Lokakarya Revitalisasi Kurikulum Prodi Pendidikan Ekonomi FE-UNJ

Jakarta, 19 November 2016

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hibah Revitalisasi Kurikulum dengan sumber dana Kemenristekdikti, diselenggarakan kegiatan Lokakarya Revitalisasi Kurikulum Pendidikan Ekonomi FE-UNJ 18-19 November 2016 di Hotel Ibis Cawang, diikuti 19 dari 23 dosen yang dilibatkan. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memutakhirkan kurikulum agar senantiasa selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan maupun kebutuhan pengguna lulusan. Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi serta kebersamaan antar dosen di lingkungan Prodi pendidikan Ekoknomi FE UNJ.

Narasumber dalam kegiatan ini Dr. Asep Supena dari LP3M UNJ. Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa revitalisasi dimulai dari penetapan kembali visi, misi, tujuan Prodi kemudian penetapan Profil lulusan dan dilanjutkan penentuan CPL capaian pembelajaran lulusan hingga CPMK capaian pembelajaran mata kuliah disertai pembobotan sks. Revitalisasi tersebut mengacu pada KKNI  (kerangka kualifikasi nasional Indonesia), SNPT (standar nasional pendidikan tinggi), SNPG (standar nasional pendidikan guru) dan Profil lulusan.

Desain kurikulum juga disusun dengan memperhatikan kurikulum prodi serupa di lingkungan APE LPTK, sebagai bagian dari bentuk kerja sama dan koordinasi. Diharapkan, dengan adanya keselarasan kurikulum prodi sejenis, kerja sama di lingkungan APE LPTK dapat ditingkatkan, khususnya dalam hal program mahasiswa alih semester/pertukaran mahasiswa.

Sukses untuk Prodi Pendidikan Ekonomi.