Lecturer Exchange Dr. Kamarul Baraini Keliwon Dosen UKM

0 Comments

Pada Selasa, 12 September 2023. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Praktisi Mengajar FE UNJ 2023 dengan tema “Analyzing Transaction” yang berlangsung secara hybrid melalui Zoom Cloud Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan Koordinator Program S1 Akuntansi Ibu Ratna Anggaraini M. Si selaku dosen pengampu mata kuliah Introduction to Accounting kelas internasional FE UNJ, yang menjadi penyelenggara kegiatan ini. Selain itu, dihadirkan juga Ibu Dr. Kamarul Baraini Keliwon selaku dosen dari Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai narasumber utama dalam kegiatan pembelajaran ini.

Kegiatan ini diawali dengan peserta hadir di kelas pada pukul 07.50 WIB dan di waktu yang bersamaan peserta masuk melalui Zoom Cloud Meeting. Selanjutnya pukul 08.00 pemberian arahan terkait mata kuliah oleh Ibu Ratna Anggraini M. Si selaku dosen pengampu. Kegiatan dimulai dengan pemberian sambutan pembuka dari narasumber dan juga dosen pengampu. Setelah pembukaan selesai, sesi berikutnya adalah sesi penjelasan materi “Analyzing Transaction” oleh narasumber yang dimulai pada pukul 08.10 WIB. Pada materi tersebut disampaikan mengenai definisi dasar persamaan akuntansi, aturan debit-credit, urutan proses pencacatan akuntansi, serta membahas tentang definisi, teknik, dan tipe dari akun jurnal, Posting to Ledger Account, dan Trial Balance. Dijelaskan oleh narasumber, dasar persamaan akuntansi terdiri dari Asset, Liabilities dan Equity. proses pencacatan terdiri dari Analyzing Transaction,Enter Transaction in Journal dan Transfer Journal Information to Ledger Account. Serta penjelasan tentang aturan debit-credit yaitu dijelaskan bahwa Asset meningkat di debit-menurun di credit, Liabilities meningkat di credit-menurun di debit dan Equity meningkat di creditmenurun di debit. Lalu, diakhiri pemamparan tentang Trial Balance yang berisi daftar saldo debit-credit dan nama akun Ledger. disusun setelah Posting to Ledger Account yang bertujuan mempermudah melakukan audit dan mengecek kesalahan dalam pencatatan transaksi. Analyzing Transaction ini bertujuan untuk memahami, menyiapkan, mengumpulkan, menyusun dan menganalisis semua transaksi yang terjadi ke dalam Journal, Ledger Book, dan Trial Balance. Dalam sesi penjabaran materi oleh narasumber juga disertai dengan sesi tanya jawab dengan peserta. Setelah sesi penjabaran materi yang disertai dengan sesi tanya jawab, narasumber memberikan closing statement dalam sesi akhir kegiatan.

“Adjusting Process”

Pada Selasa 19, September 2023. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Praktisi Mengajar FE UNJ 2023 dengan tema “Adjusting Process” yang berlangsung secara hybrid melalui Zoom Cloud Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan Koordinator Program S1 Akuntansi Ibu Ratna Anggaraini M. Si selaku dosen pengampu mata kuliah Introduction to Accounting kelas internasional FE UNJ, yang menjadi penyelenggara kegiatan ini. Selain itu, dihadirkan juga Ibu Dr. Kamarul Baraini Keliwon selaku dosen dari Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai narasumber utama dalam kegiatan pembelajaran ini. Kegiatan ini diawali dengan peserta hadir di kelas pada pukul 07.50 WIB dan di waktu yang bersamaan peserta masuk melalui Zoom Cloud Meeting. Selanjutnya pukul 08.00 pemberian arahan terkait mata kuliah oleh Ibu Ratna Anggraini M. Si selaku dosen pengampu. Kegiatan dimulai dengan pemberian sambutan pembuka dari narasumber dan juga dosen pengampu. Setelah pembukaan selesai, sesi berikutnya adalah sesi penjelasan materi “Adjusting Process” oleh narasumber yang dimulai pada pukul 08.10 WIB. Pada materi tersebut disampaikan mengenai proses pencatatan laporan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya, biasanya dilakukan di setiap akhir periode pencatatan, awal bulan atau akhir tahun. Termasuk didalamnya membahas mengenai Accrual Basis Accounting, Adjusting Entries, Adjusted Trial Balance dan Vertical Analysis. Dijelaskan oleh narasumber, Accrual Basis Accounting adalah metode pencatatan laporan keuangan ketika transaksi telah terjadi. Adapun karakteristik diantaranya disebutkan ada Revenue Recognition (ketika pelayanan dilakukan) dan Expense Recognition (ketika upaya dilakukan). Lalu, Adjusting Entries memastikan bahwa prinsip Revenue dan Expense Recognition berjalan, adapun didalamnya terdapat dua jenis yaitu Deferral dan Accrual. Adjusted Trial Balance membuktikan bahwa total saldo debit dan credit sama atau seimbang di Ledger setelah dilakukan penyesuaian. Dan terakhir, Vertical Analysis adalah alat analisis laporan keuangan untuk memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang kinerja keuangan perusahaan. Adjusting Process ini bertujuan untuk membantu memastikan bahwa laporan keuangan mencerminkan kondisi keuangan yang sebenarnya dan mematuhi prinsip akuntansi yang relevan. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan informasi keuangan yang akurat. Dalam sesi penjabaran materi oleh narasumber juga disertai dengan sesi tanya jawab dengan peserta. Setelah sesi penjabaran materi yang disertai dengan sesi tanya jawab, narasumber memberikan closing statement dalam sesi akhir kegiatan.

“Completing the Accounting Cycle”

Pada Selasa 26, September 2023. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Praktisi Mengajar FE UNJ 2023 dengan tema “Completing the Accounting Cycle” yang berlangsung secara hybrid melalui Zoom Cloud Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan Koordinator Program S1 Akuntansi Ibu Ratna Anggaraini M. Si selaku dosen pengampu mata kuliah Introduction to Accounting kelas internasional FE UNJ, yang menjadi penyelenggara kegiatan ini. Selain itu, dihadirkan juga Ibu Dr. Kamarul Baraini Keliwon selaku dosen dari Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai narasumber utama dalam kegiatan pembelajaran ini. Kegiatan ini diawali dengan peserta hadir di kelas pada pukul 07.50 WIB dan di waktu yang bersamaan peserta masuk melalui Zoom Cloud Meeting. Selanjutnya pukul 08.00 pemberian arahan terkait mata kuliah oleh Ibu Ratna Anggraini M. Si selaku dosen pengampu. Kegiatan dimulai dengan pemberian sambutan pembuka dari narasumber dan juga dosen pengampu. Setelah pembukaan selesai, sesi berikutnya adalah sesi penjelasan materi “Completing the Accounting Cycle” oleh narasumber yang dimulai pada pukul 08.10 WIB. Pada materi tersebut disampaikan mengenai siklus atau langkah yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyelesaikan semua transaksi keuangan. Adapun tahap yang dijelaskan disini yaitu Financial Statement, Closing Entries, Post-closing Trial Balance, dan Worksheet, tahap ini dirancang untuk menyelesaikan dan menutup buku-buku akuntansi pada akhir periode akuntansi. Dijelaskan oleh narasumber, Financial Statement bersumber langsung dari saldo Adjusted Trial Balance, terdiri dari Income Statement, Retained Earning Statement dan Statement of Financial Position.

Selanjutnya Closing Entries digunakan untuk menutup akun-akun sementara, seperti pendapatan, beban, dan dividen, sehingga saldo-saldo akun tersebut menjadi nol dan siap digunakan untuk periode berikutnya. Lalu, Post-closing Trial Balance adalah ringkasan dari saldo akun-akun permanen (aset, liabilitas, ekuitas pemilik) setelah Closing Entries dibuat. Terakhir, Worksheet  (optional) berisi kolom-kolom untuk mencatat saldo awal, penyesuaian, penutupan, dan saldoakhir untuk setiap akun yang relevan. Completing the Accounting Cycle ini bertujuan untuk bekerja sama memastikan bahwa informasi keuangan perusahaan akurat dan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku.“Accounting for Merchandising business” Pada Selasa 3, Oktober 2023. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran melalui program Praktisi Mengajar FE UNJ 2023 dengan tema “Accounting for Merchandising business” yang berlangsung secara hybrid melalui Zoom Cloud Meetings. Pada kegiatan ini, dihadirkan Koordinator Program S1 Akuntansi Ibu Ratna Anggaraini M. Si selaku dosen pengampu mata kuliah Introduction to Accounting kelas internasional FE UNJ, yang menjadi penyelenggara kegiatan ini. Selain itu, dihadirkan juga Ibu Dr. Kamarul Baraini Keliwon selaku dosen dari Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai narasumber utama dalam kegiatan pembelajaran ini.

Kegiatan ini diawali dengan peserta hadir di kelas pada pukul 07.50 WIB dan di waktu yang bersamaan peserta masuk melalui Zoom Cloud Meeting. Selanjutnya pukul 08.00 pemberian arahan terkait mata kuliah oleh Ibu Ratna Anggraini M. Si selaku dosen pengampu. Kegiatan dimulai dengan pemberian sambutan pembuka dari narasumber dan juga dosen pengampu. Setelah pembukaan selesai, sesi berikutnya adalah sesi penjelasan materi “Accounting for Merchandising business” oleh narasumber yang dimulai pada pukul 08.10 WIB. Pada materi tersebut disampaikan mengenai praktik akuntansi yang digunakan oleh perusahaan yang bergerak dalam bisnis perdagangan (retailer), yaitu membeli barang dari grosir (wholesaler) dan menjual barang  dagangan kepada pembeli (customer). Dijelaskan oleh narasumber, dalam hal ini terdapat aspek transaksi yang terbagi menjadi dua yaitu Perpetual dan Periodic System, dalam Perpetual System perusahaan secara rutin memantau dan mencatat perubahan dalam persediaan setiap kali terjadi transaksi, dan Periodic System tidak secara rutin memantau dan mencatat perubahan dalam persedian setiap kali terjadi tapi dilakukan setiap akhir periode. Terdapat juga Adjusting dan Closing Entries yaitu membuat catatan setuju dengan inventaris aktual yang ada, termasuk didalamnya terdapat adjusting inventory dan cost of good sold. Lalu, didalam Income Statement terdapat akun Sales, Gross-Profit, Operating Expense, dan Other Income and Expense. Accounting for Merchandising business ini bertujuan serupa dengan perusahaan jasa namun terdapat juga beberapa tujuan khusus yaitu menilai efisiensi operasional, menghasilkan laporan keuangan yang akurat, mengukur kinerja keuangan, melacak dan mengelola persediaan. Setelah sesi penjabaran materi yang disertai dengan sesi tanya jawab, narasumber memberikan closing statement dalam sesi akhir kegiatan. Selanjutnya adalah pemberian sertifikat sebagai narasumber dalam kegiatan Praktisi mengajar FE UNJ 2023 yang diberikan oleh Ibu Ratna Anggraini M. Si kepada Ibu Dr. Kamarul Baraini Keliwon selaku dosen dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Sebagai penutup kegiatan, dilakukan sesi dokumentasi narasumber, dosen pengampu, dan juga peserta secara bersamaan.

Related Posts