Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital Menyelenggarakan Podcast Bertema “Motivasi Berorganisasi” Bersama Keluarga Alumni Sekretari (Kastari)

Kegiatan Podcast oleh program studi D4 Administrasi Perkantoran Digital dibuka oleh Diaz Ramdan Zulkurnain dan Oktavian Brahmanvio selaku host. Narasumber pada podcast kali ini merupakan salah satu alumni program studi D3 Sekretari Universitas Negeri Jakarta (2015-2018), yang bernama Rizky Amaliah.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2022 pukul 10.30 WIB di ruang podcast Gedung Raden Adjeng Kartini lantai 8. Adapun topik pembahasan pada podcast kali ini mengenai motivasi berorganisasi. Motivasi berasal dari kata motif, yaitu mencari sesuatu sesuai motif tujuan kita, bagaimana kita menyemangati diri kita untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi secara garis besar yaitu penyemangat untuk mencapai motif tujuan tertentu.

“The more you know the more you don’t know” (semakin banyak hal yang kita tahu, semakin banyak juga hal yang kita tidak tahu) acuan supaya kita dapat belajar lebih banyak. Contoh motivasi dalam lingkungan kerja misalnya dari hal eksternal yang memicu kita untuk bekerja lebih baik lagi. Misalnya kompetitif dengan rekan kerja.

Kendala dalam motivasi kerja yaitu motivasi itu sendiri. Misalnya rasa ingin melarikan diri dari pekerjaannya. Namun, ada rasa bimbang jika kita melarikan diri dari pekerjaan, maka kita tidak akan mencapai tujuan. Adanya rasa kecewa karena tidak bisa mencapai tujuan yang kita inginkan.

Cara menghadapi demotivasi yaitu dengan mengingat tujuan yang ingin diraih diawal, lalu menghadapinya bisa dengan cara mengingat rasa kecewa karena belum tercapainya tujuan awal. Demotivasi bisa menghambat efektivitas kerja kita, misalnya kita menjalankan pekerjaan kita hanya sebatas tanggung jawab namun tidak secara maksimal (hanya formalitas). Contoh lainnya yaitu jika mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion yang kita miliki.

Faktor motivasi dari sisi perusahaan. Contonya dengan compensation and benefit, pengembangan karir, training agar bisa memicu kita untuk lebih termotivasi. Faktor terbesar dari motivasi adalah diri kita sendiri dan untuk mengatasinya yaitu dengan mengubah mindset dari diri kita agar tidak terfokus pada kemungkinan terburuk.

Di penghujung kegiatan terdapat closing statement dari narasumber sebagai berikut “Pesan untuk kita sebagai mahasiswa agar bisa terus termotivasi untuk menjadi lebih baik supaya kedepannya tidak hanya berguna bagi diri sendiri, namun juga berguna bagi orang lain”

Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan penyerahan plakat dan sertifikat oleh Koordinator Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital serta sesi dokumentasi.

 

Lampiran :

  1. CV Narasumber (Rizky Amaliah)

Dokumentasi :

 

Penyerahan Plakat dan Sertifikat