Webinar Praktisi/Alumni Mengajar Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi “Implementasi Dan Penilaian Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk”

0 Comments

Pada Senin, 20 November 2023 telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Umum Praktisi/ Alumni Mengajar yang bertemakan “Implementasi dan Penilaian Kurikulum Merdeka Belajar di SMK” secara Hybrid (Luring dan Daring) di ruang GRK lantai 8 dan melalui Zoom meeting. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Akuntansi Ibu Ati Sumiati, S.Pd., M.M., Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi sarana bagi mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka dan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai implementasi dan penilaian Kurikulum Merdeka.

Kegiatan seminar ini menghadirkan pemateri bernama Ono Sasmita Jaya SE, S.Pd, GR, M.Pd, CAAT, CADE selaku guru di SMKN 46 Jakarta dan didampingi oleh moderator Ibu Dwi Kismayanti Respati, S.Pd., M.Ak., Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2022 dan 2023.

Kegiatan Ini dilakukan dimulai dari pengkondisian peserta dan registrasi dengan mengisi absensi kehadiran di G-form untuk daring dan kertas fisik untuk luring pada pukul 08.30 s.d 09.06 WIB. Dilanjutkan oleh pembukaan oleh Adittia Putra Pratama dan Mutiara Shafira selaku Master of Ceremony (MC) pada pukul 09.06 WIB. Kemudian, pukul 09.08 dilanjutkan pembacaan tilawah ayat suci AL-Qur’an oleh Madnur Permadi dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada pukul 09.12. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Akuntansi Ibu Ati Sumiati, S.Pd., M.M., Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Dalam sambutannya Ibu Ati menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi pengalaman berharga untuk para mahasiswa untuk kemudian dapat diimplementasikan pada pelaksanaan praktik keterampilan mengajar nanti.

Pada pukul 09.20 dilakukan pembacaan CV moderator dan kemudian dilanjutkan pembacaan CV pembicara oleh moderator. Kegiatan ini terbagi dalam tiga sesi, yaitu penyampaian materi. Selanjutnya sesi tanya jawab, peserta memberikan pertanyaan interaktif dan positif kepada pembicara dan diberikan timbal balik yang menarik oleh pembicara. Dilanjutkan oleh Closing Statement dan pemberian plakat kepada pembicara yang dilakukan oleh Ibu ati.

Pada pukul 11.08 di mulai sesi ice breaking oleh MC agar menarik kembali semangat audiens. Dan sebagai penutup acara dilakukan dokumentasi oleh HPD dan pembacaan doa penutup yang dibacakan oleh Farras Taqy. Penutupan dilakukan oleh MC yang menandakan bahwa telah berakhirnya kegiatan Kuliah Umum Praktisi /Alumni Mengajar ini.

Related Posts