Super Keeper 2024 Batch 1: Memperkuat Kesiapan Karier dengan ‘Life Hack Mencari Kerja’ dan Persiapan CV & Portofolio

Jakarta – Senin 05 Februari 2024, Laboratorium Career Development Center (CDC) FE UNJ telah melaksanakan acara yang bernama Super Keeper 2024 Batch 1 dengan mengusung tema “Let’s Kickstart Your Path to Professional Success”. Super Keeper 2024 Batch 1 merupakan sebuah Webinar yang ditujukan untuk calon wisudawan/wati semester 119 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta yang diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meetings dengan ID: 833 5207 1145 dan Passcode: Feunj.

Super Keeper 2024 Batch 1 mengundang pembicara yang merupakan alumni dari Universitas Negeri Jakarta yang ahli dalam bidangnya. Pembicara tersebut yakni Kak Risky Rahmawati Pinardi, beliau merupakan Manager of Certification LSP MEPERINDO. Dan juga terdapat pembicara lain yakni Kak Yoga Nur Hadinata, beliau merupakan Head of Human Resource PT. Sotta Teknologi Indonesia. Acara ini dimulai pada pukul 09.05 WIB, dengan dibuka oleh MC dari Super Keeper 2024 Batch 1 yakni Iken Krisma Ayu. Kemudian, acara dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars UNJ. Acara dilanjutkan dengan opening speech yang diberikan oleh Dr.Indra Pahala, M.Si selaku Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Setelah sambutan telah selesai, mulailah pada sesi Webinar sesi pertama, yaitu dengan topik Life Hack Mencari Kerja yang disampaikan oleh Kak Risky Rahmawati. Materi yang disampaikan adalah mengenai tiga persiapan untuk menjadi Profesional yang sukses diantaranya kompetensi seperti Knowledge, Skills, Attitude, Behavior, Experience. Lalu mengenai interview seperti performance optimal yang harus dilakukan, lalu mempersiapkan portfolio yang meyakinkan, persiapan interview skill dengan memperhatikan hal-hal seperti komunikasi yang baik, dan menunjukan keantusiasan dalam interview tersebut. Kemudian menanamkan unuk memiliki Job seekers mindset. Setelah materi selesai disampaikan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta. Setelah sesi tanya jawab selesai, selanjutnya pemberian sertifikat dan dokumentasi dengan pembicara pertama.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Webinar sesi kedua, yaitu dengan topik CV & Portofolio Preparation yang disampaikan oleh Kak Yoga Nur Hadinata. Materi yang disampaikan adalah mengenai perbedaan jenis-jenis perusahaan Startup dengan Korporasi. Lalu mengenai beberapa hal komponen CV pada umumnya yang wajib dan tidak wajib di cantumkan seperti informasi pribadi, ringkasan profil, riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan, pengalaman organisasi, pelatihan atau workshop yang pernah diikuti, dan rekomendasi atau referensi dari pihak yang pernah bekerjasama. Dijelaskan pula oleh Kak yoga mengenai jenis-jenis CV yang memiliki Applicant Tracking System (ATS) yang kuat mulai dari Chronological CV yang disusun dari informasi secara kronologis dan fokus pada bidang yang akan di lamar, lalu ada Functional CV yang menekankan pada keterampilan dan pencapaian sesuai dengan urutan waktu, dan Combination CV yakni dengan menggabungkan elemen dari CV kronologis dan fungsional. Setelah sesi materi selesai disampaikan terdapat sesi diskusi dengan peserta yakni melalui pertanyaan yang diajukan oleh para peserta kepada Kak Yoga. Setelah sesi diskusi selesai terdapat pula sesi Review CV peserta oleh Kak Yoga, pada sesi ini para peserta yang menginginkan CVnya direview oleh Kak Yoga, mereka mengaktifkan fitur raise hand dan dipersilakan oleh moderator untuk ditampilkan cvnya oleh operator. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada pembicara sekaligus dokumentasi bersama narasumber.

Untuk menutup rangkaian acara, kemudian terdapat sesi dokumentasi para peserta dan juga panitia, dengan selesainya sesi dokumentasi ini acara Supeer Keeper 2024 Batch 1 pun resmi ditutup oleh MC.