap muka dan akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman internasional dengan mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL) internasional yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Mereka juga diwajibkan mengikuti kursus musim panas atau belajar di luar negeri selama satu semester. Program ini gratis ditawarkan oleh universitas mitra terpilih di luar negeri. Mahasiswa hanya perlu menanggung biaya transportasi, biaya hidup selama berada di luar negeri, dan biaya pemrosesan dokumen perjalanan. Pihak FE UNJ juga nantinya akan membantu mahasiswa dalam memperoleh paspor dan visa.

Untuk penyelenggaraan kelas internasional ini, mahasiswa dapat memilih dari beberapa universitas rekanan yang telah bekerjasama dengan FE UNJ, antara lain Asia University, Taiwan; Universiti Teknologi MARA, Malaysia; Politeknik Nanyang, Singapura; Universitas Pendidikan Hong Kong, Hong Kong; Universitas Nasional Gyeongsang, Korea Selatan; dan beberapa universitas di Australia dan Eropa.

Bagi yang berminat mendaftar kelas internasional di FE UNJ, informasi dapat diakses melalui website https://fe.unj.ac.id/ atau dengan mengunjungi Kantor Sekretariat Program Sarjana Internasional FE UNJ yang berlokasi di Gedung M, Lantai 2, Kampus A, UNJ. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website https://penmaba.unj.ac.id/.

Biaya pendaftaran Rp. 650.000, dan biaya kuliah untuk mahasiswa domestik dan internasional sebesar Rp. 15.000.000,- per semester, dengan Sumbangan Pengembangan Universitas (SPU) sebesar Rp. 20.000.000 yang hanya dibayarkan satu kali selama masa studi.

Persyaratan untuk mendaftar kelas internasional di FE UNJ antara lain:

A. Lulusan SMA tahun 2021 sampai 2023;
B. Keikutsertaan dalam tes kemampuan bahasa Inggris yang dilakukan oleh Pusat Layanan Bahasa di UNJ; Dan
C. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ.

Jadwal pendaftaran dan seleksi adalah sebagai berikut:

A. Pendaftaran dibuka mulai 8 Mei 2023 hingga 14 Juli 2023;
B. Tes Bakat Skolastik 15 Juli 2023 (online);
C. Tes kecakapan bahasa Inggris pada 16 Mei 2023 (online);
D. wawancara bahasa Inggris pada 17 Juli 2023;
e. Pengumuman hasil seleksi pada 26 Juli 2023;
F. Pendaftaran ulang peserta terpilih mulai 31 Juli 2023 sampai dengan 16 Agustus 2023.

Prof. Dr. Ari Saptono, Dekan FE UNJ, menyatakan bahwa ketiga prodi yang menawarkan kelas internasional ini secara konsisten menjadi yang paling kompetitif di tingkat nasional setiap tahunnya.

Prof Usep Suhud, Wakil Dekan Bidang Akademik FE UNJ, menambahkan bahwa peluang penerimaan peserta lebih besar karena hanya peserta dengan kualifikasi berbahasa Inggris baik dan sangat baik yang akan lolos seleksi.

 

Sumber : https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/454970/menuju-kampus-kelas-dunia-fe-unj-buka-3-prodi-s1-kelas-internasional