KKL Prodi Pendidikan Ekonomi (Pend. Ekop): Indahnya Harmoni dalam Perbedaan

Bali, Kamis 27 Oktober 2016

Program studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi (Ekop) kembali melaksanakan kegiatan Company Visit (Comvis) . Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal  23 – 29 Oktober 2016 dengan rute Jakarta – Bali – Jogja. Tahun ini, peserta Comvis berjumlah 80 orang yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Ekop angkatan 2014 dan 4 orang dosen pendamping ; Dr. Endang Sri Rahayu, Dra. Rd. Tuty Sariwulan, M.Si, Agus Wibowo M.Pd, dan Suparno M.Pd

Company visit merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Ekop guna mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu serta teori yang telah dipelajari khusunya di bidang perkoperasian. Dalam comvis ini Prodi Pendidikan Ekop berkunjung ke Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Rejo yang bergerak di bidang produsen. Selain itu mahasiwa juga melakukan kunjungan ke Koperasi Gopala di Bali yang bergerak di bidang Simpan Pinjam. Tidak hanya mengunjungi koperasi, Pendidikan Ekop juga melakukan kunjungan ke Prodi Pendidikan Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Kunjungan ini dalam rangka merangkai kerja sama Tri Dharma perguruan tinggi di antara kedua Universitas. Tidak hanya melakukan kunjungan akademisi saja, Prodi Pendidikan Ekop juga mengunjungi objek kebudayaan yang ada di pulau Dewata, seperti Pura Uluwatu, Pertunjukan tari kecak Shadewa, dan Pura Tanah Lot.  

Secara subtansi  tujuan utama dari Kegiatan Company Visit Ekop tahun ini adalah untuk membuat mahasiswa/i Ekop memahami sistem kerja Koperasi itu sendiri khususnya Koperasi yang berada di luar pulau Jawa. Kemudian, mahasiswa juga belajar bagaimana sistem perekonomian yang berjalan di masyarakat Bali di tengah adat-istiadat yang masih dipegang teguh oleh penduduknya. Serta bagaimana mempelajari kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Tahun ini Comvis Ekop mengangkat tema Harmony in Diversity  (Harmoni dalam Perbedaan)  tentu sesuai dengan tema tersebut maka kegiatan ini juga bertujuan untuk menghargai segala perbedaan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat kita yang majemuk. Sehingga pada akhirnya Comvis Ekop ini juga bertujuan untuk mempererat rasa solidaritas di antara kedua kelas (Ekop A dan B) serta selalu memberikan nafas harmoni dalam perbedaan yang ada. Artinya, meskipun terdapat labeling kelas A dan B namun, diharapkan tidak ada sekat pemisahan antara kedua kelas, semua menjadi Keluarga Besar Ekopers 2014. 

Sesudah mengikuti kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana koperasi yang khususnya ada di luar pulau Jawa bekerja serta diharapkan mahasiswa juga mampu menghargai satu sama lain dalam perbedaan sehingga tema Harmony in Diversity dapat tumbuh subur di hati para Mahasiswa Pendidikan Ekop 2014. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat lebih meyakinkan dirinya untuk berjuang meraih mimpi dan passion yang dimiliki, tanpa melupakan nilai-nilai moral dan kearifan lokal yang harus senantiasa dijunjung tinggi.

 KKL ekop_1