PKS Signing Ceremony dan Seminar Financial Freedom Fakultas Ekonomi UNJ dengan PT. Indosterling Aset Manajemen

Hari Jum’at 10 Desember 2021 pukul 09.00 WIB sd 11.30 WIB Career Development Center FE UNJ bekerja sama dengan PT Indosterling Aset Manajemen mengadakan kegiatan PKS Signing Ceremony yang dilanjutkan dengan seminar yang bertemakan Pelajaran dari Pandemi: Menyiapkan Mahasiswa UNJ Menuju Financial Freedom dengan pembicara Fitzgerald Stevan Purba, SE., MM selaku Director of Investment PT Indosterling Aset Manajemen.

 

Acara dimulai dengan kegiatan penandatanganan kerja sama antara Fakultas Ekonomi UNJ dengan PT Indosterling Aset Manajemen. Penandatangan kerja sama dilakukan secara simbolis oleh Fitzgerald Stevan Purba SE., MM selaku Director of Investment PT Indosterling Aset Manajemen dan Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd selaku Dekan Fakultas Ekonomi UNJ.

 

Selanjutnya merupakan kegiatan seminar dengan tema “Pelajaran dari Pandemi: Menyiapkan Mahasiswa UNJ Menuju Financial Freedom”. Dalam seminar, Fitzgerald menjelaskan bahwa banyak dari masyarakat Indonesia yang kurang paham akan investasi. Sehingga, banyak dari mereka yang terjerumus ke dalam investasi ilegal, yang akhirnya menimbulkan kerugian hingga Rp. 117 T dalam 10 tahun terakhir (Ketua SWI OJK, Tongam L. Tobing). Permasalahan lainnya ialah kondisi inklusi keuangan Indonesia yang rendah dan tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Persentase inklusi keuangan tertinggi Indonesia yaitu pada sektor jasa perbankan.

 

Fitzgerald menegaskan bahwa mulai saat ini kita harus memperhatikan pengeluaran rutin dengan memikirkan dana darurat, dana tabungan, dan dana pensiun yang diperlukan. Hal itu disebabkan karena pendapatan yang diterima bersifat tidak pasti. Sehingga, kita juga perlu untuk membedakan mana yang menjadi keinginan dan manakah yang menjadi kebutuhan.

 

Seminar Financial Freedom ini berlangsung dengan lancar serta menarik. Terdapat sekitar 150 peserta yaitu mahasiswa UNJ yang hadir pada kegiatan ini. Sesi tanya jawab juga berlangsung dengan menarik karena peserta secara aktif dan antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber.