Seminar Digital Marketing

Sabtu, 30 Oktober 2021 pukul 09.00 – 12.00 Career Development Center FE UNJ bekerja sama dengan Laboratorium Inkubator Kewirausahaan FE UNJ mengadakan kegiatan Seminar Digital Marketing dengan tema: Are You Ready To Be A DIGIPRENEUR? Seminar ini menghadirkan 3 narasumber, yaitu Coach Faran dari Wiranesia Foundation, Noveri Maulana dari PPM School of Management, dan SE Pambudi dari Sigmasolusi Indonesia.

Coach Faran menjelaskan tentang mental, pola pikir, dan perilaku digital di mana pelaku usaha harus dapat mengubah mental mereka, membangun pola pikir, dan akhirnya menjalankan pola pikir baru. Sehingga yang diperlukan dalam era digital ini ialah identitas digital, belajar dan mentoring online, berjualan online, dan permodalan fintech. Coach Faran juga menjelaskan bahwa dalam menjalankan usaha kita perlu memiliki dasar ilmu entrepreneurship yang selanjutnya perlu memperhatikan branding, merek, dan kemasan. Kemudian di akhir, pelaku usaha harus memiliki Business Plan untuk meraih omset usaha yang diharapkannya.

Noveri Maulana memaparkan materi berjudul The Revolution of Channels in Digital Marketing. Beliau menyampaikan bahwa apa yang kita tawarkan kepada konsumen bukan hanya sekedar produk, namun juga harus menawarkan experience untuk konsumen. Suatu bisnis dapat berkembang apabila pelaku usaha menawarkan experience pada digital maketing mereka. Lalu Noveri Maulana juga menyampaikan, dalam pelaksanaannya pelaku usaha harus melihat apakah strategi yang sudah dibuat sesuai dengan target konsumen atau tidak.

Dan pembicara terakhir, SE Pambudi membahas tentang bagaimana agar digital marketing yang dilakukan dapat sesuai dengan target konsumen kita. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah megenali siapa yang menjadi konsumen kita dengan melalui identifikasi buyer personal, goals, buying process dan komponen lainnya. Setelah itu dilakukan analisis menggunakan Customer’s Journey sehingga nanti kita dapat menentukan konten marketing yang akan dibuat agar sesuai dengan target.

Seminar Digital Marketing berlangsung dengan lancar dan menarik. Sekitar 200 peserta yang merupakan mahasiswa UNJ hadir pada kegiatan ini, para peserta juga secara aktif mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Seminar Digital Markering dibuka oleh Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd (Dekan Fakultas Ekonomi UNJ) dan dimoderatori oleh Shandy Aditya, BIB, MPBS (Dosen Program Studi S1 Bisnis Digital FE UNJ).