Webinar Millenialpreneur 2022

Hari, Tanggal  : Sabtu, 04 Juni 2022

Waktu             : 09.12 WIB s.d 10.55 WIB

Tempat            : Zoom Cloud Meetings

Peserta            : Peserta dan Panitia Webinar Millenialpreneur 2022 Dengan Total 146 Orang

            Pelaksanaan kegiatan Webinar Kewirausahaan Digital yang bernama Millenialpreneur 2022 dan menangkat tema “Brave, Talented, and Innovative Digital Entrepreneur” oleh Prodi D3 Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Periode 2022 berjalan dengan lancar dan tertib sesuai dengan rencana, semua itu berkat bantuan dan partisipasi dari semua pihak yang berperan aktif di dalamnya. Kegiatan webinar ini merupakan acara yang akan membangkitkan Semangat dan menciptakan peluang dengan memanfaatkan marketing digital pada generasi millenial. Melalui kegiatan webinar ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk dapat memahami peluang, perencanaan, serta ancaman bisnis dalam era digitalisasi. Mendapatkan motivasi dan inspirasi serta menumbuhkan semangat, dan keberanian mencoba, serta mampu memulai bisnis di era digitalisasi.

            Webinar Millenialpreneur 2022 “Brave, Talented, and Innovative Digital Entrepreneur” oleh Prodi D3 Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 04 Juni 2022 dan berlangsung di aplikasi Zoom Cloud Meetings. Webinar ini bertujuan sebagai media. Sebelum rapat kerja dimulai, dilakukan pengkoordinasian peserta terlebih dahulu pada pukul 08.45 WIB. Dan dilanjutkan dengan registrasi sampai pukul 09.12. setelah itu Webinar dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) yaitu Risdalia Putri dan Muhammad Ray Gildan pada pukul 09.12 WIB sampai 10.55 WIB.

            Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh saudara Fatih Rahim Dermawan. Lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana Webinar Kewirausahaan Digital yaitu Varrel Anandiro pada pukul 09.16 WIB yang menyampaikan bahwa pada era globalisasi seperti sekarang ini membuat laju perekonomian digital semakin berkembang dengan pesat, peran kewirausahaan dalam suatu negara sangat terasa bahkan bisa dikatakan sangat berperan penting. Dilihat dari banyaknya masalah ekonomi yang dirasakan khususnya negara Indonesia, hal tersebut merupakan suatu tantangan bagi manusia khususnya mahasiswa yang akan menghadapi dunia digital pada saat ini.

Berdasarkan kondisi tersebut, kami mengadakan kegiatan ini. Dilanjut dengan sambutan dari Dosen pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan Digital Bapak Dr. Agus Wibowo, S.Pd.,I.,M.Pd pada pukul 09.19 WIB yang menyampaikan tujuan dan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini dan sehingga kegiatan webinar ini dapat berjalan dengan lancar. 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Bapak Dr. Indra Pahala, M.Si. yang menyampaikan bahwa marketing digital mempunyai peran yang sangat penting, dengan marketing digital mampu menemukan inovasi dan gagasan baru dalam mengelola sumber daya yang tersedia. Marketing digital merupakan proses pengembangan dan penerapan kreativitas serta inovasi dalam menyelesaikan masalah dan mampu menciptakan peluang suatu usaha. Kebanyakan kendala bagi seseorang terutama mahasiswa yang mencoba untuk memulai usaha dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti misalkan takut mencoba, keterbatasan modal, inovasi, dan niat. Faktor tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan pemikiran positif dan kreatif. Mahasiswa sebagai penerus bangsa harus menyikapi itu dengan baik untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh mahasiswa yang hadir dapat meningkatkan minatnya dalam berwirausaha dan tentunya memanfaatkan marketing digital dengan baik. 

Selanjutnya dilakukan perkenalan Moderator oleh MC dan Moderator yaitu Maulhika Putri Winaryanti dengan diawali jargon bersama kemudian menyampaikan pengantar dan beberapa ketentuan yang berlaku pada pukul 09.29. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan Resume/CV Pemateri yang dilakukan oleh moderator pada pukul 09.33. Pada pukul 09.34 sampai 10.15 WIB dilakukan penyampaian materi oleh Bapak William Lukmandjaja dengan judul Venturing Into Your First Digital Business yang menjelaskan tentang tahap perencanaan dalam memulai suatu usaha di era digitalisasi, pengelolaan keuangan dalam suatu usaha, Teknik yang baik dalam melakukan pemasaran suatu produk yang dihasilkan, dan cara mengatasi persaingan serta ancaman pada pasar global.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dilakukan oleh moderator yaitu Maulhika Putri Winaryanti untuk pemateri Bapak William Lukmandjaja pada pukul 10.15 sampai 10.37 WIB.

 Lalu dilakukan penyerahan sertifikat kepada pemateri pada pukul 10.38 WIB oleh Moderator yaitu Maulhika Putri Winaryanti. Pada pukul 10.40 sampai 10.51 WIB dilakukan Ice Breaking ole MC yaitu Risdalia Putri dan Muhammad Ray Gildan.

Dan selanjutnya dilakukan sesi dokumentasi oleh HPD yaitu Topan. Selanjutnya dilakukan Pembacaan Doa Penutup pada pukul 10.54 WIB oleh Fatih Rahim Dermawan. Lalu pada pukul 10.55 WIB dilakukan Penutupan oleh MC yaitu Risdalia Putri dan Muhammad Ray Gildan.

Lampiran :

LPJ Webinar Millenialpreneur 2022

Surat Undangan Millenialpreneur Dosen

Surat Undangan Millenialpreneur Pembicara