Kuliah Kerja Lapangan Prodi Akuntansi (D3)

Jakarta, 6 Oktober 2016

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Prodi Akuntansi (D3) dilaksanakan pada tanggal 3-6 Oktober 2016 dengan agenda kegiatan melakukan kunjungan ke Sekolah Vokasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, PT. MADUBARU (perusahaan agro industri berbasis tebu) dan DAGADU DJOKDJA. KKL ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi Akuntansi (D3) angkatan 2014, yang saat initengah menjalani semester 5. Sebelum pelaksanaan, panitia mengadakan briefing bersama peserta KKL 2014 pada Rabu, 24 April 2016 di Ruang Sidang lantai 8 bersama dengan Ketua Prodi Akuntansi (D3), dosen pembimbing dan Pembantu Dekan III, M. Yasser Arafat, SE.,Akt,MM.

Senin, 3 Oktober 2016 pukul 06.45, rombongan berangkat dari UNJ menuju Yogyakarta menggunakan bus Big Bird. Hari 2 Selasa, 4 Oktober 2016, pukul 08.00, rombongan peserta beserta dosen berangkat menuju PT. Madubaru.Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh  PT. Madubaru dibuka oleh Bapak Agus, yang dilanjutkan dengan penjelasan mulai dari bagaimana perusahaan tersebut berdiri, siapa saja yang turut berpartisipasi dalam memberikan modal, apa saja usaha yang dilakukan, bagaimana usaha tersebut boleh memberikan laba, dan apa saja strategi yang dilakukan untuk membuat usahanya bertahan. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Dagadu Djogja memakan waktu kurang lebih 45 menit. Rombongan disambut oleh Berliana, salah seorang manajer, yang membuka acara kunjungan serta memberikan materi. Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 14.30 dan ditutup dengan foto bersama di dalam pekarangan Yogyatorium.

Hari 3 Rabu, 5 Oktober 2016, rombongan bersiap-siap untuk berangkat menuju Sekolah Vokasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Rombongan peserta beserta dosen berangkat pukul 07.30 dan tiba di SV FEB UGM sekitar pukul 09.00. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Drs. Sumirah, SE,M.Si,M.Ak selaku Ketua SV Program Studi Akuntansi FEB UGM dan Yunika Murdayanti, SE,M.Si,M.Ak selaku Ketua Prodi Akuntansi (D3) UNJ serta menjelaskan sekilas mengenai proses SV FEB UGM berdiri, program apa saja yang ada di Sekolah Vokasi, bagaimana kurikulum yang diterapkan, program yang dijalankan, dan membuka sesi tanya-jawab. Kegiatan tersebut ditutup dengan doa dan foto bersama di depan tulisan gedung sekolah vokasi tersebut. Rombongan meninggalkan kawasan UGM sekitar pukul 11.45 dan langsung berangkat menuju Kawasan Wisata Batik Giriloyo. Saat sampai di tujuan, kegiatan dimulai dengan pemaparan sekilas mengenai kawasan wisata tersebut dan diajak untuk melakukan praktek langsung membuat batik.

Kegiatan pun diakhiri dengan berfoto bersama depan tulisan kawasan wisata dan rombongan langsung berangkat menuju Kebun Buah Mangunan. Dan pada hari Kamis, 6 Oktober 2016 semua pulang dari Yogyakarta pada pagi hari dan sampai di Jakarta pada pukul 21.30.

KKL D3 Akt 1 KKL D3 Akt3