Praktisi Mengajar “Mengajar Di Era Digital: Memanfaatkan Teknologi Untuk Pembelajaran Yang Efektif”

Pada hari kamis tanggal 06 Juni 2024, Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas C Universitas Negeri Jakarta telah menyelenggarakan kegiatan Praktisi Mengajar 2024. Acara ini ditujukan kepada seluruh Mahasiswa/i Universitas khususnya mahasiswa Universita Negeri Jakarta sebagai wadah mempersiapkan mahasiswa pendidikan dalam mengembangkan potensi peserta didik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Praktisi Mengajar dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting pada 06 Juni 2024, pukul 10.00 WIB – 11.26 WIB.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Haura Nur Layla dan Vhibie Anandita selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 10.05 WIB. Acara selanjutnya adalah pembacaan tilawah dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Bapak Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Perencanaan Pengajaran. 

Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia raya dan pembukaan oleh Syafina Hani Fadillah selaku Moderator yang memandu pemaparan materi dari narasumber dan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Ibu Ayuningtyas S.Pd. Selaku guru di SMK Negeri 44 Jakarta.

Ibu Ayuningtyas, S.Pd. memaparkan materi mengenai penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pemaparan materi dimulai dari strategi penggunaan alat atau teknologi aplikasi dalam pembelajaran di kelas. Selanjutnya dijelaskan tentang pentingnya teknologi dalam pendidikan yang lebih efektif, cara teknologi meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa dengan pembelajaran yang adaptif, kolaboratif, umpan balik dan penilaian formatif serta adanya penyesuaian gaya belajar masing masing siswa.

Alat dan Platform Teknologi Pendidikan terdiri dari empat teknologi yaitu Platform Daring seperti Canvas dan google classroom. Yang kedua yaitu aplikasi interaktif seperti Kahoot yang mencakup quiz serta presentasi gunanya untuk aktif dalam pengerjaan tugas. Selanjutnya menggunakan media sosial dan konten digital. Inu ayu juga menjelaskan bagaimana cara meningkatkan efektivitas pengajaran di era digital menggunakan konten interaktif, analisis data, dan kolaborasi atau komunikasi agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif. Tak hanya itu, Ibu Ayuningtyas menjelaskan cara meningkatkann keterlibatan siswa secara singkat, padat dan jelas.

Selanjutnya sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Moderator. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada Syafina Hani Fadillah  selaku moderator dan Ibu Ayuningtyas, S.Pd. selaku moderator dan narasumber yang diberikan oleh Panitia Pelaksana Praktisi Mengajar Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas C Tahun 2024. Lalu penutupan oleh Moderator.

Tibalah di penghujung acara yang ditutup oleh Haura Nur Layla dan Vhibie Anandita selaku Master of Ceremony (MC) dan pembacaan doa penutup dalam acara Praktisi Mengajar Program Studi Pendidikan Ekonomi Kelas C Tahun 2024 pada pukul 11.26 WIB dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan pengisian presensi kehadiran peserta.